Kamu Harus Lihat! 10 Foto Pulau Maspari di Sumatera Selatan

pulau maspari - kabupaten ogan komering ilir - provinsi sumatera selatan - @paramiswari
Pulau Maspari di Kabupaten Ogan Komering Ilir, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). (Foto: Instagram @paramiswari)

Pulau Maspari – Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan sedang gencar mengangkat potensi wisata alam, khususnya wisata pulau. Sejak Bangka Belitung menjadi provinsi sendiri, otomatis tinggal satu pulau tersisa yang dimiliki Sumsel.

Pulau Maspari, sebuah pulau yang berada di mulut Selat Bangka bagian Selatan. Pesona wisata alam Sumatera Selatan yang diperkaya dengan keindahan pantai, terumbu karang, dan biota laut.

Baca juga:
* Pesona Pulau Mbokita di Morowali Sulawesi Tengah

Lokasi Pulau Maspari

Pantai - @pulaumaspari
(Foto: IG @pulaumaspari)

Pulau Maspari berada diantara daratan Pulau Sumatera dan Pulau Bangka. Masuk wilayah Kecamatan Tulung Selapan, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Provinsi Sumatera Selatan.

Lihat lokasinya di Google Map: Maspari Island

Rute

Menuju Pulau Maspari bisa memilih salah satu dari dua rute ini.

Pertama, menggunakan speed boat dari Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang. Dari sini kamu akan menyusuri Sungai Musi kearah muara. Lalu berbelok kekanan menyusuri Selat Bangka.

Perjalanan dengan perahu dari Palembang memerlukan waktu sekitar 6 jam. Dan biaya sewanya pun lumayan berasa, yaitu Rp 2,5juta untuk sekali jalan. Berarti pulang pergi menghabiskan biaya 5 juta rupiah. Maklum saja, jaraknya memang lumayan jauh.

Rute alternatif adalah melalui jalan darat menuju Kecamatan Tulung Selapan di OKI, tepatnya ke Desa Sungai Lumpur. Dari sini kita menaiki speed boat selama sekitar 4 jam untuk sampai di pulau dengan suasana sepi ini.

Sejarah Pulau Maspari

foto drone - @paramiswari
(Foto; IG @paramiswari)

Pulau Maspari memiliki pasir yang menjorok memanjang kearah laut di bagian Barat Barat Laut pulau. Sehingga kalau dilihat dari atas, membentuk seperti ekor ikan pari. Sepertinya karena inilah dinamakan demikian.

Saat arus laut berubah arah dan karena pasang surut laut, bentangan pasir ini bisa berubah arah dan bentuk. Seakan-akan seperti buntut ikan pari yang bergerak-gerak.

Konon, banyak sekali yang percaya, pulau kecil sempat disinggahi Laksamana Ceng Ho bersama 28.000 pasukannya. Mereka menambatkan 137 kapal-kapal layar di karang tinggi.

Pemprov Sumsel sudah membentuk Tim Ekspedisi Ceng Ho, yang salah satu misinya adalah, untuk menggali potensi wisata sejarah Pulau Maspari.

Sebagian masyarakat di wilayah pesisir OKI, meyakini pulau ini memiliki beberapa cerita mistis dan menyeramkan secara turun temurun.

Beberapa masyarakat juga menceritkan kalau dulunya pulau ini adalah tempat para bajak laut/perompak bermarkas.

Makam Misterius

makam di pulau maspari - cerita mistis - kompasiana.com - agussulaiman
(Sumber: kompasiana.com/agussulaiman)

Ada 2 buah pohon besar di bagian tengah Pulau Maspari. Warga yang sering datang kemari menamakannya pohon are. Pohon-pohon tersebut menancapkan akar-akarnya di tanah dan mencengkeram 2 buah makam tidak bernama yang konon sama tuanya dengan usia pohon tersebut.

Sampai saat ini belum diketahui siapa yang dimakamkan disana.

Ada cerita mistis disini? Tidak ada guys. Keindahan dan suasana tenang yang mau kita angkat disini 😀

Tempat Penyu Bertelur

Penyu di Pulau Maspari Sumsel - @pulaumaspari
Tukik (Anak Penyu) di Pulau Maspari, Sumsel. (Sumber: IG @pulaumaspari)

Masih sedikti sekali orang yang tahu mengenai keberadaan pulau ini. Apalagi mengetahui kalau pulau ini menjadi favorit 2 jenis penyu langka untuk bertelur.

