10 Pantai di Sekotong Lombok Barat Favorit Para Traveler

Sekotong di Lombok Barat NTB, memiliki banyak pantai yang indah, baik yang berpasir putih maupun yang pantai berbatu karang. Banyak wisatawan, baik nusantara maupun mancanegara, mencari lokasi yang indah sekaligus sunyi dan tenang. Pantai-pantai di Sekotong memberikan pilihan ini untukmu.

Sekotong beaches, pantai-pantai di Sekotong, banyak yang masih asri dan terjaga. Apalagi letak Sekotong yang cukup strategis. Mudah dijangkau dari dermaga feri Lembar (Lembar port). Banyak wisatawan asing menggunakan motor sewaan dari Bali, sengaja datang ke pantai-pantai di Sekotong.

Baca juga:
* Punya waktu 3 Jam, Memang Bisa ke Mandalika Lombok? Baca ini!

Daftar Pantai di Sekotong

Bagi kamu yang tertarik mengunjungi Pantai di Sekotong, kamu bisa datang ke pantai-pantai berikut ini.

1. Pantai Goa Landak

Pantai Goa Landak di Sekotong
Pantai Goa Landak di Sekotong, Lombok Barat.

Pesona wisata Pantai Goa Landak bisa kamu masukkan kedalam daftar kunjungan pantai di Sekotong. Lokasinya sekitar 24 kilometer dari Pelabuhan Lembar. Menjadi agak jauh karena harus memutar, mengitari teluk kecil. Padahal kalau ditarik garis lurus, hanya sekitar 5 kilometer dari dermaga.

Pantai Goa Landak memiliki hamparan pasir putih dan laut yang tenang. Bebukitan disekitar menjadi latar belakang yang indah. Pepohonan yang rindang di sekitar pantai bisa menjadi tempat berteduh dari sinar matahari.

Terdapat juga bebatuan besar di sekitaran pantai yang membuat pantai ini lebih mempesona. Dan ada spot foto cantik berupa bebatuan melengkung yang terkikis ombak.

Lokasi: https://goo.gl/maps/ffbNi9QujmaKeFn4A

Harga Tiket Masuk

Tiket masuk: Rp5.000

Parkir kendaraan

Parkir : Rp2.000

2. Pantai Ela Ela (Elaq-elaq)

Pantai Ela Ela - Elaq-elaq - Pantai di Sekotong - @andreesetyaa
Pantai Ela Ela (Elaq-elaq), salah satu Pantai di Sekotong yang indah. (Foto: IG @andreesetyaa)

Pantai Ela-Ela (Elaq-Elaq) berada di Desa Tawun, Sekotong. Pantai ini berupa tanjung kecil, yang kalau dilihat di peta, bentuknya mirip sekali dengan lidah yang menjulur. Oleh karenanya dinamakan Ela Ela. Diambil dari bahasa Sasak yang berarti lidah.

Pantainya didominasi pasir putih yang memanjang sepanjang garis pantai tanjung. Dan di beberapa titik terdapat bebatuan.

Ada Gili Penyu di ujung tanjung, yang sangat dekat sekali dari bibir pantai. Beberapa review menjelaskan, kita bisa ke gili ini dengan berjalan kaki disaat air laut surut.

Asyik sekali duduk-duduk santai di Pantai Ela Ela, menikmati sunrise ataupun sunset.

Lihat lokasinya di Google Map: Pantai Ela-Ela

3. Pantai Mekaki

Pantai Mekaki - Pantai di Sekotong - @soedibyo.jr
Pantai Mekaki. (Foto: IG @soedibyo.jr)

Pantai Mekaki tidaklah seterkenal pantai Mandalika ataupun Senggigi. Namun keindahannya tidaklah meragukan. Bahkan sangat dianjurkan untuk masuk kedalam list kunjunganmu kalau berlibur ke Lombok.

Pesona Wisata Pantai Mekaki berupa pasir putih. Kontras dengan gradasi warna biru air laut dan hijaunya pepohonan. Gelombang lautnya sedang.

Berjarak sekitar 65 kilometer dari pusat Kota Mataram dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam.

Lokasi: https://goo.gl/maps/5nH6TwXoW5KZAMZN8

Harga tiket masuk:

Tiket masuk: Rp 5.000

Biaya parkir kendaraan

Motor: Rp 5.000
Mobil: Rp 10.000
Bus: Rp 20.000

4. Pantai Batudaeng

Masih berada di garis pantai yang sama dengan Pantai Mekaki, terdapat Pantai Batudaeng. Kedua pantai ini berada di Teluk Mekaki.

