MENIKMATI SURGA WISATA TERSEMBUNYI DI PULAU MOROTAI

Tangerang, 31 Agustus 2020 – Indonesia dikenal sebagai negeri kepulauan. Nah, di tahun 2017 telah ditetapkan bahwa ada sebanyak 17.504 pulau yang masuk ke wilayah kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia baik itu pulau besar maupun pulau kecil. Pulau Morotai yang merupakan salah satu pulau terluar dari wilayah Indonesia, ternyata dikelilingi pulau pulau kecil sebanyak 33 pulau. Seolah olah Pulau Morotai adalah matahari dan pulau pulau kecilnya adalah planet yang mengelilingi matahari. Namun antara Pulau Morotai dan Pulau Pulau Kecil lainnya bisa dikatakan sebagai satu kesatuan.

Pulau Morotai memiliki banyak keunikan seperti salah satunya adalah keragaman biota lautnya yang menjadi daya tarik dari pulau ini. Dilansir dari jababekamorotai.com pada tahun 2014 melalui Peraturan Pemerintah No. 50 tahun 2014 ditetapkan bahwa Pulau Morotai menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata. Hingga pada 2016, pulau ini ditetapkan sebagai “Bali Baru” yang artinya pulau ini akan diorganisir sedemikian rupa khususnya dari segi fasilitas sehingga bisa menarik dan memanjakan wisatawan.

Kali ini kita akan membahas mengenai beberapa destinasi yang jarang orang ketahui di Pulau Morotai dan sekitarnya. Namun hingga saat ini tetap memikiki eksotisme yang dengan mudah, siap kalian nikmati. Apa saja ya?

  1. Tanjung Gorango
    Destinasi ini sudah memiliki sistem operasional atau bisa dibilang sudah ada pengelolanya. Jadi beberapa hal seperti kebersihan sudah ditangani dengan baik disini. Sehingga akan sangat nyaman bagi para wisatawan yang berkunjung ke sini. Namun perlu diketahui bahwa ombak disini bisa dibilang cukup garang ya! Jadi harus berhati hati!
  2. Tanjung Dahegila
    Terdapat banyak pantai di kawasan ini baik itu yang menghadap ke Timur maupun ke Barat. Namun spot yang paling diminati dari kawasan ini adalah padang rumputnya. Dimana pemandangan padang rumput yang terletak di bukit dan bersatu dengan pemandangan laut akan sangat memanjakan wisatawan. Terlebih lagi jika kalian datang di saat matahari terbit maupun terbenam. Wah eksotismenya tidak akan tertandingi oleh manapun sepertinya!
  1. Pantai Nunuhu
    Pantai Nunuhu memiliki nuansa yang sangat ramah bagi kalian yang menginginkan suasana tenang dan damai. Pasir pantai yang putih dan deburan ombak di sinipun sangat tenang. Ukuran ombaknya pun tidak besar. Sebaiknya jika ingin ke sini, membawa bekal dan keperluan pribadi sendiri ya! Karena disini sangat sepi! Cocok sekali kan untuk kalian yang pergi berlibur dengan tujuan untuk menjauhi keramaian di kota besar.
  2. Museum Trikora dan Museum Perang Dunia II
    Kedua museum ini terletak di lokasi yang sama. Perbedaan dari kedua museum ini nampak jelas dari namanya ya? Kalau Museum Trikora berisi peninggalan sejarah dari perjuangan Tentara Indonesia dalam upaya pembebasan Irian Barat dan kalau Museum Perang Dunia II berisi tentang perang antara sekutu Amerika Serikat dan Jepang.
  3. Pulau Kolorai
    Nah salah satu pulau yang mengelilingi Pulau Morotai adalah pulau ini. Pulau ini memiliki pasir pantai yang sangat lembut. Sebagian besar masyarakat yang berprofesi sebagai Nelayan Pulau Morotai tinggal di area Pulau Kolorai ini. Sehingga disini kalian akan menjumpai banyak rumah tinggal bahkan tidak sedikit dari warga pulau ini yang menjual hasil tangkapan mereka. Dijamin masih segar!
    Jika dilihat dari atas, pulau ini memiliki atap rumah yang berwarna warni. Apa mungkin karena namanya Kolorai yg artinya warna?
  1. Pulau Kokoya
    Pulau lain yang juga mengelilingi Pulau Morotai adalah Pulau Kokoya, air di pulau ini sangat jernih lho! Sehingga kalian bisa melihat indahnya terumbu karang beserta ikan ikan yang berenang dengan jelas. Tahukah kalian bahwa pulau ini tidak berpenghuni? Jadi kalian akan merasa berada di pulau pribadi. Wah seru ya!
  2. Pulau Tabailenge
    Pulau ini sangat kecil, sehingga bisa kita jelajahi hanya dalam waktu 20 menit. Tapi keindahannya, wah jangan ditanya lagi deh! Perpaduan antara hijaunya pepohonan, putihnya pasir dan birunya air. Membuat gradasi alami yang tak ternilai keindahannya.

Gimana? Tertarik? Yuk kita kunjungi destinasi destinasi eksotis di Maluku Utara ini yang tidak kalah indah dengan destinasi di tempat lain!

Artikel ini ditulis oleh Febry Dwi Rismayanti dari Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya Jakarta, Prodi Manajemen, dalam program magang GENPINAS

Sumber :
https://www.jababekamorotai.com/pulau-morotai/

https://www.google.com/amp/s/www.idntimes.com/travel/destination/amp/prila-arofani/tempat-wisata-di-pulau-morotai-maluku-utara

https://www.google.com/amp/s/www.gotravelly.com/blog/tempat-wisata-di-morotai/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here