Menparekraf Sandiaga Pesan 120 Kain Tenun Gringsing Khas Tenganan Bali

"Saya berinisiatif memesan 120 Kain Tenun Gringsing yang nantinya akan dihadiahkan kepada para pemimpin dunia yang akan hadir pada perhelatan G20 di Bali tahun depan." Sandiaga Uno.

Advertisement
Menparekraf Sandiaga Uno Memesan 120 lkain tenun Gringsing
Menparekraf Sandiaga Uno saat berbincang-bincang dengan Bu Susi, salah satu pengrajin Kain Tenung Gringsing di Desa Tenganan, Bali. (Foto: IG @sandiuno)

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memesan 120 helain Kain Tenun Gringsing. Hal tersebut diungkapkannya dalam unggahan di akun Instagram @sandiuno.

Rencananya ke-120 kain tersebut akan menjadi souvenir bagi para pemimpin dunia yang akan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada 2022.

Hal tersebut terjadi saat Sandiaga mengunjungi Desa Tenganan Pegringsingan, Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali, pada Jumat (24/09/2021) lalu.

Baca juga:
* Eksotisme Perang Pandan di Desa Tenganan Bali

Desa Tenganan menjadi salah satu desa yang masuk dalam 50 Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021. Salah satu desa tradisional tertua di Bali dan menjadi destinasi favorit banyak wisatawan.

Dalam kunjungan tersebut Menteri Sandiaga bertemu dan berbincang-bincang dengan salah satu pengrajin kain tenun Gringsring, Bu Susi.

“Saya bertemu Ibu Susi, yang bercerita selama pandemi ini sulit sekali mendapat pembeli karena tidak adanya wisatawan yang berkunjung.” Kata Sandiaga dalam unggahannya tersebut.

“Melihat kondisi tersebut, saya berinisiatif memesan 120 Kain Tenun Gringsing yang nantinya akan dihadiahkan kepada para pemimpin dunia yang akan hadir pada perhelatan G20 di Bali tahun depan.” Imbuhnya.

Dengan memesan 120 lembar kain, menurut Sandiaga, akan memberdayakan dan membuka lapangan pekerjaan bagi 400 orang perajin di Desa Tenganan.

Karena untuk membuat 1 lembar Kain Tenun Gringsring membutuhkan tenaga 4-5 orang.

“Saya pesan ya bu. Mudah-mudahan jadi penyemangat.” Ujar Menteri Sandiaga kepada bu Susi.

Baca juga:
* Pesona Bawah Laut Pantai Tulamben di Karangasem Bali

Saat ditanya apa warna 120 kain tenun yang dipesannya, Sandiaga menjawab bebas saja.

“Warnanya ikut saja sama bu Susi. Bebas. Pokoknya yang khas.” Sandiaga menutup perbincangan.

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here