12 Tempat Wisata di Pulau Morotai, Indahnya Kebangetan!

Advertisement
wisata Beauty Underwater Morotai by  Agustiar Hamdani @morotaitourism
Wisata Underwater Morotai yang begitu menawan. (Foto: Agustiar Hamdani via @morotaitourism)

Wisata Pulau Morotai – Kabupaten Maluku Utara memiliki banyak pulau besar dan kecil yang indah. Pulau Morotai adalah salah satunya, yang sekaligus menjadi kabupaten definitif baru. Diresmikan pada 29 Oktober 2008 oleh Menteri Dalam Negeri.

Ada banyak tempat wisata di Pulau Morotai yang bisa kamu kunjungi. Ada yang berupa wisata pantai, pulau, mata air, air terjum, museum, dan lainnya.

Di sekeliling Pulau Morotai terdapat 33 pulau kecil. Sebagian besar tidak berpenghuni. Hanya 7 pulau saja yang didiami warga. Antara lain pulau Golo-golo, pulau Rao, pulau Kolorai, pulau Saminyamau, dan pulau Ngele-ngele.

Baca juga:
* 5 Alasan Berkunjung ke Pulau Tidore di Maluku Utara

Video Wisata Pulau Morotai

Sebelum membaca lebih lanjut, bisa lihat video berikut ini terlebih dahulu 🙂

Lokasi Pulau Morotai

Pulau Morotai berada di Utara Pulau Halmahera. Menjadi salah satu pulau paling Utara di Indonesia.

Berbatasan dengan Samudera Pasifik, Laut Halmahera, dan Selat Morotai.

Ibukota Kabupaten Morotai adalah Daruba, yang berada di ujung Selatan Pulau Morotai.

Kabupaten ini memiliki luas 2.337,15 kilometer persegi (902,38 mil persegi). Memiliki 6 kecamatan dan 88 desa.

Berada di zona Waktu Indonesia Timur (WIT) atau UTC +09:00. Atau 2 jam lebih awal dibanding waktu di Jakarta.

Peta Kabupaten Morotai

Sejarah Pulau Morotai

Pulau ini menjadi bagian dari sejarah Perang Dunia II (PD II). Sempat menjadi landasan pesawat JePang selama PD II. Yang kemudian berhasil direbut oleh militer Amerika Serikat pada September 1944.

Kemudian menjadi landasan serangan tentara sekutu ke Filipina di awal tahun 1945. Juga menjadi landasan serang ke Borneo Timur di bulan Mei dan Juni 1945.

Dan sempat menjadi basis serangan ke Pulau Jawa pada Oktber 1945 yang ditunda. Karena peristiwa penyerahan diri Jepang di bulan Agustus.

Jauh sebelumnya di abad ke-15 dan 16, Kesultanan Ternate yang berkuasa menguasai Morotai. Menjadi inti kawasan besar Moro. Termasuk pulau-pulau dan pesisir pantai Halmahera yang dekat dengan Morotai bagian selatan.

Tempat Wisata di Pulau Morotai

Kabupaten Morotai memiliki semboyan Podiki De Porigaho. Mengandung makna ‘saling mendukung dan bersama-sama untuk mewujudkan cita-cita hidup yang kuat’.

Lalu apa saja destinasi dan daya tarik wisata pulau ini? Yuk simak terus sampai selesai.

Berikut ini tempat wisata yang bisa kamu kunjungi saat liburan di Morotai.

Tanjung Dahegila

foto gambar tanjung dahegila - @sanjayaprasasty
Rerumputan ilalang di Tanjung Dahegila. (Foto IG @sanjayaprasasty)

Terdapat banyak pantai di kawasan ini, baik yang menghadap ke Timur maupun ke Barat. Namun spot yang paling diminati di sini adalah padang rumputnya.

Pemandangan padang rumput yang terletak di bukit dengan latar belakang pemandangan laut akan sangat memanjakan mata wisatawan.

