Pesona Bukit Pematang Genting, Merasakan Negeri di Atas Awan ala Kabupaten Tanjung Jabung Barat

Sumber Foto : Iser Randa Pratama

Sobat Genpi kalau selama ini Kabupaten Tanjung Barat hanya dikenal dengan wisata pesisir lautnya yang cukup pamor, kali ini kamu harus tahu pilihan destinasi wisata lainnya yang tidak kalah seru. Salah satunya adalah destinasi wisata dataran tinggi bernama Bukit Pematang Genting.

Bukit Pematang Genting berada di Desa Tanjung Bojo, Kecamatan Batang Asam, Kabupaten Tanjung Barat, Provinsi Jambi.

Tak perlu kawatir bepergian di Jambi. karena ada perusahaan transportasi BUMN yang beroperasi. Ya, Damri Jambi siap mengantar kamu ke beberapa kota di Jambi.

Banyak wisatawan berkesempatan datang ke sini dan menjuluki bukit ini sebagai negeri di atas awan. Hal tersebut memanglah benar Sobat Genpi, karena bukit ini terletak 5.763 meter di atas permukaan laut. Wow, cukup menakjubkan, ya! Di sini kamu bisa melihat panorama keindahan Kabupaten Tanjung Barat yang diselimuti oleh awan dan melihatnya secara langsung di atas ketinggian.

Untuk bisa sampai ke Bukit Pematang Genting, aksesnya tidaklah sesulit yang kamu bayangkan. Dengan menggunakan sepeda motor atau kendaraan beroda empat, kamu hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit melalui Jalan Lintas Timur Sumatera, tetapi kalau kamu ingin menantang adrenalin, kamu bisa memilih opsi pendakian yang dapat ditemuh sekitar 2 jam dengan berjalan kaki sekaligus mendapatkan bonus keindahan air terjun Sungai Lulut yang begitu menyegarkan.

Dengan merogoh kocek tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang atau Rp 30.000 untuk sepeda motor dan Rp 100.000 untuk kendaraan mobil, seluruh lelahmu akan terbayar dengan indahnya pesona keindahan alam yang ditawarkan. Kalau cuaca cukup cerah, kamu bisa dengan jelas melihat panorama Kabupaten Tanjung Barat dengan hutannya yang rimbun sekaligus mengabadikan foto di beberapa spot foto yang sudah tersedia dengan latar belakang hamparan alam yang masih asri.

Berdasarkan pengalaman Iser Randa Pratama selaku Ketua Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Tanjung Jabung Barat yang menyempatkan datang langsung ke Bukit Pematang Genting ini, seluruh keindahan alam yang tersedia sangatlah cocok untuk dinikmati bagi para wisatawan terutama pendaki yang berasal dari Kabupaten Tanjung Jabung Barat atau bahkan dari luar Provinsi Jambi.

“Bukit ini juga sangat cocok sekali untuk para wisatawan minat khusus pendakian terutama untuk para pendaki – pendaki yang ada di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, dan umumnya untuk masyarakat Provinsi Jambi serta tak menutup kemungkinan untuk para pendaki di luar provinsi Jambi bahkan di dunia,” pungkasnya.

Semenjak resmi dibuka pada akhir Agustus lalu, bukit ini telah dikelola dengan baik oleh pihak Karang Taruna dan perkumpulan pemuda setempat. Akhir – akhir ini, pihak pengelola Bukit Pematang Genting juga mendapatkan perhatian khusus dari Pemerintah Desa setempat melalui berbagai bimbingan maupun pelatihan yang bertujuan untuk memajukan wisata negeri di atas awan ini.

Seperti yang dikatakan oleh Rosdansyah selaku Pjs. Kepala Desa Tanjung Bojo, menurutnya wisata ini masih terus berbenah serta dikelola dengan lebih baik agar kedepannya dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi para pengunjung, kemudian bisa menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Harapan kita nantinya, bisa menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi desa,” ujar Rosdyansyah, dilansir dari Radardesa.co Senin (19/10/2020).

Apakah Sobat Genpi sudah tidak sabar ingin menikmati keindahan alam Kabupaten Tanjung Jabung Barat langsung dari atas Bukit Pematang Genting? Genpi tunggu kedatanganmu di sini ya!

Sumber:

Iser Randa Pratama, Ketua GenPI Tanjung Jabung Barat.https://radardesa.co/2020/08/desa-tanjung-bojo-punya-objek-wisata-namanya-wisata-alam-bukit-pematang-genting/.

Ditulis oleh Lukman Hakim, Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Ahmad Dahlan, Program Internship Genpinas tahun 2020.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here