Mengagumi Surga Bawah Laut Pulau Mapur Bintan

Sumber : Genpi Bintan, Kep Riau.

Another Part of Bintan Island, begitu julukannya. Pulau Mapur Kabupaten Bintan dikenal dengan keindahan dunia bawah laut yang membentang sepanjang pesisir pulau. Sebuah tempat wisata bak surga yang kaya dengan beragam jenis biota laut.

Di pulau Mapur pengunjung dapat menikmati keelokan setiap pantai. Salah satu spot favorit destinasi wisata #DiIndonesiaAja di tempat ini yakni Bukit Larang. Pantai Bukit Larang muncul lantaran dinding-dinding batu yang besar dan tersusun rapi secara alami yang jadi latar lokasi. Fenomena tebing tersebut justru membuat tempat itu bernilai arsitektur khas dan mempunyai daya pikat tersendiri. Wisatawan kemudian menyebutnya sebagai Bukit Larang.

Saat air pasang, wisatawan dapat menyaksikan kedahsyatan buih yang bergulung menghantam karang. Selain itu berenang menjadi pilihan yang tepat bila air laut sedang tenang, karena wisatawan bisa menikmati sendiri keseruan kejernihan air laut tersebut.

Kegiatan yang wajib dilakukan saat berada di pulau Mapur adalah snorkling dan diving. Pulau mapur sangat kaya dengan spot-spot dive. Sambil menyelami taman laut, wisatawan bisa berkenalan dengan salah satu spesies laut yang beragam yaitu seperti kerang mutiara atau di sebut Kima, Teripang emas, dan banyak lagi spesies yang bisa ditemukan.

Sumber : Genpi Bintan, Kep Riau.

Spot menyelam lainnya yakni spot snorkeling di Taman Kima, spot snorkeling pantai belakang, dan spot snorkeling pantai songseng selain itu wisatawan disambut berbagai jenis biota laut seperti penyu, ikan badut dan beragam spesies lainnya juga akan menambah pengalaman tersendiri. Perlengkapan selam biasanya sudah tersedia dari paket wisata yang disewakan. Namun wisatawan disarankan untuk menggunakan alat selam milik pribadi, demi kebersihan dan kesehatan.

Beberapa wisatawan yang ditemui di lokasi mengaku terkagum-kagum mendapatkan pemandangan kekayaan laut tersebut, misalnya Wahyu Indrianto Ia menyebut terpesona melihat keindahan bawah laut”.

Sumber : Genpi Bintan, Kep Riau.

“Melihat ikan bermain di karang-karang dalam air, saya tidak yakin tapi itu luar biasa,” kata pria asal Tanjungpinang itu. “Sangat menyenangkan menjelajahi sekitar sini, tempat snorklingnya luar biasa,” ungkap Wahyu yang takjub dengan pesona pulau Mapur.

Pulau mapur ini merupakan merupakan kawasan perairan daerah di kabupaten bintan yang sudah terjaga terumbu karang dan terdapat konservasi penyu yang juga diinisiasi oleh kelompok masyarakat, serta perlindungan biota kima menjadi spot snorkeling dan juga kegitan eduwisata transplantasi karang. Bukan hanya itu saja perkembangan industri wisata di pulau Mapur sangat mendongkrak ekonomi warga setempat. Kehadiran penginapan berbasis masyarakat seperti penginapan oleh orang tempatan disana yang bernama pak Jamal, rumah makan, dan berbagai usaha lokal lain membuat tingkat ekonomi warga membaik.

Hal itu diugkapkan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bintan Wan Rudi Iskandar, yang menyatakan perkembangan pariwisata di daerah itu memberi pekerjaan terhadap warga desa mapur karena pulau Mapur satu-satunya pulau yang mempunyai paket komplit dalam dunia wisatanya. Beliau juga menjelaskan di tengah pandemi, berwisata #DiIndonesiaAja tetap mungkin dilakukan, terlebih kunjungan wisatawan juga sekaligus mendukung pergerakan roda ekonomi. Jangan lupa untuk tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai standar, membawa perlengkapan pribadi, serta menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here