Home Budaya Raminten Cabaret Show, Pertunjukkan Cross-Gender di Yogyakarta

Raminten Cabaret Show, Pertunjukkan Cross-Gender di Yogyakarta

0
1874
Raminten Cabaret Show Yogyakarta - @ramintencabaret.jpg
Raminten Cabaret Show di Yogyakarta, salah satu alternatif atraksi wisata yang bisa kamu kunjungi. (Foto: IG @ramintencabaret)

Raminten Cabaret Show – Jogja dikenal sebagai kota istimewa, salah satu provinsi di Pulau Jawa ini kaya akan daya pikat. Kesan yang damai ketika mengunjunginya, menjadikan Yogyakarta sebagai salah satu tujuan alternatif pengunjung untuk merelaksasi pikiran.

Makanannya yang khas dengan harga yang murah meriah, pariwisata alam yang menyejukkan mata, spot foto yang menarik, orang-orang yang ramah, dan kebudayaan yang masih kental menjadi beberapa alasan pelancong untuk bertandang.

Baca juga:
* Ini Dia 4 Wisata Belanja di Yogyakarta

Salah satu jenis kebudayaan di Jogja adalah seni pertunjukan. Sobat Genpi yang pernah mengunjungi Jogja, pasti tak lagi asing dengan pertunjukan jalanan di Malioboro.

Nah, ada alternatif pertunjukan lain yang bisa Sobat Genpi tonton. Namanya adalah Raminten Cabaret Show. Bagi yang suka dengan seni pertunjukkan di atas panggung, pasti tahu apa itu kabaret.

Kabaret adalah seni pertunjukan yang berasal dari barat. Unsurnya terdiri dari musik, tarian, sandiwara dan hiburan komedi. Bisa membuat penonton tertawa saat melihat pertunjukan yang satu ini.

Kabaret artinya ruangan kecil. Pertunjukan ini memang awalnya hanya dipentaskan di kafe maupun restoran.

Seperti pengertiannya, Raminten Cabaret Show bisa Sobat Genpi tonton di Oyot Gedong Resto yang bertempat di Hamzah Batik lantai 3. Hamzah batik berlokasi di Jalan Margo Mulyo No. 9 Depan Pasar Beringharjo.

Seni pertunjukan semacam kabaret yang didalamnya terdapat unsur cross-gender bukan lagi hal baru di Indonesia. Di film Kucumbu Tubuh Indahku, hal tersebut dibahas dengan balutan kesenian Lengger Lanang.

Dalam seni, seorang laki-laki melakukan gerakan seperti perempuan (contohnya menari) dengan dandanan seperti perempuan ataupun sebaliknya, itu yang dinamakan cross-gender . Artinya dapat disimpulkan seseorang yang memainkan peranan gender lawan.

Begitu pula dengan pemain Raminten Cabaret Show. Pemainnya adalah laki-laki yang didandani seperti perempuan. Mereka membawakan drama musikal, tarian, dan lipsync lagu-lagu dangdut, pop Indo, maupun lagu luar negeri.

Tarian yang disuguhkan atau ekspresi yang mereka tunjukkan sangat menghibur penonton.

Hamzah sebagai pendiri dari bisnis Raminten, berkata bahwa Jogja membutuhkan hiburan di malam hari. Maka dari itu dibuatlah Raminten Cabaret Show pada tahun 2009. Mengingat karakteristik pengunjung kota Jogja yang sangat beragam, pertunjukan kabaret ini menjadi sebuah daya tarik karena keunikannya.

Jika Sobat Genpi penasaran dengan kabaret Raminten ini, kalian bisa menontonnya pada hari Jumat dan Sabtu mulai pukul 19.00-20.30 WIB di Hamzah Batik Malioboro lantai 3.

Bisa lihat terlebih dahulu akun instagram mereka yang penuh dengan warna @ramintencabaret.

Harga tiket langsungnya Rp 60.000 (festival) dan Rp 70.000 (VIP). Jika takut kehabisan tiket, kalian bisa melakukan reservasi terlebih dahulu 2 minggu sebelumnya. Harganya Rp 100.000 (festival) dan Rp 125.000 (VIP).

Bagi kalian yang melakukan reservasi terlebih dahulu, pastinya akan mendapat beberapa keuntungan. Nah, tunggu apa lagi?

Baca juga:
* Selayang Pandang Sentra Kerajinan Perak di Kotagede Yogyakarta

Tertarik ingin melihat “Raminten Cabaret Show” di Malioboro Yogyakarta?

Sumber Artikel: (Jurnal dengan judul “Persepsi Wisatawan Terhadap Night Life Attraction (Studi Kasus Pertunjukan Kabaret di Oyot Godong Resto”; Jurnal dengan judul “Fenomena Cross-Gender dalam Raminten 3 Cabaret Show, Mirota Batik, Yogyakarta”; merahputih.com; Instagram ramintencabaret).

Oleh Diah Ramadhanti Safitri, Prodi Administrasi Bisnis, Universitas Diponegoro pada Program Internship Genpinas 2020.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here