Pemuteran Bay Festival Di Bali

Sumber Gambar : http://www.idtempatwisata.com

Bali – Halo Sobat Genpi kita mau kasih referensi festival yang ada di Indonesia lagi nih salah satu nya di Pulau Dewata, Bali. mungkin kota ini tak seramai kota Kuta di Bali, namun Buleleng menyimpan banyak destinasi wisata yang menarik untuk kita kunjungi. Apa sih yang di kangenin dari Bali? masa iya cumin pantai nya aja, Buleleng memang sangat terkenal dengan keindahan Pantai Lovina, dimana Sobat Genpi bisa melihat lumba-lumba saat Sunrise di tengah laut. Buleleng juga memiliki pemandangan Pegunungan,Daratan,Dan Kuliner yang sangat terkenal lezat dan unik. Nah ini nih yang ditunggu-tunggu warga lokal dan mancanegara yaitu Pemuteran Bay Festival di Bali.

Pemuteran Bay Festival merupakan event tahunan yang sudah berjalan sebanyak 5 kali dari tahun 2015. Pemuteran Bay Festival Menaungi segala bentuk seni budaya dan Pelestarian Lingkungan seperti Pelestarian Terumbu Karang Berbasis Masyarakat dengan Tehnologi Biorock, Heritage Culture Gebug Ende , Beach Art Parade, Lomba-lomba Seni dan Budaya, Pameran Produksi Seni dan Kerajinan dalam rangka meningkatkan kualitas pariwisata berbasis masyarakat, berbudaya, berwawasan lingkungan.

Event Pemuteran Bay Festival juga masuk 100 kalender event di Indonesia atau CoE Indonesia, Pemuteran Bay Festival mempersembahkan selebrasi budaya dengan semangat komunitas dengan berlandaskan ecotourism. Pemuteran Bay Festival telah sukses membentuk komitmen konservasi laut yang digabungkan dengan berbagai rangkaian perhelatan seni dan budaya memikat. Puncak dari rangkaian kegiatan Pemuteran Bay Festival yaitu penanaman terumbu karang dalam sebuah struktur besi atau biasa disebut dengan istilah biorock. Menariknya terumbu karang yang ditanam telah dibentuk menyerupai Buddha, berbagai macam candi, garuda, dan lain-lain. Sebagai informasi, menurut laporan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) hanya sekitar 20% terumbu karang yang berada dalam kondisi baik di Indonesia. Pemutihan karang dan aktivitas perdagangan merupakan dua hal penyebab utama rusaknya terumbu karang di Indonesia.

Setiap tahun nya Pemuteran Bay Festival memiliki tema yang berbeda. Tujuan event ini yang pasti masyarakat harus bersinergi untuk Bersama-sama untuk menjaga dan memelihara terumbu karang dibawah laut dan memelihara keseimbangan keindahan laut. Acara ini berkolaborasi dengan wisata alam dan budaya, Wisata sekitar buleleng yang harus terus di eksplorasi karena potensi keindahannya, Pemuteran Bay Festival bertujuan untuk menjadi wisata alternatif berbasis pemberdayaan masyarakat lokal sekitar dan yang pasti Pemuteran untuk melakukan konservasi lingkungan, serta mewujudkan Pemuteran sebagai tujuan wisata alternatif berbasis pemberdayaan masyarakat, yang terakhir Pemuteran Bay Festival Berhasil memenangkan sejumlah penghargaan

Kegiatan Di Pemuteran Bay Festival ?

Pemuteran Bay Festival biasanya diselenggarakan selama empat hari di awal Oktober 2020 bertempat di Kabupaten Buleleng. Berbagai rangkaian kegiatan dapat Anda ikuti pada gelaran yang pertama kali diselenggarakan pada 2015 ini. Mulai dari pertunjukan musik, kontes pancing tradisional, fun run, bazaar makanan, biorock workshop, festival yoga, bermain sambil belajar untuk anak-anak, dan lain-lain.


Oiya Sobat Genpi ini nih salah satu penghargaan dari Pemuteran Bay Festival banyak meraih berbagai prestasi, di antaranya Top 10 Lonely Planet Terbaik Asia 2016, terkait keberadaan terumbu karang hasil teknologi biorock. Pemuteran juga terpilih sebagai Best in Responsible Tourism ‘Coral Reef Revival Impetus in Pemuteran Village, Bali’ dari International Travel & Tourism Awards 2018.wah keren banget ya Event Festival yang ada di Tanah air kita ini. Acara nya sendiri berlangsung 03-06 Oktober 2020 di Desa Wisata Pemuteran, kab.Buleleng Bali. Yuk Sobat Genpi Yuk kita Berwisata Alam di bawah Laut kita akan selalu jaga Terumbu Karang dibawah Laut agar keindahan alam tetap terjaga.

Sumber : https://www.kemenparekraf.go.id/event/pemuteran-bay-festival
https://spektakel.id/direktori/2020/pemuteran-bay-festival

Ditulis oleh Venia Azzalia, ilmu komunikasi, Universitas Prof.Dr.Moestopo (Beragama), Program Internship Genpinas Tahun 2020.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here