Piknik ke Semarang, Jangan Lupa Mampir Dusun Semilir

Terletak di jalan utama Bawen, Kabupaten Semarang, Dusun Semilir terlihat kontras di antara bangunan-bangunan lainnya. Sobat Genpi, arsitektur Dusun Semilir memiliki keunikan yaitu berbentuk menyerupai stupa candi, botol, bahkan bawang. Keunikan inilah yang membuat Dusun Semilir banyak jadi bahan perbincangan akhir-akhir ini. Wisatawan pun berbondong-bondong mengunjungi tempat yang baru dibuka ini. Apalagi, didorong oleh foto-foto yang diunggah di media sosial, terutama instagram dan twitter.

Dusun Semilir Ecopark lokasinya sangat strategis, dekat dengan tol Bawen, Semarang. Meski masih dalam tahap pembangunan, Dusun Semilir sudah banyak diserbu oleh wisatawan dari Semarang, bahkan wisatwan yang berasal dari luar kota Semarang. Wah, penasaran kan, Sobat?

Pembangunan Dusun Semilir masih terus berlanjut, lho! Sekarang saja sedang dibangun berbagai fasilitas, seperti wisata foto, wisata oleh-oleh, sungai buatan, permainan, mini zoo, miniatur kampung Eropa, resort, danau buatan, outbound, dan masih banyak lagi. Fasilitas-fasilitas tersebut hadir di lahan seluas 14 hektar.

Untuk dapat menjelajahi Dusun Semilir, kita perlu membeli tiket Rp20.000,- rupiah ketika weekeday dan Rp25.000,- pada weekend. Jika Sobat membawa motor, tarif parkirnya yaitu Rp2.000,- rupiah, Rp5.000,- rupiah jika mengendarai mobil, serta Rp20.000,- untuk bus.

Hanya berjarak 37 kilometer dari Kota Semarang, Dusun Semilir dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 40 menit. Kalau dari Kota Surakarta yang berjarak 77 km, wisata komplit ini bisa dijangkau dalam waktu kurang lebih 1 jam 15 menit. Wah, nggak jauh kan, Sobat? Berikut spot-spot yang ada di Dusun Semilir,

Jalan Kenangan
Di sini, Sobat akan bernostalgia dengan menyusuri jalan berkonsep street market warna-warni. Ini merupakan salah satu spot foto yang tidak boleh terlewatkan, ya?

Prosotan Pelangi
Siapa yang tertantang untuk memacu adrenalin? Wahana dengan tinggi 30 meter dan panjang 150 meter ini cocok banget bagi Sobat yang ingin menantang dirinya, lho!

Alun Eropa
Di sini kita bisa merasakan sensasi tinggal di Benua Eropa karena arsitektur tempat ini warna-warni ala-ala Eropa. Spot ini terinspirasi dari Venecia, Mykonos, dan French Village. Wih, menarik banget, kan?

Nah, sekarang masih dalam tahap pembangunan Kandangan (kandang burung terbesar yang lengkap koleksinya), Alas Angonan (kebun binatang), Banyu Biru (spot foto underwater dan area bersantai), Dolanan (area bermain untuk anak-anak), serta Museum Nyeni!

Selain itu, jika wisatawan yang ingin bersantap di Jembatan Senggol dan Resto Sepoi-Sepoi menggunakan transaksi cashless. Pembayaran ini bisa dilakukan dengan kartu khusus yang dapat di-top up. Oiya, kita juga bisa memesan paket meeting, makan siang dan makan malam, coffee break, bahkan paket wedding. Pasti nggak sabar untuk mengunjungi Dusun Semilir, kan? Dusun Semilir buka mulai pukul 10.00 sampai pukul 20.00 WIB. Yuk, ajak teman-teman dan keluarga ke sini!

(Ditulis oleh Lena Sutanti, Antropologi Sosial, Universitas Diponegoro, Program Internship Genpinas tahun 2020)

Referensi:
https://dusunsemilir.com/
https://travel.kompas.com/read/2019/06/19/141700827/rute-dan-harga-tiket-masuk-dusun-semilir-eco-park-yang-instagramable-?page=all
https://lifestyle.kontan.co.id/news/seluruh-area-dibuka-kembali-ini-dia-harga-tiket-masuk-dusun-semilir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here