Pesona Desa Wisata Malasari di Nanggung Kabupaten Bogor

Desa Wisata Malasari menawarkan keindahan alam dengan udara sejuk serta budaya khas Sunda. Bisa betah berlama-lama disini.

Perkebunan Teh Nirmala Agung - dedi bek
Pemandangan pagi hari saat matahari terbit di Perkebunan Teh Nirmala Agung, Desa Wisata Malasari, Kabupaten Bogor. (Foto: dedi bek)

Kabupaten Bogor memiliki banyak destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi saat libur akhir pekan. Bisa ke destinasi wisata alam dan wisata buatannya. Salah satu yang patut masuk kedalam list kunjunganmu adalah Desa Wisata Malasari, di Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Desa Malasari merupakan desa yang menyajikan pemandangan alam berupa persawahan, perkebunan teh, sungai dan air terjun, serta budaya. Cocok banget buat kamu yang ingin menghilangkan kejenuhan dan ingin menikmati kesegaran alam.

Baca juga:
* Sanghyang Kenit Spot Foto Keren di Kabupaten Bandung Barat

Lokasi Desa Wisata Malasari

Desa Malasari Naggung B0gor - @ames_r_lubis
(Foto: IG @ames_r_lubis)

Desa Malasari berada di Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Berjarak sekitar 57 kilometer dari Kota Bogor dengan waktu tempuh sekitar 3 jam.

Lihat lokasinya di Google Map: Desa Wisata Malasari

Rute

Dari Pusat Kota Bogor, arahkan kendaraanmu ke IPB memasuki Jalan Raya Cibadak-Ciampea. Di Ciampea belok ke kiri masuk ke Jalan Raya Leuwiliang – Bogor. Lalu ikuti Jalan Raya Leuwiliang – Jalan Raya Sadeng – Jalan Raya Kalong II.

Di Kalong I Leuwisadeng, belok kekiri masuk ke Jalan Raya Ace Tabrani. Ikuti terus sampai tiba di Desa Wisata Malasari.

Rata-rata jalan dalam kondisi cukup baik. Ada beberapa titik dengan medan jalan yang berkelok-kelok.

Jangan ragu untuk bertanya arah menuju ke desa ini atau membuka google map agar kamu tidak kesasar.

Kendaraan roda dua dan roda empat, bisa memasuki kawasan desa ini.

Desa Wisata Malasari

Kita sebagai traveler dan wisatawan tentu akan sangat senang dengan kehadiran desa wisata ini. Memberikan alternatif baru berwisata di Kabupaten Bogor.

Ada banyak alasan untuk datang ke Desa Wisata Malasari. Ada baiknya sebelum datang kemari, kita mengenal terlebih dahulu melalui artikel ini.

Malasari ditetapkan menjadi desa wisata Bogor di tahun 2015. Memiliki potensi wisata yang luar biasa, tak heran kalau akhirnya menjadi desa ekowisata.

Memiliki kombinasi wisata alam flora dan fauna yang beragam dan budaya. Hal inilah yang kemudian menarik minat wisatawan untuk berkunjung. Hingga akhirnya berkembang menjadi salah satu desa wisata Bogor yang terkenal.

Ayo kita jelajahi pesona Desa Malasari.

✓ Berada di Kawasan Wisata Halimun

Susur Sungai Cidurian - @inggitjs_
(Foto: Instagram @inggitjs_)

Desa Wisata Malasari merupakan salah satu dari lima Desa Halimun, kumpulan desa yang masuk wilayah Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

Karena masuk wilayah taman nasional, tentu saja desa ini tetap hidup berdampingan dengan alam. Dan tak kalah penting, warganya menjaga alam agar tetap lestari.

Sebagian besar area desa berada di Taman Nasional Halimun Salak. Sehingga kamu dapat melihat beragam fauna dan flora. Hutan hujan dataran rendah menyajikan beragam tanaman endemik dan hewan unik seperti kukang, macan tutul, owa jawa, dan elang jawa.

✓ Air Terjun

Curug Piit - Desa Wisata Malasari - Nanggung Kabupaten Bogor - @nidelam.fan12
Curug Piit yang indah di Desa Wisata Malasari, Nanggung, Kabupaten Bogor. (Foto: @nidelam.fan12)

Malasari adalah tempat yang cocok bagi kamu yang suka bermain air. Dikelilingi oleh sungai Cikaniki dan Cidurian, Ada banyak air terjun disekitar, seperti air terjun Bajing dan Pasakan. Juga adaCurug Piit, Curug Sawer, Curug Citamiang.

