Nikmatnya Mencicipi 5 Varian Bakso Nusantara

Siapa yang tidak suka makan Bakso. Meski bukan berasal dari Indonesia asli, namun semua masyarakat Indonesia tetap menyukainya, tentu saja dengan cita rasa nusantara. Bahkan Barack Obama mengakui bahwa Bakso ada salah satu makanan kesukaannya saat tinggal di Indonesia semasa kecil. Seiring dengan perkembangan jaman, berbagai macam varian Bakso kekinian banyak bermunculan, mulai dari Bakso raksasa, bakso mercon, bakso keju dan masih banyak lagi. Namun sebelum varin bakso bakso kekinian tersebut muncul, sudah banyak varian bakso nusantara yang khas dengan daerahnya. Berikut adalah Bakso Nusantara dengan ke khas-an daerahnya.

Bakso Wonogiri

Sumber Foto : Makananku.id

Bakso Wonogiri adalah salah satu Bakso yang populer di Indonesia, hal ini tentu dibuktikan dengan penjualnnya yang tersebar bukan hanya di Wonogiri saja. Kepopuleran bakso ini diduga karena banyak orang asli Wonogiri yang merantau dan berjualan Bakso. Sangking banyaknya penjual bakso Wonogiri, di Jakarta terdapat paguyuban pedagang bakso yang berasal dari Wonogiri. Kepopulerannya turut didukung dengan rasa lezat Bakso yang tidak perlu diragukan lagi. Terbuat dari campuran bahan dasar daging sapi dan tepung pati yang ditakar khsusus membuat teksturnya terasa lembut dan kenyal. Racikan bumbu pada adonan bakso juga membuat cita rasa saat menyantapnya terasa berbeda denga bakso lainnya. Tidak ketinggalan tetelan daging serta sawi segar yang direbus hingga layu menjadi ciri khas Bakso Wonogiri. Selain itu kuah bakso ini terkenal dengan kuah bening dari air rebusan daging sapi.

Bakso Malang

Sumber Foto : (merahputih.com)

Malang memang terkenal dengan nama kota apel, namun bukan berarti makanan lainnya tidak menjadi favorit. Bakso Malang adalah salah satu makanan favorit warga Indonesia. Dikota kota lain bakso malang biasa disebut dengan Bakwan Malang. Berbeda dengan bakso lainnya, Bakso Malang memiliki ciri khas tersendiri. Ciri khas bakso malanga ada pada jenis baksonya. Biasanya bakso terdiri dari bakso halus, bakso urat, tahu dan mi kuning atau mi putih, akan tetapi bakso malang menambahkan kekian, bakwan rebus dan pangsit goreng yang menjadi ciri khas. Seiring dengan perkembangan ciri khas bakso Malang bertambah variannya dengan ditambahkannya bakso goreng. Selain itu kuah kaldy dari rebusan tulang dan sum sum sapi menambah nikat Bakso Malang.

Bakso Cuanki

Sumber Foto : (Qraved.com)

Bakso khas Bandung ini biasa disajikan ukuran kecil atau besar, tidak ketinggalan tahu isi aci, serta siomay yang menjadi ciri khas. Berbeda dengan kuah bakso lainnya yang berasal dari rebusan daging, kuah Bakso Cuanki terdiri dari bumbu, kaldu dan penyedap yang dimasak berbarengan, sehingga ketika dihidangkan kita tidak perlu menambahkan penyedap rasa lagi. Menariknya lagi kata Cuanki sebenarnya merupakan kepanjangan dari ‘Cari Uang Jalan Kaki’. Bakso Cuanki memang dahulu terkenal dengan gerobak pikul dan bunyi “tok tok tok”, namun seiring dengan perkembangan kini kita dapat menemui penjual Bakso Cuanki di rumah makan.

Bakso Ikan Ekor Kuning

Sumber Foto : (httpsblog.frameatrip.com)

Kekayaan sumber daya laut Karimunjawa memang tidak perlu diragukan lagi. Terkenal dengan destinasi wisatanya yang indah, kita tidak bisa juga melupakan makanan khasnya yaitu Bakso Ikan Ekor Kuning. Ikan Ekor Kuning memang menjadi salah satu Ikan yang paling sering ditemui di Karimunjawa, maka tidak heran jika Ikan Ekor Kuning kerapkali dibuat menjadi santapan khas Karimunjawa termasuk Bakso. Dinamai Bakso Ikan Ekor Kuning karena memang bahas dasarnya terbuat dari Ikan Ekor Kuning yang memiliki rasa gurih. Daging Ikan Ekor Kuning yang dicampur dengan tepung maizena, tepung sagu dan ptih telur membuat tekstur baksonya sedikit kasar dan padat. Tidak ketinggalan kuah kaldunya terasa sedap untuk disantap.

Bakso Gepeng Pontianak

Sumber Foto : Bakso Gepeng Afen – Pd. Jagung (Food.grab.com)

Melihat dari Namanya saja kita sudah pasti mengetahui bahwa bentuk bakso ini gepeng atau aga pipih. Selain bentuknya gepeng, kita bisa melihat bakso Gepeng ini memiliki permukaan yang halus. Ia tidak hanya menyajikan bakso halus yang berbentuk gepeng, tetapi juga bakso urat dari daging sapi yang rasanya renyah ketika dimakan. Perbedaan yang paling khas dari bakso gepeng adalah kaldunya yang bertabur bawang putih cincang. Bukan hanya itu, jika bakso lain disajikan bersama dengan mi, bihun atau soun, bakso gepeng turut menyediakan kwetiaw sebagai sajian pilihannya.

Maulani Mulianingsih, Universitas Al Azhar Indonesia Internship Generasi Pesona Indonesia Nasional Kelompok 11 Ekonomi Kreatif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here