Berjalan terus ke arah kiri Pantai Batudaeng, terdapat Pedande Lagoon Tanjung Geres. Disini kamu bisa berendam di kolam alami diantara bebatuan. Airnya berasal dari air laut yang terjebak di lekukan bebatuan.

Untuk mencapai Pedande Lagoon, kamu harus berjalan melalui jalur yang lumayan sulit. Namun memang layak untuk dikunjungi.

5. Pantai Piling

Pantai Piling - @dbaox
Pantai Piling. (Foto: IG @dbaox)

Pantai Piling ini adalah pantai yang cukup tersembunyi yang dimiliki oleh Sekotong, Lombok Barat.

Bukan pantai berpasir putih yang bisa kamu jumpai disini, namun pantai dengan hamparan bebatuan bulat berbagai ukuran.

Juga terdapat bebatuan karang besar berbagai ukuran yang bisa menjadi subyek foto landscape. Bagi penggemar fotografi, Pantai Piling bisa menjadi spot foto di Sekotong Lombok Barat yang wajib amu kunjungi.

Jalan menuju pantai ini juga tidak mudah, namun hasil fotomu akan membuatmu puas berkunjung.

Lokasi: https://goo.gl/maps/FJ1An234fUrRcJat8

6. Pantai Panggang

Pantai Panggang - lahandutawordpresscom
Pantai Panggang. (Foto: lahanduta.wordpress.com)

Pantai Panggang berjarak sekitar 60 kilometer dari pusat Kota Lombok. Memerlukan waktu tempuh sekitar 1,5 jam berkendara.

Banyak spot foto yang bisa menghasilkan foto indah di sekitar Pantai Panggang. Ada pantai berpasir putih, rerumputan diatas bukit, dan pantai berbatu karang.

Lokasi: https://goo.gl/maps/G1XWkrEEaPEhaD857

7. Pantai Pangsing

Pantai Pangsing - Pantai di Sekotong - Genpi LS.jpg
Jackysan di Pantai Pangsing, sebuah pantai indah di Sekotong. (Foto: dok. Genpi Lombok Sumbawa)

Pantai Pangsing adalah sebuah pantai di Sekotong Lombok Barat yang juga masih alami. Berada di Dusun Pangsing, Desa Buwun Mas, Sekotong Tengah. Pantai ini cukup indah dengan ombak yang tenang.

Disekitarnya bebukitan hijau yang membuat adem mata. Sebagian pantainya berpasir, sedangkan di ujung kiri berupa bebatuan karang

8. Pelican Beach

Pelican Beach - Ardika Putra
Pelican Beach. (Foto: Ardika Putra)

Dekat dari Pantai Pangsing ada pantai bernama Pelican beach. Sekalian pergi jauh dari Mataram, maka ada bagusnya juga mampir juga disini. Jadi kita bisa dapat beberapa pantai dalam sekali jalan.

Pantainya memiliki view yang indah dan sepi. Cocok bagi kamu yang memang ingin pergi jauh dari kota dan merasakan suasana indah dan tenang.

9. Pantai Meang

Pantai Meang - Sekotong Beach - @taupiqurohman_alqurtubhi
Pantai Meang. (Foto: IG @taupiqurohman_alqurtubhi)

Pantai Meang memiliki hamparan pasir yang lumayan luas. Sama seperti pantai-pantai lain di Sekotong, Pantai Meang juga dikelilingi oleh bebukitan hijau. Juga ada kebun-kebun warga di belakang garis pantai.

Lokasi: https://goo.gl/maps/kPQn5hhKUreB1vvdA

10. Pantai Pengantap

Pantai Pengantap - @taupiqurohman_alqurtubhi
Pantai Pengantap. (Foto: IG @taupiqurohman_alqurtubhi)

Pantai Pengantap berada di Desa Buwun Mas, Sekotong, Lombok Barat, NTB. Pasir putih terhampar dengan indahnya dengan latar belakang bebukitan disekitar.

Jaraknya sekitar 55 kilometer dari pusat Kota Mataram, dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam berkendara.

Perjalanan yang lumayan jauh tersebut akan terbayar dengan suasana pantai yang indah dan tenang. Ombaknya juga relatif tenang, asik juga buat berenang.

Lokasi: Pantai Pengantap

Baca juga:
* Lihat Serunya Paramotor Terbang Lintasi Selat Alas NTB

Ayo Kunjungi Pantai-panti di Sekotong

Demikian daftar pantai di Sekotong yang bisa kamu datangi saat berlibur ke Lombok NTB. Pantai-pantai berpasir putih dan ombak yang bervariasi akan cukup menghiburmu.

Foto-foto Sekotong Beaches yang kamu hasilkan juga akan terlihat indah. Menambah stok fotomu yang bisa kamu upload di akun media sosialmu.

Selamat berlibur di Sekotong.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here