Mengenal Cerita Rakyat Indonesia Melalui Pertunjukan Teater

Pandemi Covid-19 tentu memberikan efek yang sangat besar bagi kehidupan masyarakat di berbagai bidang. Tidak terkecuali pada bidang seni pertunjukan. Akibat dari pandemi ini banyak seni pertunjukan yang terpaksa harus ditunda atau bahkan dibatalkan. Namun, saat ini kita tidak perlu khawatir karena Detail Initiative yang didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menghadirkan acara pertunjukan seni bertajuk Indonesian Folk Tales. Selain bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, acara ini juga bekerja sama dengan Teater Keliling sebagai pelaku teater yang sudah berkarya hampir 50 tahun lamanya di dunia teater Indonesia dan Visual Rangers sebagai multimedia.

Sesuai dengan judulnya, Indonesian Folk Tales akan mengangkat tema tentang cerita rakyat asli Indonesia yang memiliki nilai-nilai budaya yang kental. Selain itu, Indonesian Folk Tales juga akan menampilkan keindahan alam tempat cerita rakyat tersebut berasal. Pertunjukan seni ini akan dibawakan dengan cara yang berbeda, yaitu melalui sosial media dan dilakukan dengan siaran langsung melalui kanal youtube resmi Indonesian Folk Tales.

Sebagai pembukaan, Indonesian Folk Tales akan menampilkan cerita rakyat Putri Mandalika yang berasal dari Lombok. Putri Mandalika bercerita tentang seorang putri kerajaan berparas cantik dan memiliki hati yang lembut dan tidak egois. Cerita ini sarat akan nilai-nilai moral yang dapat diterapkan bagi kehidupan. Tujuan utama dari pertunjukan seni dengan mengangkat tema cerita rakyat adalah agar masyarakat lebih mengenal cerita rakyat dari berbagai daerah di Indonesia. Selain itu para penonton juga bisa menikmati keindahan alam pulau Lombok pada pertunjukan seni ini.

Kalau penasaran dengan pertunjukan seni ini, sobat genpi jangan lupa saksikan pertunjukan teater Putri Mandalika yang akan ditayangkan secara langsung melalui kanal youtube resmi Indonesian Folk Tales pada tanggal 29 Agustus 2020 pukul 16.00 WIB.

(Ditulis oleh Fitri Ramadhani, Sastra Indonesia, Universitas Negeri Jakarta. Program Internship Genpinas tahun 2020)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here