8 Minuman Pengganti Kopi Terbaik di Pagi Hari

Advertisement
foto gambar matcha - Minuman Pengganti Kopi terbaik - jason-leung-Z-hvocTfR_s-unsplash
Matcha bisa menjadi salah satu minuman terbaik pengganti kopi. Selain coklat, susu, dan teh. (Foto: Jason Leung-Z/Unsplash)

Banyak orang suka sekali minum kopi waktu pagi, siang, atau sore, bahkan malam. Sebagian memiliki alasan untuk bekerja dan ada juga yang karena kebiasaan. Namun, karena alasan tertentu, ingin mencari minuman pengganti kopi.

Ada banyak pilihan minuman pengganti kopi. Kamu bisa memiliihnya saat lambung sedang tidak bersahabat. Atau saat jantung sedang berdetak lebih kencang.

Kalau itu terjadi, ada baiknya kamu pertimbangkan beberapa minuman lain.

Baca juga:
* Suka yang Unik? Cobain Teh Beras Merah di Jatiluwih Bali

Daftar Minuman Pengganti Kopi Terbaik

Kamu bisa mencoba beberapa minuman di bawah ini. Bisa sesuaikan dengan selera.

1. Cokelat Panas

Baru mendengar namanya saja, bisa jadi kamu sudah tergiur ingin meminumnya. Selain kopi, coklat panas juga merupakan minuman favorit banyak orang.

Adakalanya kamu merasakan mood sedang down dan butuh energi. Minum coklat panas akan membantu membangkitkan kembali mood-mu.

Cokelat panas cocok diminum kapan saja. Bisa di pagi hari, di kantor, atau saat malam hari.

Coklat panas mengandung antioksidan dan bisa membantu ketersediaan oksigen dalam darah. Sehingga bisa kamu gunakan sebagai pengganti minuman kopi di pagi hari.

2. Golden Milk

Baru kali ini mendengar nama minuman ini? Ya, karena minuman ini memang berasal dari India. Bahan utamanya sama, yaitu susu. Namun ada tambahan campuran kunyit yang membuatnya menjadi bewarna keemasan.

Golden milk atau susu kunyit bisa menjadi alternatif minuman pengganti kopi. Bisa membantu menambah energi dan tidak mengandung kafein sama sekali.

Bahkan bisa mebmbantumu terhindar dari radikal bebas dan tidak mudah sakit.

Cara membuatnya sangat mudah. Kamu tinggal mencampurkan susu dengan kunyit, jahe, kayu manis, dan lada hitam.

3. Teh Hijau

Kamu bisa mendapatkan produk teh hijau di banyak tempat. Bisa menjadi pilihan minuman penambah mood di pagi hari, di kantor. Maupun di pagi hari sebelum bepergian rekreasi.

Bisa menjadi booster energi, teh hijau memiliki kadar kafein yang lebih rendah dari kopi. Mengandung L-theanine yang bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

Teh hijau bisa membuat kita fokus pada pekerjaan dan juga efek menenangkan pada tubuh.

4. Teh Ginseng

Selain teh hijau, teh ginseng juga bisa menjadi pilihan minuman pengganti kopi terbaik.

Kamu sudah mengenal akar ginseng terkenal sebagai obat tradisional di Korea sejak ratusan tahun lalu.

Memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Bisa membantu menghadapi rasa lelah dan stres. Serta bisa membantu meningkatkan imunitas tubuh.

Rasanya memang sedikit pahit. Namun kamu akan merasa kesegaran setelah meminumnya di pagi hari.

5. Teh Jahe

Selain teh hijau dan teh ginseng, kamu bisa mencoba alternatif minuman teh jahe. Teh jahe bisa memberikan efek hangat pada tubuh.

Selain itu memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya untuk pencernaan.

6. Teh Rooibos

Masih berupa teh, kamu bisa mencoba minuman teh rooibos yang rendah tanin dan mengandung antioksidan.

Dalam sebuah penilitian terbatas, diungkapkan bahwa rooibos membantu melindungi tubuh dari risiko kanker dan penyakit jantung.

7. Smoothies

Minuman pengganti kopi terbaik selanjutnya adalah smoothies. Bagi yang tidak suka teh, smoothies bisa menjadi minuman pembuka hari.

Smoothies adalah minuman berbahan susu dan buah. Selain bisa untuk menambah energi, juga memiliki manfaat kesehatan.

Kamu bisa membuat campuran smoothies dari buah dan sayuran untuk mendetoks tubuh. Bisa juga menambahkan campuran yoghurt untuk membuat perutmu merasa kenyang.

8. Matcha

Generasi milenial sangat mengenal minuman ini. Dan mudah dicari serta dibuat. Matcha berbeda dari teh hijau, walaupun sama berasal dari tumbuhan Camellia Ssinensis.

Matcha berbentuk bubuk halus dari teh hijau dengan rasa yang lebih creamy.

Matach memiliki kandungan konsentrasi molekul dari teh hijau. Kaya serat dan antioksidan. Sehingga bisa menjadi minuman pengganti kopi.

2 kandungan tersebut memiliki manfaat membantu menurunkan tekanan darah, mencegah penyakit jantung, dan membantu melawan kanker.

Baca juga:
* Selain Bir Pletok, Betawi punya Minuman Tradisional Aer Manis

Demikian beberapa alternatif pilihan minuman pengganti kopi terbaik di pagi, siang, atau sore hari. Kamu suka yang mana?

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here