Kamu bisa menjumpai penyu hijau (Chelonia Mydas) dan penyu sisik (Eretmochelys Imbricata) bertelur di sekitar bulan Februari dan Mei.

Untuk melihat penyu bertelur, kita harus bermalam dan berjaga hingga dini hari di tepi pantainya.

Pulau Tidak Berpenghuni

hewan pantai - @paramiswari
Hanya ada hewan-hewan pantai. (Foto: IG @paramiswari)

Sebenarnya Pulau Maspari ini didiami oleh seorang pegawai honorer dari Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumsel beserta anggota keluarganya. Selain dari mereka, tidak ada lagi yang menjadi penghuni tetap.

Tak jarang, nelayan-nelayan dari Sumsel, Bangka, dan Lampung singgah untuk menambah persediaan air tawar.

Dan masih jarang sekali didatangi oleh wisatawan atau traveler yang mencari suasana keindahan pulau. Dengan begitu, ini menjadi tempat yang tepat bagi kamu yang ingin mencari suasana keterasingan dan ketenangan.

Tidak Ada Listrik dan Sinyal

Goa maspari  - kompasiana.com - agussulaiman
Ada goa juga. (Sumber: kompasiana.com/agussulaiman)

Bagi banyak orang, tidak ada listrik dan sinyal telepon selular bisa berarti bencana. Namun bagi beberapa orang, khususnya traveler, bisa berarti keindahan.

Pulau Maspari tidak memiliki keduanya saat ini. Cocok banget buat kamu traveler yang ingin benar-benar menjauh dari sumpeknya kota dan bisingnya suara notifikasi pesan masuk di HP.

Dikelilingi Hutan Mangrove dan Terumbu Karang

Mangrove Pulau Maspari Sumsel - @pulaumaspari
Mangrove di sekitar Pulau Maspari. (Foto: trijayafmplg.net)

Potensi wisata alam yang ada di Pulau Maspari adalah berupa hutan mangrove dan terumbu karang. Selain tentu saja suasana pantai berpasir putih dan berbatu karang di beberapa titiknya.

Ada beberapa spot snorkeling dan diving di sekitar pulau. Kegiatan snorkeling dan diving menjadi ide bagus ‘what to do’ yang bisa kamu lakukan disini.

Tentu saja, lihat kondisi cuaca, gelombang, dan arus lautnya ya. Saat cuaca bagus, langsung saja masuk ke air dan amati keindahan terumbu karang dan beragam biota lautnya.

Menikmati Suasana Pulau dan Pantai

pantai pasir putih Pulau Maspari - @paramiswari
Santai di pantai pasir putih di bawah pohon. (Foto: IG @paramiswari)

Kegiatan lain, selain snorkeling dan diving, yang bisa kamu lakukan disini adalah duduk-duduk di pantainya.

Banyak juga traveler yang tidak suka berenang. Maka duduk-duduk, tiduran, bermain pasir, membaca buku, menulis, bisa menjadi kegiatan menyenangkan di Pulau Maspari.

Akan Dibangun Resort

Maspari Island - @heriyantofikri
Maspari Island. (Foto; IG @heriyantofikri)

Saat penulis mengikuti Rapat Koordinasi IMT-GT (Indonesia-Malaysia-Thailand – Growth Triangle) di Palembang, Jumat (20/09/2019), Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan memaparkan akan mengembangkan pariwisata pulau Maspari.

Salah satu rencana yang diusulkannya adalah pembangunan resort disini.

Baca juga:
* 10 Rumah Makan Ayam Geprek di Palembang

Kesimpulan

Pulau Maspari memiliki potensi alam yang layak dijual dalam kerangka pariwisata Sumatera Selatan. Memiliki pantai yang indah, terumbu karang, beragam biota laut, suasana tenang, dan jauh dari keramaian.

Kendala saat ini masih berupa aksesibilitas dan informasi terkait. Namun yakin saja, secara perlahan, pulau mungil ini akan mencuat ke permukaan.

Saya belum kemari. Semoga ada kesempatan untuk berkunjung dan menginap di Pulau Maspari, Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here