Terlebih lagi jika kalian datang di saat matahari terbit maupun terbenam. Suasana eksotisnya akan menambah daftar kenanganmu saat sudah kembali ke rumah.

Pantai Nunuhu

foto gambar tempat wisata di pulau morotai - Pantai Nunuhu - @sarinita12
Pantai Nunuhu yang indah menawan. (Foto: IG @sarinita12)

Berada di pesisir Timur Pulau Morotai, Pantai Nunuhu persis menghadap ke arah matahari terbit. Jadi, sangat cocok bagi kamu yang ingin berburu suasana sunset tepi pantai.

Pantai ini membentang dari Selatan ke Utara sepanjang sekitar 500an meter. Namun spot yang paling ramai adalah sisi pantai dekat pulau yang sangat rapat ke daratan Pulau Morotai.

Pasirnya lembut dan indah membentang. Dengan laut bewarna biru muda yang tenang di sekitaran. Karena ombak di sini pecah agak jauh di tengah.

Saat surut akan terlihat bebatuan karang yang muncul di permukaan.

Sebaiknya jika ingin ke sini, membawa bekal dan keperluan pribadi sendiri ya! Karena di sini sangat sepi!

Cocok sekali kan untuk kalian yang pergi berlibur dengan tujuan untuk menjauhi keramaian di kota besar.

Pantai Gorango / Tanjung Gorango

foto gambar tempat wisata di pulau morotai - Pantai Gorango - @fagi_lumbessy
Pantai Gorango di Teluk Gorango / Tanjung Gorango. (Foto: IG @fagi_lumbessy)

Pantai ini berada di Tanjung Gorango dan persisnya berada di dalam Teluk Gorango. Berjarak sekitar 97 kilometer dari ibukota kabupaten Morotai, Daruba. Kamu bisa menyusuri pesisir Timur Pulau Morotai.

Pantai yang berbentuk melengkung dan menghadap utara ini memiliki garis pantai sekitar 830an meter. Pasir lembutnya membentang dari Barat ke Timur. DItambah keindahan warna gradasi laut yang memukau.

Ombak di pantai ini sedikit lebih besar dibanding pantai dengan laut yang tenang. Termasuk cukup besar bagi anak-anak balita. Jadi kamu harus hati-hati kalau mau berenang di sini.

Museum Perang Dunia II dan Trikora

Museum Perang Dunia II dan Museum Trikora - Faisal Sir
(Foto: Faisal Sir)

Kedua museum ini terletak di lokasi yang sama. Perbedaan dari kedua museum ini nampak jelas dari namanya ya? Kalau Museum Trikora berisi peninggalan sejarah dari perjuangan Tentara Indonesia dalam upaya pembebasan Irian Barat dan kalau Museum Perang Dunia II berisi tentang perang antara sekutu Amerika Serikat dan Jepang.

Museum ini dibangun pada tahun 2012 di masa pemerintahan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono. Lokasinya sangat dekat dari pusat kota Daruba, hanya butuh sekitar 10 menit untuk tib di sini.

Pemilihan lokasi museum bukan tanpa alasan. Menurut berbagai sumber, lokasi ini dulu sempat menjadi lokasi pendaratan armada perang tentara sekutu.

Koleksi museum antara lain; perlengkapan perang pasukan sekutu dan Jepang, foto-foto, serta replika berbagai kendaraan tempur.

Pulau Dodola

foto gambar Wisata Pulau Dodola - @paramiswari.jpg
(Foto: IG @paramiswari)

Pulau Dodola adalah salah satu pulau di Morotai yang tak berpenghuni. Ada pulau Dodola Besar dan pulau Dodola Kecil.

Lokasinya berjarak sekitar 7 mil laut arah Barat Laut Kota Daruba.

Salah satu daya tarik pulau ini adalah adanya pasir timbul yang menyambung ke pulau Dodola Kecil saat laut surut.

Kamu bisa menyusuri bentangan fenomena pasir putih sepanjang sekitar 350an meter. Dan tentu saja bsia foto sepuasnya di sini. Dan asyiknya, kamu bisa mandi dan berenang di sekitar pasir timbul. Karena lautnya sangat tenang di sini.

