Pulau Maratua di Berau, Ketenangan di Tengah Keindahan

Di Pulau Maratua kamu bisa menikmati keindahan hutan mangrove, padang lamun, ekosistem terumbu karang, bermacam ikan laut. Nikmati suasana pulau dan pantai yang sepi, tenang, dan indah. Jauh dari keramaian.

Advertisement
Pulau Maratua Kabupaten Berau Kalimantan Timur - @berau_asik
Pulau Maratua di Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur. Menyimpan begitu banyak keindahan yang sayang dilewatkan begitu saja. (Foto: IG @berau_asik)

Kabupaten Berau memiliki wisata bahari yang patut diperhitungkan. Bukan hanya se-Kalimantan Timur, juga se-Indonesia. Sudah menjadi tujuan wisata wisatawan nusantara dan mancanegara.

Kali ini kita akan membahas salah satu pulau yang ada di Kabupaten Berau, yaitu Pulau Maratua.

Pulau Maratua adalah salah satu pulau yang ada di Kepulauan Derawan. Memiliki luas darat sekitar 384,36 km2 dan luas laut 3.735,18 km2.

Merupakan salah satu pulau terluar Indonesia yang dimiliki Kalimantan Timur. Karena berbatasan dengan Sabah, Malaysia Timur dan Filipina Selatan.

Baca juga:
* Berenang Bareng Ubur-ubur di Danau Kakaban, Seru Banget!

Sudah sejak ratusan tahun lalu pulau ini dihuni oleh suku laut Bajau. Selain suku Bajau juga ada penduduk yang berasal dari dalam dan luar Kalimantan Timur.

Saat ini penduduknya berjumlah sekitar 3.600 jiwa dengan 900an kepala keluarga. Mata pencahariannya sebagain adalah nelayan dan sebagian saat ini di sektor pariwisata.

Lokasi

Secara administratif pulau ini juga merupakan sebuah kecamatan. Memiliki 4 kampung, yaitu; Bohe Bukut, Bohesilian, Payung-Payung, Teluk Alulu, dan Teluk Harapan.

Posisinya di arah Timur Laut Pulau Kakaban yang berjarak sekitar 4 mil laut. Atau sekitar 28 mil laut arah Timur Tandjoengbatoe.

Posisinya dari Kota Samarinda lumayan jauh. Dengan perjalanan laut akan menempuh jarak sekitar 255 mil laut (lebih dari 400 km).

Cara Menuju Pulau Maratua

Untuk tiba di pulau paling Timur Kabupaten Berau ini, bisa ditempuh dengan moda transportas pesawat dan kapal.

Namun selama masa pandemi ini sepertinya, belum ada maskapai yang membuka kembali rute penerbangan ke Bandara Maratua (RTU). Sebelum ini ada 2 maskapai yang membuka rute ke Maratua, Garuda Indonesia dan Susi Air.

Jika ingin melalui jalur laut, mulailah perjalanan dari Balikpapan. Rute dari Balikpapan adalah menuju ke arah Kabupaten Berau lalu ke Tanjung Redeb. Dari Tanjung Redeb, lanjutkan perjalanan menggunakan speed boat untuk menuju Pulau Maratua.

Memang memakan waktu yang cukup lama untuk menuju ke sana. Namun, percayalah, rasa lelah akan terbayarkan ketika merasakan langsung suasana Pulau Maratua.

Harga Tiket Masuk

Pengunjung yang memasuki kawasan Pulau Maratua tidak akan dikenai biaya.

Akan ada biaya kalau kamu mengikuti paket wisata snorkeling, diving, dan lainnya.

What to See

Pulau Maratua Kabupaten Berau Kalimantan Timur - @katahasan11
(Foto: @katahasan11)

Apa saja yang bisa dilihat selama liburan di Pulau Maratua? Coba simak ulasannya di bawah ini.

Terumbu Karang

Bagi yang suka snorkeling dan diving, terumbu karang bisa menjadi salah satu daya tariknya.

Ekosistem terumbu karang di sekitar pulau menjadi potensi kelautan dan potensi wisata yang bisa kamu nikmati. Sebagian besar karang di sini berjenis fringing reefs. Terhampari di area reef flate dan reef edge/reef slope.

Dalam sebuah survey tahun 2003, ditemukan ada 206 spesies karang. Serta terdapat 257 spesies ikan karang

Mangrove

Ada sekitar 369 hektar hutan mangrove di Pulau Maratua. Kampung-kampung yang ada di pulau memiliki hutan mangrove.

Adapun spesies mangrove di sini antara lain; Acrosthicum aureum, Acanthus ilcifolius, Aegiceras floridum , Bruguiera gimnorrhiza, Bruguiera cylindrical, Derris trifoliate, Excoecaria agallocha, Heritiera littolaris, Nypa fruticans.

