Pesona Pulau Mbokita di Morowali Sulawesi Tengah

Desa Mbokita - instagram @iwayan_sudana
Desa Mbokita / Pulau Mbokita di Matarape, Kecamatan Menui Kepulauan, Kabupaten Morowali, Provinsi Sulawesi Tengah. (Foto: instagram @iwayan_sudana)

Pulau Mbokita – Sudah pernah mendengar nama Mbokita, sebuah desa yang dihuni orang Bajo? Pulau kediaman manusia perahu ini begitu indah. Sama indahnya dengan pulau-pulau lain di Kepulauan Sombori,

Mbokita hanyalah sebagian kecil dari kawasan konservasi laut di Kepulauan Sombori. Masuk wilayah adminsitratif Desa Mbokita, Kecamatan Menui Kepulauan, Kabupaten Morowali, Provinsi Sulawesi Tengah.

Untuk mengelilingi pulau mungil ini, kita cukup berjalan kaki. Setelah lelah berjalan, kita bisa mampir di warung di dekat balai desa. Makan mie instan dan ngopi sambil ngobrol-ngobrol dengan warga.

Baca juga:
* VIDEO: 7 Tempat Wisata di Barru

Warga Suku Bajo sangat ramah. Kamu bisa melihat mereka tersenyum saat berpapasan. Mereka juga begitu bersahabat dengan alam. Mampu menyesuaikan diri sehingga bisa berlama-lama di dalam air.

Pemerintah Kabupaten Morowali sudah memperkenalkan kepulauan ini. Di tahun 2014 lalu, diadakan Festival Bajo Pasakayang. Untuk mengangkat daerah yang disebut-sebut sebagai perwujudan dari Wakatobi, Bunaken, dan Raja Ampat.

Kawasan kepulauan ini memiliki luas 41.342 hektarare, dengan 34 gugusan pulau.

Lihat lokasinya di Google Map: Pulau Mbokita

Sejarah Desa Mbokita

Menurut cerita dari warga, dulu ada sepasang suami istri keturunan suku Bajo yang tinggal di daerah Sulawesi Tenggara. Hidup mereka nomade, berpindah-pindah pantai dan pulau. Hingga akhirnya sebuah badai besar membawa mereka ke pulau kecil yang kosong.

Sampai sekarang, warga menyebut pulau ini dengan nama Mbokita. Sebagai bentuk penghormatan kepada leluhur yang menemukan pulau kecil dan indah ini.

Pulau Mbokita - instagram @awwakmal
Perahu di Pulau Mbokita. (Foto: instagram @awwakmal)

Dari kebiasaan mereka bertahun-tahun dan turun temurun, Suku Bajo disini dan juga di tempat lain, bisa free-dive tanpa alat batu selama lebih kurang 13 menit. Bahkan bisa sampai kedalaman 70an meter.

Kebiasaan yang sudah dilakukan dari nenek moyang mereka untuk menangkap ikan. Biasa melakukan ini setiap hari dengan berbekal tombak untuk mendapatkan buruannya.

Desa Mbokita yang berarti ‘nene kita’ ini saat ini berhasil menarik minat banyak wisatawan untuk datang.

Keindahan Alam Sekitar Pulau Mbokita

Kepulauan yang berada di perbatasan Sulawesi Tengah dengan Sulawesi Tenggara ini memiliki lanskap daratan yang menawan. Gugusan pulau dan pemandangan bawah lautnya juga begitu memesona.

Terbayang ga, ada sebuah desa kecil di tepi pantai dengan gradasi warna laut indah dan gugusan pulau karang? Kita bisa berenang dan snorkelung di laut dekat perkampungan.

Foto-foto di pulau ini pun sudah sangat menghibur dan menyenangkan.

Baca juga:
* Ayo Datang ke Festival Karampuang 2019 di Sulawesi Barat

Selain berenang di sekitar Pulau Mbokita, kamu bisa menjelajahi beberapa pulau dan daya tarik yang ada di dekatnya.

Coba datangi Gua Berlian, Gua Gurita, Pulau Dua, Pulau Tiga, Gubug/rumah nenek, puncak bukit Pulau Khayangan, dan lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here