Ditemani guide lokal, kamu bisa menjelajahi berbagai spot snorkeling yang menawan di sekitar pulau.

Pulau Kolorai

foto gambar tempat wisata di pulau morotai - Pulau Kolorai - @di.mustikasari
Pulau Kolorai dilihat dari arah Utara. (Foto: IG @di.mustikasari)

Sekitar 1,5 mil laut arah Tenggara Pulau Dodola Kecil ada pulau kecil berpenghuni, yaitu Pulau Kolorai.

Pulau Kolorai ini berjarak sekitar 4,8 mil laut arah Barat Kota Daruba.

Pulau ini memiliki pasir pantai yang sangat lembut. Pantai berpasir membentang mengelilingi pulau. Namun bagian pantai berpasir yang luas ada di bagian Selatan.

Laut di sekitarnya sangat tenang dan banyak terumbu karang yang indah. Di sekitar dermaga pulau saja lautnya masih jernih dan bersih. Apalagi di bagian lain pulau.

Ada beberapa kepala keluarga yang menetap di pulau ini. Mata pencaharian mereka adalah mencari ikan sebagai nelayan. Saat berkunjung kemari kamu bisa melihat ikan hasil tangkapan yang masih segar.

Pulau Kokoya

foto gambar tempat wisata di pulau morotai - Pulau Kokoya - @junikasmnjntk
View Pulau Kokoya yang begitu memesona. (Foto: IG @junikasmnjntk)

Ke arah Selatan Pulau Kolorai kamu akan menjumpai pulau kecil lain yang sangat indah. Pulau tidak berpenghuni ini memiliki pantai berpasir putih dan sebagian pantai berkarang.

Saat tiba dan merapat di dermaganya saja kamu akan sudah dibuat terpesona. Melihat air laut yang begitu jernih dan terumbu karang yang terlihat dari atas.

Pulau ini menjadi salah satu spot snorkeling dan diving favorit pecinta wisata bahari.

Baca juga:
* Pesona Pantai Fatkauyon di Kepulauan Sula, Maluku Utara

Pulau Mitita

foto gambar tempat wisata di pulau morotai - Pulau Mitita - @merrykartika
View underwater Pulau Mitita. (Foto: IG @merrykartika)

Berjarak sekitar 1,5 mil laut arah Barat Daya Tanjung Dehegila, ada pulau kecil indah menawan. Dikelilingi oleh pantai berpasir putih dan laut dengan gradasi warna biru yang memesona.

Laut di sini cukup tenang, sangat cocok untuk kegiatan wisata bahari snorkeling. Laut di sekitar termasuk dangkal dengan air yang sangat jernih. Masyarakat sekitar menyewakan lat snorkeling di sini.. Harga sewanya murah terjangkau.

Pulau ini juga dikelan sebagai rumah bagi ikan hiu di laut dalam. Sehingga sering menjadi atraksi tersendiri bagi para penyelam. Selain berbagai spot diving yang ada di sekitarnya.

Termasuk bebagai spot diving dengan daya tarik berupa berbagai peralatan perang peninggalan Perang Dunia II.

Pulau Tabailenge

foto gambar tempat wisata di pulau morotai - Pulau Tabailenge - @2605wh_anakpantai
(Foto: IG @2605wh_anakpantai)

Sedangkan di pesisir timur Morotai, kamu bisa bertandang ke pulau yang juga memiliki keindahan luar biasa. Pesona atas pulau dan bawah lautnya jangan ditanya lagi. Tidak meragukan!

Perpaduan antara hijaunya pepohonan, putihnya pasir dan birunya air laut. Membuat gradasi alami yang tak ternilai keindahannya.

Salah satu tempat wisata di Pulau Morotai ini bisa ditempuh melalui Desa Bere Bere. Dari Desa Bere Bere bisa menyewa perahu warga. Lama penyeberangan hanya sekitar 15 menit.

