Menikmati Keindahan Seni Mural di Kolong Flyover Rawapanjang Kota Bekasi

Foto : (posbekasi.com)

Sebagai warga Kota Bekasi yang sehari-harinya merantau di luar kota, belakangan ini saya baru tahu kalau Kota Bekasi punya spot foto baru yang cocok untuk berswafoto dan pastinya instagramable. Ini dia, karya seni mural kekinian yang dilukis pada tiang beton flyover Rawapanjang dengan mengusung dua tema menarik tentang kehidupan warga Kota Bekasi. Ciamik, ya?

Lukisan mural ini tercipta atas kolaborasi antara Pemkot Bekasi dengan komunitas seni “Spasih” yang fokus terhadap karya seni visual art dan penulis asal Bekasi, Zany Handrik yang berkontribusi pada kata-kata ikonik. Menurut salah satu pelukis mural, Arival beserta kawannya senang bisa dipercaya oleh Pemkot Bekasi untuk menggarap proyek mural tersebut. 

Sumber Foto : (Wartakotalive.com)

“Kami dipercaya didukung oleh Pemkot Bekasi, Wakil Wali Kota Bekasi untuk lakukan kegiatan mural di Flyover Rawapanjang,” ujarnya dilansir dari Wartakotalive.com, Minggu (9/8/2020).

Terdapat dua tema yang diusung dalam proyek mural tersebut, yaitu tentang keberagaman dan nuansa ruang angkasa. Tema keberagaman dipilih karena sangat mewakili latar belakang masyarakat Kota Bekasi yang hidup dengan beragam suku, agama, ras maupun budaya. Sementara itu, tema bernuansa ruang angkasa dengan frasa “Planet Bekasi” dipilih untuk menghadapi komentar miring netizen terhadap Kota bekasi yang identik dengan cuaca panas, macet dan jaraknya yang jauh dari jangkauan wilayah lain. Unik ya?

Tak perlu menunggu waktu lama, proses pengerjaan mural hanya membutuhkan waktu seminggu. Setelah flyover Rawapanjang diresmikan pada Januari lalu, Pemkot Bekasi dengan menggaet komunitas visual art Spasi dan penulis Zany Handrik mulai menggarap proyek karya seni ini sejak awal Agustus 2020 hingga rampung pada Minggu (9/8/2020). Penggarapan mural ini dikerjakan sebagai representasi kehidupan dan pembangunan Kota Bekasi yang terus berkembang.

 “Ya cara terbaik menyikapi opini tentang Bekasi selama ini dianggap planet ya membuktikannya, bahwa Bekasi terus berbenah dan terus bertumbuh menjadi kota yang berdaya saing.” kata Wakil Walikota Bekasi, Tri Adhianto dilansir dari RMco.id, Minggu (9/8/2020).

Foto : (posbekasi.com)

Lantas, dimanakah letak flyover bermural ini? Kamu bisa mencari lokasi mural tersebut pada aplikasi peta daring dengan mengetikkan flyover Rawapanjang. Jika sudah sampai, kamu bisa langsung menikmati keindahan karya seni ini dan mengabadikannya dalam jepretan foto lalu diunggah ke media sosial. Eits! Karena terletak di tengah jalan, usahakan untuk selalu jaga keselamatan dan tetap patuhi protokol kesehatan ya!

Ditulis oleh Lukman Hakim, Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Ahmad Dahlan, Program Internship Genpinas tahun 2020

Sumber:

https://wartakota.tribunnews.com/2020/08/09/lukisan-mural-bertema-keberagaman-di-flyover-rawa-panjang-memotivasi-masyarakat-hidup-berdampingan

https://rmco.id/baca-berita/nasional/43648/lewat-seni-mural-pemkot-bekasi-percantik-fly-over-rawapanjang-dengan-gambar-planet

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here