✓ Terasering 1001 Undak Desa Malasari

Terasering 1001 Undak - @tafakuralam - @abee_aries
Terasering 1001 Undak. (Foto: IG @tafakuralam – @abee_aries)

Ikon khas Indonesia, salah satunya adalah scene persawahan. Disini kamu akan melihat keindahan persawahan yang membentuk sistem berundak, terlihat menjadi bentangan lekukan wajah bumi yangindah.
Sebuah keunikan alam yang mengagumkan buah karya dari teknologi kearifan lokal ribuan tahun lalu.

Itulah pesona terasering yang dikelola secara apik dan rapih dengan sistem tradisional. Sawah yang ditanami dengan varietas pare gede, menjadi obyek wisata karena keindahannya.

✓ Budaya

Di Desa Wisata Malasari, teknologi terasering membentuk pesona keindahan lanskap dengan budaya dan perilaku pertanian yang diatur oleh sistem kearifan lokal telah menjadi daya tarik wisata agro dan wisata budaya.

Kita dapat menyaksikan warga lokal masih menggunakan sistem dan pola tanam tradisional. Kalau datang di waktu yang tepat, bisa menyaksikan upacara panen seren taun.

Selain itu ada kerajinan gula aren, kerajinan anyaman bambu, pendidikan madu hutan, dan kresenian tradisional.

✓ Perkebunan Teh Nirmala Agung

Perkebunan Teh Nirmala Agung - Desa Wisata Malasari - @gsehru_
Perkebunan Teh Nirmala Agung. (Foto: IG @gsehru_)

Perkebunan Teh Nirmala Agung berada di ketinggian 1800 meter dpl. Menawarkan view menakjubkan cocok banget menjadi spot foto, baik foto lanskap maupun swafoto.

Perkebunan Teh Nirmala Agung dimulai pada masa kolonial Belanda, seluas sekitar 11,8 persen dari kawasan desa wisata.

Kita bisa berjalan-jalan di kebun teh sambil menghirup udara segar khas pedesaan. Beberapa menyarankan untuk datang pagi hari saat masih gelap. Agar bisa menikmati cakrawala pagi matahari terbit.

✓ Wisata Sejarah

Wisata Sejarah Pendopo Bupati 1947 - desa malasari - wisatahalimuncoid
Pendopo Bupati 1947. (Foto: wisatahalimun.co.id)

Selain wisata alam, di Desa Wisata Malasari kita bisa melihat Pendopo Bupati tahun 1947. Sebuah tempat bersejarah yang disebut-sebut merupakan cikal bakal pemerintahan Kabupaten Bogor.

Ada berbagai benda bersejarah yang berusia cukup tua dan menjadi saksi bisu perjalanan sejarah di kawasan tersebut.

✓ Kanopi

Kanopi desa malasari - @bumdesa_malasari_sauyunan
(Foto: @bumdesa_malasari_sauyunan)

Salah satu aktivitas menarik di Malasari adalah foto-foto di jembatan kanopi. Kanopi yang menghubungkan beberapa pohon besar, panjangnya sekitar 120 meter dengan tinggi 25 meter.

Cukup untuk membuat deg-degan namun asyik juga buat foto-foto.

Penginapan

Homestay di Malasari
(Foto: Desa Wisata Malasari)

Kalau kamu berminat untuk menginap, ada homestay Abah Nduy yang khas tradisional Sunda banget. Suasana sekitarnya terasa begitu alami dan menyegarkan. Jauh dengan kondisi tempat tinggal kita di kota.

Kalau mau, kamu juga bisa mendirikan tenda di area perkemahan yang sudah disediakan.

Harga Tiket Masuk Desa Wisata Malasari

Untuk masuk dan menikmati desa ini, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya banyak. Harganya cukup terjangkau.

Tiket masuk: Rp. 5.000.

Kesimpulan

Itulah beberapa pesona Desa Wisata Malasari yang bisa kamu jumpai. Kamu akan melihat lebih banyak lagi pesona yang ada saat langsung berkunjung.

Desa ini sangat layak dikunjungi bagi kamu traveler atau wisatawan. Waktu tempuh sekitar 3 jam dan rasa lelah di perjalanan akan terbayarkan dengan suasana alam disini.

Selamat berlibur.

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here