Menapaki Gurun Pasir Busung, Serasa di Timur Tengah

Genpi.id – Ingin merasakan sensasi berwisata di Timur Tengah? Atau mau berada di bawah terik matahari di tengah hamparan gurun pasir? Tak usah jauh-jauh melalang buana ke luar negeri, di Indonesia kamu bisa menemukan tempat seperti itu. Keindahan yang ditawarkan pun tak kalah duanya. Di manakah itu? Yap, betul sekali, Gurun Pasir Busung, Bintan, Kepulauan Riau

Destinasi wisata yang satu ini sangat hits dan Instagramable bagi dunia pariwisata karena keunikan yang dimilikinya. Tempat ini dulunya adalah sebuah kawasan penambangan pasir bauksit, tetapi telah lama dihentikan sejak masa pemerintahan Presiden Soeharto. Setelah terbengkalai bertahun-tahun akhirnya wilayah ini disulap menjadi tempat wisata oleh warga setempat.

Gurun pasir ini berlokasi di Jalan Raya Busung, Desa Busung, Seri Kuala Lobam, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau. Kira-kira 55 km dari Bandara Internasional Raja Haji Fisabilillah. Tidak ada biaya masuk ke tempat ini, alias gratis. Kamu cukup membayar uang parkir kendaraan seharga Rp2.000,00 untuk sepeda motor dan Rp5.000,00 untuk mobil.

Hamparan Gurun Pasir Seluas 6.000 Hektare

Saat menginjakkan kaki pertama kali di sini, kamu akan takjub melihat hamparan gurun pasir putih yang luas. Kamu bisa menjelajahi tempat ini ke segala lini sembari berswafoto dengan latar belakang nan eksotis. Berbeda dengan gurun pasir biasanya, pasir di gurun ini sudah mengeras sehingga kamu tidak akan kesulitan saat berjalan. Pastikan kamu membawa topi, kacamata, dan memakai tabir surya karena kondisi yang terik saat siang hari.

Keeksotisan Telaga Biru

Selain bentangan gurun pasir, kamu bisa mendapati telaga air yang berwarna biru di tengah gurun. Telaga ini terbentuk karena cekungan-cekungan bekas tambang dulu yang terisi oleh air hujan. Ada sebuah jembatan di atas telaga untuk melihat jelas lanskap gurun dan telaga biru. Kombinasi keduanya menghasilkan pemandangan yang begitu cantik. Jangan lupa menyewa perahu kano dan perahu bebek untuk merasakan sensasi sesungguhnya dengan tarif Rp15.000,00 s.d. Rp20.000,00.

Saking indah dan uniknya tempat ini banyak wisatawan dari luar Pulau Bintan hingga luar negeri berkunjung ke sini. Jadi, sempatkan waktumu singgah ke Gurun Pasir Busung saat datang ke Bintan, ya. Kapan lagi bisa ke gurun pasir, bukan?

See you, mate!!

Referensi

  1. Fitriana, I. (2018). Cantiknya Gurun Pasir Telaga Biru di Bintan, Serasa di Timur Tengah. Diakses pada 25 September 2020 dalam laman https://travel.kompas.com/read/2018/06/12/103300027/cantiknya-gurun-pasir-telaga-biru-di-bintan-serasa-di-timur-tengah?page=all.

Artikel ini ditulis oleh Mardhatillah Ramadhan, Institut Pertanian Bogor jurusan Ilmu dan Teknologi Kelautan, pada program magang Genpinas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here