Review Film Time Loop Indonesia

Sumber Foto : https://www.kompasiana.com/

Kali ini kita akan mereview film Sabar Ini Ujian yakni film yang bercerita tentang seorang pria bernama sabar yang di perankan oleh Vino G. Bastian. Dan setiap harinya terbangun dihari yang sama, yakni saat mantan kekasihnya menikah. Dan dari film sosok “sabar” benar-benar terpenjara pada hari tersebut, Sabtu, 11 April 2020. Pada mulanya Sabar mengira jika itu hanya tingkahusil dan jail dari sahabat-sahabatnya. Kemudian pada hari selanjutnya sampai hari ketiga dia mulai menyadari ada yang janggal. Lalu dia mulai penasaran dan mencoba mencari tahu penyebab semua ini terjadi dan bagaimana caranya supaya Sabar bisa melewati hari itu.

Lalu di awal film Sabar Ini Ujian ini cukup menghibur, ketika masuk pada akhir film yang bikin haru. Dan penonton akan dibuat tertawa selama satu setengah jam lebih atas aksi Sabar dan kawan-kawannya. Meskipun pada dasarnya dari masalah yang menimpa Sabar ini sebetulnya serius banget, tapi semuanya berhasil dibungkus dengan cara segar. Selain itu, seperti yang sudah disebut di atas, masalah utamanya cukup pelik. Adapun makna dari film ini cukup dalam dan bisa jadi pelajaran untuk siapa pun. Meskipun film ini sering bikin kamu terpingkal hampir setiap menit. Akan tetapi beberapa adegan sedih yang mungkin bikin kamu terenyuh.

Pada awalnya film tentang time loop memang banyak bisa kita jumpai terutama di luar negeri. Akan tetapi untuk di Indonesia sendiri, film Sabar Ini Ujian jadi yang pertama. Kalau kita coba mencermati tentang film ini memang inti ceritanya agak mirip dengan Happy Death Day, dua film karya sutradara Christopher Landon pada 2017 dan 2019.

Mengenai film Happy Death Day yang mempunyai cerita tentang Tree yang bangun setiap hari diulang tahunya. Kemudian Tree terjebak dan mengulang hari yang sama setiap hari. Dan yang lebih ironisnya, Tree akan terus dibunuh setiap hari oleh sosok misterius. Lalu setelah dia terbunuh, dia akan kembali bangun dari tidur. Adapun ketika menonton film Sabar Ini Ujian akan mengingatkan kita dengan film Happy Death Day. Akan tetapi film ini mempunyai sudut pandang, maksud, tujuan time loop-nya juga berbeda.

Kemudian dalam film Sabar Ini Ujian ini sebetulnya punya plot yang cukup rumit. Barangkali, hal ini jadi tantangan sendiri buat para pemain mengulang adegan yang sama berulang kali dan harus identik. Dan tidak mudah juga merapikan adegan-adegan yang nyaris sama terus menerus. Jika sampai ada kesalahan dalam proses editing, penonton bisa kebingungan dengan plot yang lagi dibangun.

Meskipun alur dari film ini cukup rumit, filmnya masih bisa dicerna dan dinikmati dengan baik. Adapun dalam pengambilan gambar yang menarik dan scoring yang pada kadarnya bikin film ini jadi sederhana, tapi penuh makna. Adapun dalam menyisipkan lagu-lagu latarnya juga berhasil membangun suasana yang baik dalam film.

Selain Vino G. Bastian yang menjadi tokoh utama dalam film ini, juga melibatkan banyak nama besar seperti Widyawati yang jadi ibunya Sabar dan Alm. Adi Kurdi sebagai ayahnya Sabar. Selanjutnya ada Ananda Omesh, Dwi Sasono, Rigen Rakelna, Ananta Rispo, dan Anya Geraldine yang jadi temennya Sabar. Adapun pemain Estelle Linden sebagai Astrid alias mantannya Sabar. Dan juga Luna Maya yang perannya juga jadi salah satu kunci film ini.

Ditulis Oleh Aunur Rahman. Mahasiswa Jurnalistik UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Program Magang Internship Genpinas 2020.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here