Nikmatnya Kuliner Khas Makassar

Kota yang dikenal dengan sebutan Ujung Pandang ini bukan hanya menawarkan beragam tempat wisata, namun juga mempunyai banyak kuliner khas yang menggungah selera.

Berbicara mengenai wisata kuliner dilansir dari gotravelly.com, tempat-tempat wisata kuliner di Makassar ini lokasinya tidak jauh dari pusat kota, sehingga akan memudahkan kamu untuk menjangkau tempat-tempat wisata kuliner tersebut.

Rasa nikmat yang menggoyangkan lidah akan membuatmu jatuh kedalam rasa lezat dan tak terlupakan disetiap makanannya. Ingin tau apa saja? Yuk simak ulasan berikut ini.

  1. Coto Nusantara
    Pasti diantara kalian sudah tidak asing lagi dengan nama kuliner yang satu ini. Rasanya kurang lengkap jika ke Makassar namun belum mencicipi makanan yang satu ini. Rasa yang nikmat membuat makanan yang satu ini dicari oleh banyak orang.

Coto Makassar merupakan makanan yang terdiri dari olahan berbahan dasar daging sapi yang di padukan dengan kuah yang kental dan kaya akan rempah-rempah. Coto belum lengkap jika tidak disantap dengan ketupat.
Lokasi: Jalan Merpati No. 2, Kunjung Mae, Mariso, Kota Makassar.
Jam Operasional: 06.30 – 18.00 WITA
Kisaran Harga: Rp 15.000

  1. Sop Konro dan Iga Bakar Karebosi
    Khusus pecinta iga sapi ini wajib banget untuk mampir mencicipi makanan kuliner khas Makassar ini.

Rasanya yang lezat merupakan paduan dari iga sapi yang lembut dan kuah konro yang kaya akan rempahnya akan langsung membuat kamu jatuh kedalam rasa yang sangat nikmat.

Lokasi: Jalan Gunung Lompobattang No. 41 Pisang Utara, Ujung Pandang, Kota Makassar.
Jam Operasional: 10.30 – 23.00 WITA.
Kisaran Harga: Rp 38.000 – Rp 40.000

  1. Pallubasa Onta
    Eits! Jangan kaget dulu, walaupun tempat makan ini bernama Pallubasa Onta bukan berarti menyajikan onta loh! Nama onta berasal dari nama jalan yang berada di Makassar, di mana tempat wisata kuliner ini berdiri.

Pallubasa ini mirip seperti Coto Makassar, namun yang berbeda terletak pada beberapa bahan yang dipakainya. Bahan dasar utamanya menggunakan daging sapi serta santan kental dan kelapa parut untuk kuahnya.

Rasa kuah menjadi lebih lezat karena dihidangkan dengan telur setengah matang di dalamnya beserta nasi putih hangat.
Lokasi: Jalan Onta Lama No. 103 Mandala, Mamajang, Kota Makassar.
Jam Operasional: 09.00 – 23.00 WITA
Kisaran Harga: Rp 13.000 – Rp 20.000

  1. Es Pisang Ijo Bravo
    Es Pisang Ijo Bravo ini makanan yang harus kamu coba ketika ke Makassar. Cita rasa pisang ijo di tempat ini sangat juara, ditambah adanya beberapa penghargaan yang diterima yang membuat tempat makan ini dicari oleh banyak orang.

Perpaduan rasa yang gurih, manis, dan segar yang dibalut tepung berwarna hijau dengan sentuhan sirup merah, didampingi dengan bubur sum-sum, susu kental manis, vla santan, dan ditambah dengan es serut yang membuat kamu terhanyut dalam rasa kenikmatannya. Cocok sekali dinikmati ketika cuaca sedang panas terik.
Lokasi: Jl. Andalas No. 154, Makassar
Jam Operasional: 08.00 – 22.00 WITA
Kisaran Harga: Rp 22.5000

  1. Pisang Epe
    Makanan yang satu ini berasal dari pisang kepok untuk bahan utamanya. Pisang yang digunakan adalah pisang kepok yang setengah matang dengan cara dibakar.

Disajikan dengan cairan gula merah, tentu rasa manis yang nikmat tidak diragukan lagi! Serta, adanya berbagai topping yang tersedia seperti coklat, durian, keju dan lainnya.
Lokasi: Di sepanjang Pantai Losari
Jam Operasional: 17.00 – 00.00 WITA
Kisaran Harga: Rp 10.000 – Rp 12.500,00

  1. Bassang Aneka Rasa
    Untuk kuliner khas makassar yang terakhir ini adalah sejenis bubur dengan jagung ketan. Dilansir dari tagar.id, kuliner ini berbahan dasar jagung pulut yang dimasak dengan menggunakan kuah santan, dinikmati dengan taburan gula pasir.

Tekstur yang kental dan rasanya yang manis yang menjadi primadona dari makanan ini. Dinikmati saat hangat akan membuat hidangan ini semakin lezat.
Lokasi: JL. Sabutung Baru 2, No. 28, Kota Makassar.
Jam Operasional: 06.00 – 20.00 WITA
Kisaran Harga: Rp 5.000

Sudah siap untuk memanjakan lidah dengan makanan di atas? Makanan yang gurih hingga manis, semuanya ada loh! Yuk ke makassar!!

Sumber:
https://www.gotravelly.com/blog/wisata-kuliner-makassar/
https://www.tagar.id/bassang-kuliner-khas-makassar-yang-sudah-langka
https://travelingyuk.com/rute-ke-pantai-klayar/278650/
https://www.tokopedia.com/blog/travel-wisata-kuliner-di-makassar/

Artikel ini ditulis oleh Nur Azizah, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, Prodi Ekonomi Syariah, pada program magang Genpinas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here