Menilik Keunikan Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin

Bagi sobat yang suka berpergian lewat jalur udara, pasti sudah menjadi hal yang biasa dengan hiruk-pikuk bandar udara. Di Indonesia sendiri terdapat banyak bandar udara yang memiliki keunikan di setiap masing-masing bandara. Salah satu dari sekian bandara yang unik di Indonesia adalah Bandara Internasional Sultan Hasanuddin.

Sobat, sebelum namanya menjadi Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, bandara ini sempat mengalami pergantian nama sebanyak empat kali, lho! Dan perlu diketahui, bandara ini dibangun pada masa Pemerintahan Belanda tahun 1935, namanya Lapangan Terbang Kadieng. Saat Jepang mengambil kuasa di Indonesia pada tahun 1942, nama bandara diganti menjadi Lapangan Terbang Mandai. Tak hanya sampai di sini, pergantian nama juga dilakukan pada saat Pemerintahan Indonesia mengambil alih pada tahun 1950. Hingga pada tahun 2008, bandara berganti nama menjadi Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin.

Berada di Maksasar, bandar udara Internasional Sultan Hasanuddin merupakan bandara terbesar di bagian Indonesia Timur. Memiliki luas 381 hektare, bandara Sultan Hasanuddin menyediakan fasilitas yang lengkap seperti bandara pada umumnya mulai dari VIP longue, mushola, sampai kereta bayi pun ada. Bandara megah yang satu ini memiliki desain yang unik mirip dengan kapal pinisi, kapal tradisional Sulawesi Selatan.

Ketika memasuki bandara, para pelancong akan disambut dengan adanya miniatur kapal pinisi di sana. Tak hanya itu, bandara ini memiliki keunikan desain pada ruang tunggu, terdapat taman kecil yang instagrameble, lho! Selain itu terdapat toilet yang didesain 3D untuk memberikan kenyamanan pengunjung, ketika memasuki toilet, pengunjung akan merasa seperti di tempat wisata. Nah, pas banget tuh bagi sobat yang gemar melakukan sesi foto di toilet, hehe. Oh ya bandara ini juga pernah menyabet penghargaan bandara dengan toilet terbersih di tahun 2012, lho!

Saat ini Bandara Internasional Sultan Hasanuddin sedang melakukan perluasan hingga mencapai tiga kali lipat dari sekitar 50.000 m² menjadi 150.000 m² dan kabarnya bentuk bandara ini menyerupai kupu-kupu. Pembangunan pun diperkirakan akan rampung pada tahun 2021 mendatang. Bisa dibayangkan kalau sudah jadi, betapa megahnya bandara satu ini! Dengan demikian, hal tersebut membuat bandara yang ada di Makassar ini di gadang- gadang akan menjadi Bandara terbesar ke dua di Indonesia, lho Sobat. Kerenn bukan?!

Artikel ini ditulis oleh Zolanda Syafa’ati Arizas, Universitas Pancasila jurusan Ilmu Komunikasi, pada program magang Genpinas 2020

Sumber: http://dephub.go.id/post/read/jadi-penghubung-indonesia-timur,-bandara-sultan-hasanuddin-makassar-diperluas
https://travel.detik.com/travel-news/d-4424605/tahu-nggak-bandara-sultan-hasanuddin-pernah-ganti-nama-empat-kali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here