Kemudian ada juga spesies mangrove Pongamia pinnata, Rhizophora apiculta, Rhyzophora stylosa, Rhizpora mucronata, Sonneratia alba, Scyphiphora hydrophyllacea, dan Terminalia catapa.

Padang Lamun

Banyak wisatawan yang kurang menyukai padang lamun (sea grass). Padahal ada banyak yang bisa kamu temukan di sekitaran lamun.

Luas padang lamun di Pulau Maratua adalah sekitar 1.549 hektar.

Spesies yang bisa kamu temukan di sini antara lain; Halodule univervis, Halophila ovata, Halophila ovalis, Cyamodocea rotundata, Halodule pinifolia, Syringodium isoetifolium, Enhalus acoroides, dan Thallassia hemrichii.

Padang lamun terbaik di sini ada di Teluk Pea di Kampung Payung-payung.

Ikan

Pulau Maratua Kabupaten Berau Kalimantan Timur - @lo_zainodilu
(Foto: IG @lo_zainodilu)

Kalau mangrove, padang lamun, dan terumbu karang bagus, biasanya akan ada banyak sekali hewan laut yang hidup di sekitarnya.

Pulau Maratua dengan kondisiny tersebut tentu saja memiliki banyak sekali hewan laut yang bisa kamu temukan.

Ikan hias dan ikan karang konsumsi yang bisa kamu temukan di sini antara lain; ikan badut/giru, ikan sersan, ikan betok, ikan kakaktua, ikan okpis, ikan tringger, ikan pakol, ikan angel, ikan kepe-kepe, ikan layaran.

Ikan karang konsumsi, antara lain; ikan kerapu, ikan kakap, ikan baronang, ikan ekor kuning, ikan tanda-tanda, ikan pari bintik biru (Halichoeris centriquadrus), ikan gitaran, ikan pari Rhinotera javanica dan lainnya.

What to Do

Apa saja yang bisa dilakukan selama liburan di pulau ini?

Menyelam

Pulau Maratua Kabupaten Berau Kalimantan Timur - @greennirvanaresort
(Foto: IG @greennirvanaresort)

Bagi kamu yang sudah bisa dan memiliki sertifikat menyelam, jangan lewatkan untuk diving di sekitaran pulau. Ada banyak spot dan banyak yang bisa dilihat.

Spot Diving di Pulau Maratua, antara lain; Jetty Dive, Hanging Garden, Cabbage Garden, Turtle Traffic, Mid Reef, Eel Garden, dan The Channel spot.

Snorkeling

Bagi yang tidak bisa menyelam, aktivitas snorkeling juga sudah sangat mengasyikkan dan mengesankan.

Kamu bisa bertemu nemo dan penyu di beberapa spot di sekeliing pulau. Bisa snorkeling pagi, siang, ataupun sore hari.

Berenang di Gua Halo Tabung

Gua Halo Tabung - Yolanda Prisillia Wirawan
(Foto: Yolanda Prisillia Wirawan/GoogleMap)

Yang tidak kalah menarik di sini adalah adanya Gua Halo Tabung. Lokasinya ada di bagian selatan pulau. Sekitar 3,5 kilometer dari Bandara Maratua.

Kamu bisa berendam dan berenang di gua ini. Airnya jernih dengan suguhan suasana gua.

Menikmati Suasana Pantai

Maratua Island - Kabupaten Berau Kalimantan Timur - @yovi.latul
(Foto: IG @yovi.latul)

Santai di pantai di pulau ini saja sudah sangat mengasyikkan. Suasana tenang dan indah tidak akan kamu temukan di kota besar tempat kamu tinggal.

Kalau kamu menginap di resort pulau, kamu sudah mendapatkan akomodasi sekaligus destinasi yang mengesankan.

Seharian penuh kamu bisa santai tanpa ada gangguan dari orang lain. Hanya ada kamu dan pasanganmu atau keluargamu di pantai.

Recommended

Pulau ini memang termasuk jauh dari Balikpapan dan Samarinda, namun suasana dan keindahannya patut kamu pertimbangkan.

Mungkin sama saja dengan pulau-pulau lain di Indonesia. Namun sesekali mencoba destinasi baru tentu juga mengasyikkan. Selalu ada nuansa, suasana, dan cerita berbeda di masing-masing destinasi.

Baca juga:
* Jelajah Pulau Selayar di Sulawesi Selatan

Ajak serta pasangan atau keluargamu kemari. Atau bisa juga bersama kawan-kawan dekat komunitasmu.

Jadi, ada rencana liburan di Pulau Maratua di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur ini?

(Penulis : Evo Nella Siregar, Universitas Pendidikan Indonesia, Program Magang Genpinas tahun 2021)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here