Menyusuri Hamparan Pasir Putih Nan Eksotis di Pantai Trikora

Genpi.id – Pulau Bintan memiliki beragam wisata bahari yang menawarkan pemandangan pantai yang eksotis. Pantai Trikora merupakan salah satu wisata bahari yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Bintan. Pantai yang terletak di sebelah timur Pulau Bintan ini memiliki hamparan pasir putih yang dapat memanjakan mata. Pantai Trikora berlokasi di Desa Malang Rapat, Kecamatan Gunung Kijang, Bintan, Kepulauan Riau.

Pantai Trikora merupakan pantai terpanjang di Bintan yang memiliki panjang sekitar 25 kilometer. Oleh karena itu, pantai ini terbagi menjadi empat bagian yaitu Trikora 1, Trikora 2, Trikora 3, dan Trikora 4. Pantai Trikora memiliki hamparan pasir yang luas dan landai, sehingga wisatawan dapat melakukan aktivitas jogging, berjemur dan bermain bola di sekitar pesisir pantai. Wisatawan juga dapat bersantai dan piknik di bawah pohon palem yang berjajar di pinggir pantai. Hamparan batu granit raksasa dapat ditemukan di Trikora 3. Pemandangan batu granit menambah keindahan Pantai Trikora dan cocok untuk dijadikan spot foto.

Warna air yang bening membuat pemandangan bawah laut dapat terlihat jelas tanpa perlu menceburkan diri ke air. Wisatawan dapat melakukan aktivitas berenang sambil merasakan segarnya air laut yang dapat menyegarkan pikiran. Pantai Trikora 1 dan Trikora 2 menawarkan aktivitas memancing di tepi pantai sambil menikmati semilir angin pantai. Selain itu, wisatawan dapat menyicipi makanan laut khas Bintan yang mudah ditemukan di sepanjang pantai.

Akses Pantai Trikora dapat ditempuh dengan jarak 45 km dari pusat kota Tanjungpinang dalam waktu satu jam. Pantai Trikora menyediakan berbagai penginapan dengan pemandangan laut. Penginapan banyak ditemukan di Trikora 3 dan Trikora 4 dengan harga yang beragam. Wisatawan dapat menikmati pagi sambil melihat pemandangan laut dengan diiringi suara deburan ombak.
Di ujung laut Pantai Trikora, terdapat perkampungan nelayan yang dapat dikunjungi oleh wisatawan.

Perkampungan nelayan ini menjual berbagai ikan hasil tangkapan laut yang segar. Pantai Trikora masih menjadi destinasi favorit para wisatawan lokal hingga mancanegara yang mengunjungi Bintan. Jika ingin mengunjungi pantai ini jangan lupa gunakan pakaian berwarna cerah dan membawa kacamata hitam ya!

Artikel ini ditulis oleh Farah Nabila, Universitas Al Azhar, Jurusan Broadcasting and New Media, pada Program Magang Genpinas tahun 2020.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here