pulau randayan - @enoanggarani
Pulau Randayan yang indah, di Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat. (Foto: IG @enoanggarani)

Provinsi Kalimantan Barat mempunyai beberapa pulau cantik yang bisa kamu datangi saat liburan. Salah satu yang indah dan akan kita bahas disini adalah Pulau Randayan.

Pulau Randayan adalah salah satu pulau yang berada di kepulauan Lemukutan Besar. Memiliki keindahan alam sekitar yang menawan dan bawah laut yang masih alami dan memesona.

Bagian Timur Pulau Randayan memiliki hamparan pasir putih. Sedangkan di bagian barat terdiri dari pantai yang berbatu karang. Air laut disekitar pulau cukup jernih dan tidak terlalu dalam.

Baca juga:
* 10 Foto Bukit Kelam yang Megah di Sintang Kalimantan Barat

Pesona Pulau Randayan

Ke Randayan yuk - @piterlg86
(Foto: IG @piterlg86)

Vegetasi pantai yang bisa kamu temui di pulau ini antara lain kelapa, pandan, dan semak belukar.

Lalu apa lagi pesona pulau ini, sehingga layak untuk dikunjungi? Coba simak info dibawah ini

Penyu

penyu randayan island - @ombakbiru_
Ada penyu sisik dan penyu hijau di sekitar pulau. (Foto: Instagram @ombakbiru_)

Di Pulau ini, sering ditemukan penyu sisik (Eretmochelys imbricata) dan penyu hijau (Chelonia mydas). Masyarakat lokal menyebutnya dengan “sisik'” dan “penyo”.

Menjadi tempat ideal bagi penyu untuk bertelur sepanjang tahun. Musim puncaknya sekitar bulan Desember – Maret, berbarengan dengan musim utara.

Terumbu Karang

Menurut beberapa sumber dijelaskan, luas tutupan karang mati 3,69 hektar, karang hidup sekitar 4,50 hektar, lamun 0,63 hektar, dan pasir seluas 4,77 hektar.

Biota Laut

Ikan karang yang ada di sekitarnya didominasi oleh ikan konsumsi. Seperti kerapu, kerapu sunu, kerapu karang, kuweh, puka puteh, jenaha, kakap tanda-tanda, dan baronang.

Selain itu juga ada ikan predator, seperti Chaetodon lunula dan Chaetodon trifascialis. Kelompok ikan karang yang berperan di dalam rantai makanan diantaranya adalah jenis Amphibrion ocellaris dan A. Frenatus, Forcipige flavissimus, dan Malacanthus latovittatus.

Biota lain yang sering dijumpai antara lain teripang, kima, udang karang atau lobster, serta bintang laut.

What to Do

santai di Randayan Island, Bengkayang Kalimantan Barat - @_kendet
Duduk-duduk santai di Pulau. (Foto; IG @_kendet)

Berwisata di Pulau Randayan sangat direkomendasikan. Kamu bisa santai di pantainya, snorkeling, diving, atau memancing. Ekosisten terumbu karang disekitar pulau cukup indah lho.

Banyak traveler yang datang kemari untuk snorkeling menikmati view bawah laut yang indah. Termasuk wisatawan mancanegara yang berkunjung, tidak akan melewatkan kesempatan untuk snorkeling.

Kalau tidak membawa alat snorkel, kamu bisa tanyakan ke beberapa kios yang menyewakan alat. Harga sewanya masih terjangkau, rata-rata sama seperti di tempat wisata lain.

Lokasi Pulau Randayan

Foto drone pulau Randayan. (Foto IG @danzindrayana)

Pulau Randayan masuk kedalam Kawasan Konservasi Perairan Pulau Randayan dan Pulau Lemukutan. Masuk wilayah administratif Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat.

Bisa lihat di Google Map: Pulau Randayan

Rute

santai di pantai - @rizallugiman
Asyik juga santai di bawah pepohonan di tepi pantainya. (Foto; IG @rizallugiman)

Untuk dapat sampai disini, terlebih dahulu kamu harus tiba dulu di Pontianak. Dari Pontianak melanjutkan perjalanan ke Teluk Suak. Dari Bandara Supadio berjarak sekitar 130 kilometer, atau sekitar 32 kilometer sebelum memasuki Kota Singkawang.

Dari Teluk Suak, kamu langsung saja ke dermaganya. Lalu bisa menyewa speedboat dengan tari sekitar Rp. 150.000 pergi pulang (pp).

Atau ada motor air yang hanya ada pukul 09.00 – 10.00 WIB dengan biaya Rp.10.000/orang ke Pulau Kabung. Pesan makan siang, lalu lanjut ke Pulau Randayan.

Selain itu bisa juga menyeberang dari Pasir Panjang, di dekat PLTU 3 PBSB. Dengan kapal khusus dari Pasir Panjang kamu harus mengeluarkan biaya Rp. 100 ribu pulang pergi (pp). Dengan perahu motor sebesar Rp. 30.000 pp.

Baca juga:
* Bus DAMRI Pontianak: Rute dan Harga Tiket 2019

Kesimpulan

Memang terdengar agak sulit ya untuk mencapainya. Tapi setelah sampai dan menikmati berbagai keindahannya, kamu akan puas. Lelah perjalan akan terbayarkan dengan beragan pesona yang ada di Pulau Randayan.

Bagaimana dengan kamu? Berminat liburan kemari?

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here