Air Terjun Raja

foto gambar Air Terjun Raja Morotai- @mutiahassri
(Foto: IG @mutiahassri)

Kebanyakan kita hanya mengetahui Pulau Morotai adalah surganya wisata bahari. Namun ternyata ada keindahan lain yang tersembunyi di pulau ini berupa wisata alam air terjun.

Saat berlibur kemari, usahakan untuk mengunjungi Air Terjun Raja di Desa Raja, Kecamatan Morotai Selatan Barat. Butuh waktu sekitar 1 jam menempuh jarak sekitar 40 kilometer kemari dari Daruba.

Air Terjun Raja begitu indah dan unik karena memiliki 7 tingkatan air terjun. Air terjun setinggi sekitar 50 meter ini memiliki debit air yang kecil dibanding arter lain. Airnya mengalir melewati undakan-undakan.

Kamu bisa berendam di kolam alami di undakan air terjun. Akan terasa menyenangkan berada di lokasi yang tenang dan masih asri.

Air Terjun Bobo

Air Terjun Bobo - @dewi_tobadagi
(Foto: IG @dewi_tobadagi)

Air Terjun Bobo juga berada di Desa Raja. Air terjun ini tidak kalah indahnya dengan air terjun lain di Indonesia.

Airnya mengalir melewati beberapa undakan dan kolam alami. Bagi yang suka fotografi lanskap atau suka difoto, air terjun ini menjadi lokasi spot foto yang ideal.

Air Terjun Nakamura

foto gambar Air Terjun Nakamura - @chandra_dewy89
Air Terjun Nakamura. (Foto: IG @chandra_dewy89)

Air terjun ini berada tidak jauh dari ibukota kabupaten. Hanya berjarak sekitar 15-20an kilometer arah Utara Kota Daruba.

Air terjun ini berada di Desa Nakamura, Kecamatan Morotai Selatan. Dinamakan demikian karena di tahun 1974 warga menemukan sisa pasukan Jepang yang tertinggal dan bersembunyi selama 29 tahun di situ.

Di desa ini kamu juga bisa melihat Patung Nakamura.

Air Kaca

obyek wisata air kaca morotai - Michal-Veselsky
(Foto: Michal Veselsky)

Obyek wisata Air Kaca adalah sebuah mata air di bawah sebuah pohon beringin yang rindang. Berada tidak jauh dari Bandara Pitu yang dulunya sempat menjadi pangkalan udara AS di masa Perang Dunia II.

Sehingga tidak mengherankan mata air ini sempat pula menjadi lokasi favorit Jenderal Douglas MacArthur. Panglima tertinggi pasukan AS wilayah Asia Pasifik Barat ini sering mandi dan berendam di sini.

Menurut cerita warga sekitar. mata air alami ini pertama kali ditemukan oleh warga asli Pulau Morotai dari suku Moro. Menjadi tempat semedi dan ritual tertentu.

Tentara Jepang juga memanfaatkan sumber air untuk kebutuhan minum. Karena airnya tawar dan bersih dan tidak pernah kering.

Saat pasukan Amerika Serikat menguasi pulau tahun 1944, tentara Jepang bersembunyi ke hutan-hutan. Akhirnya tentara Amerika menemukan tempat ini. Hingga menjadi salah satu tempat favorit Jenderal MacArthur.

Cara Menuju Pulau Morotai

Ada 2 (dua) pilihan transportasi untuk bisa sampai di Pulau Morotai.

Dengan Pesawat

Cara paling praktis menuju Pulau Morotai adalah dengan moda transportasi pesawat udara. Tersedia penerbangan dari Bandar Udara Sultan Babullah Ternate (TTE) menuju Bandar Udara Pitu di Morotai (OTI).

Penerbangan tersedia di hari Senin, Rabu, Jumat, Sabtu, dan Minggu. Dari Ternate berangkat dijadwalkan pukul 10:40 WIT. Penerbangan selama sekitar 45 menit, dijadwalkan mendarat di Morotai pukul 11:25 WIT.

Penerbangan Wings Air ini menggunakan pesawat jenis ATR-72.

