Menengok Keindahan Negeri di Atas Awan di Bukit Sikunir

WONOSOBO – Bukit Sikunir merupakan destinasi favorit wisatawan yang berkunjung ke kawasan dataran tinggi Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah. Bukit Sikunir telah dibuka kembali pada tanggal 1 Juli 2020 dengan kententuan protokol kesehatan pencegahan Covid 19 yang harus dipatuhi oleh para wisatawan. Pesona keindahan yang ditawarkan di puncak Bukit Sikunir dapat membuat memanjakan mata siapa pun yang melihatnya.

Bukit Sikunir memiliki ketinggian 2.463 mdpl yang menawarkan keindahan panorama delapan gunung yang berada di sekitar bukit. Kumpulan awan yang menutupi puncak Bukit Sikunir membuat bukit ini dijuluki sebagai Negeri di Atas Awan. Bukit ini juga terkenal dengan keindahan Golden Sunrise bagi para wisatawan yang berhasil mencapai puncaknya. Oleh karena itu tidak heran banyak wisatawan yang sudah pergi mendaki bukit ini dari pukul 04.00 WIB.

Pendakian menuju puncak Bukit Sikunir memerlukan waktu 30 menit. Jalur pendakian bukit ini termasuk mudah sehingga cocok bagi para wisatawan yang ingin belajar mendaki. Namun kini akses pendakian telah dilengkapi dengan tangga yang semakin memudahkan wisatawan. Jalur pendakian juga sudah dilengkapi dengan pegangan kayu dan batas pengaman.

Saat musim kemarau tiba suhu Dieng bisa mencapai 0 derajat bahkan hingga -5 derajat. Penurunan suhu yang drastis ini mengubah embun menjadi butiran es. Fenomena embun es atau dikenal dengan sebutan ‘embun upas’ oleh warga lokal membuat kawasan Dieng seakan ditutupi dengan salju seperti Winter di Eropa. Para wisatawan dapat melihat fenomena embun es ini jika mengunjungi Bukit Sikunir di bulan Juli – Agustus.

Oleh sebab itu, disarankan untuk mengunjungi Bukit Sikunir dengan membawa perlengkapan baju hangat dan obat – obatan herbal untuk menghindari tubuh dari masuk angin. Jika ingin mengunjungi Bukit Sikunir, para wisatawan dapat mengikuti jalan menuju Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Tiket masuk Bukit Sikunir dikenakan biaya Rp 10.000 / orang. Saat musim liburan tiba disarankan  datang pukul 02.00 WIB untuk mengantri tiket lebih awal agar tidak terjebak macet. Setelah parkir di lereng Bukit Sikunir, para wisatawan akan diarahkan ke jalur pendakian menuju puncak.

Pesona keindahan sunrise dataran tertinggi di Jawa Tengah ini dapat melukiskan momen yang tidak akan dilupakan bagi para wisatawan yang telah menginjakan kaki di puncak bukit. Jika tertarik mengunjungi Bukit Sikunir di masa pandemi ini, jangan lupa untuk selalu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun ya!

( Kontributor Farah Nabila. Universitas Al Azar Indonesia. Program Internship Genpinas Tahun 2020)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here