Harga tiket dari Jakarta dimulai dari Rp 1.934.200 (Traveloka). Sedangkan harga tiket dari Morotai sekitar Rp 468.900 (Traveloka).

Kamu tinggal atur jadwal keberangkatan dari kota asal menuju Morotai. Via Online Travel Agent (OTA), akan muncul berbagai pilihan jadwal penerbangan.

Dengan Kapal Laut

Pintu masuk dari luar Provinsi Maluku Utara, tetap melalui Ternate. Bisa melalui bandar udara atau pelabuhan laut.

Dari Ternate kamu bisa menempuh jalur darat menuju Tobelo. Dari Ternate menyebrang terlebih dahulu menuju Sofifi dengan speedboat. Harga tiket speedboat sekitar Rp. 50.000.

Dari Sofifi ke Tobelo kamu harus melanjutkan perjalanan darat dengan taksi selama 5 jam. Biaya taksi sekitar Rp. 90.000/orang.

Di Tobelo kamu akan melanjutkan dengan perjalan laut, dari Pelabuhan Tobelo menuju Pelabuhan Ms Lastori, di Kota Daruba, Morotai.

Biaya tiket kapal cukup murah, hanya Rp 15.000/orang. Kamu harus memastikan jadwal keberangkatan kapal feri yang hanya ada seminggu sekali.

Selain kapal ferry, ada alternatif lain yaitu dengan speedboat berkapasitas 30 orang. Biaya tiket penyeberangnnya Rp 50.000.

Atau yang terakhir dengan speed ojek berkapasitas 10 orang. Waktu tempuh speed ojek lebih cepat. Harga tiketnya lebih mahal, yaitu Rp 100.000.

Tips Keliling Wisata Pulau Morotai Saat Liburan

Morotai Tourism - Pulau Dodola - Rista Labage
Salah satu kegiatan wisata yang bisa dilakukan di Pulau Dodola adalah snorkeling. (Foto: Rista Labage)

Destinasi wisata Pulau Morotai kebanyakan adalah berupa wisata bahari. Pulau ini terlihat kecil di peta, namun untuk bisa mengelilinginya tetap memerlukan waktu yang lumayan juga.

Apalagi kalau kamu niatnya ingin bersantai menikmati alam yang asri dan tenang. Kamu harus menentukan pilihan destinasi utama yang akan kamu kunjungi.

Karena tidak semuanya akan bisa kamu kunjungi kalau kamu terbatas oleh waktu liburan.

Untuk berkeliling pulau bisa menggunakan mobil sewa, atau ‘oto penumpang’ dalam bahasa lokal. Sewa mobil sekitar Rp. 500.000 perhari.

Kalau budget liburan lebih leluasa, kamu bisa sewa speedboat dengan biaya Rp 1.500.000.

Atau gunakan perahu ketinting warga dengan harga sewa lebih murah untuk bisa sampai ke beberapa pulau di sekitar.

Kalau menggunakan layanan travel agent tentu akan mengeluarkan biaya lebih banyak. Namun kamu akan mendapat banyak kemudahan saat berlibur di Morotai.

Recommended Banget!

Demikian daftar destinasi yang bisa menjadi pilihan untuk kamu kunjungi di salah satu pulau paling Utara Indonesia.

Ada banyak tempat yang bisa dikunjungi. Mulai dari wisata alam berupa pulau, pantai, air terjun, dan museum. Bisa sesuaikan waktu dan budget untuk bisa ke berbagai tempat tersebut.

Kamu bisa ajak keluarga atau berdua pasangan saja. Bisa juga beramai-ramai dengan kawan sesama hobi traveling.

Baca juga:
* Serunya Famtrip Blogger Vlogger Asia Tenggara di Morotai

Ada rencana traveling ke berbagai tempat wisata di Pulau Morotai di Maluku Utara ini?

(Artikel ini ditulis oleh Febry Dwi Rismayanti dari Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya Jakarta, Prodi Manajemen, dalam program magang GENPINAS)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here