Pulihkan Ekonomi, Pekan Kreatif Nusantara Kembali Hadir

Advertisement

Pandemi yang tak kunjung berakhir setelah satu tahun lamanya sangat menggerus kondisi perekonomian dunia, tak terkecuali Indonesia. Sejak adanya penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sejak April 2020, kegiatan ekonomi, mulai dari proses produksi, distribusi, dan kegiatan operasional lainnya, mengalami gangguan hingga pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2020 bergerak ke arah negatif.

Pada akhir 2020, pemerintah telah meluncurkan kebijakan untuk perbaikan ekonomi, salah satunya pada sektor dunia usaha. Pemerintah berusaha untuk menggerakkan UMKM dan korporasi dengan memberikan beberapa bantuan terkait subsidi bunga dan insentif pajak.

Mendukung hal itu, Pekan Kreatif Nusantara kembali dilaksanakan pada 2021 ini.

Pekan Kreatif Nusantara sendiri adalah ajang pameran yang dibuat sebagai wadah untuk memperkenalkan ragam produk unggulan ekonomi kreatif. Kegiatan ini digelar untuk memberikan kesempatan kepada para pelaku industri ekonomi kreatif dan UMKM di Indonesia untuk memamerkan produk- produk unggulannya. Pameran ini menjadi salah satu langkah untuk membangun ekonomi kreatif dari pinggiran termasuk di pedesaan, meningkatkan promosi daerah dan membangkitkan sektor riil serta pemberdayaan perekonomian masyarakat.

Pada tahun-tahun sebelumnya, Pekan Kreatif Nusantara dilaksanakan secara luring dengan menyediakan stan untuk memamerkan produk-produk UKM dan industri kreatif unggulan daerah setempat. Selain itu, terdapat pula berbagai lomba untuk ikut memeriahkan, seperti Drone Videografi Contest, Lomba Mewarnai Paud dan TK Ungaran, Akustik Band

Performance dan Mural Creative Fest 2017, yang dilaksanakan di Pekan Kreatif Nusantara 2017.

Lokasi pelaksanaan Pekan Kreatif Nusantara tiap tahunnya berganti dari satu kota ke kota lainnya. Pada 2021, Semarang terpilih menjadi tuan rumah menggantikan Kota Magelang pada tahun sebelumnya, dan bekerja sama dengan Dinas Koperasi, UKM perindustrian dan perdagangan Kabupaten Semarang, dan pengelola wisata Dusun Semilir Bawen Semarang. Maksud dilaksanakannya pameran ini di tengah pandemi adalah untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional dan membangkitkan sektor riil yang bersentuhan langsung dengan pelaku ekonomi kreatif sehingga dapat meningkatkan perekonomian daerah.

Pada tahun ini, pameran dilaksanakan secara luring maupun daring untuk mengoptimalisasi keberlangsungan acara. Acara yang diorganisasi oleh PT MDP Persada Nusantara ini dapat dikunjungi secara langsung ke lokasi pameran maupun secara virtual melalui saluran resmi Youtube Pekan Kreatif Nusantara. Untuk menunjang keamanan dan kesehatan, pameran ini menerapkan protokol kesehatan yang ketat guna menghindari kerumunan masyarakat. Pameran juga dilengkapi dengan perlengkapan anti Covid-19, seperti tempat cuci tangan, pengukur suhu, penjaga jarak, sarung tangan, faceshield, dan hand sanitizer.

Harapannya pelaksanaan Pekan Kreatif Nusantara tahun ini bisa membangkitkan semangat masyarakat Indonesia terutama para pelaku ekonomi kreatif untuk bangkit kembali dan bersama berjuang untuk membangun ekonomi Indonesia yang lebih baik.

Sumber:

https://www.republika.co.id/berita/p0frg9280/delapan-kementerian-terlibat-dalam-pekan-krea tif-nusantara
https://kkp.go.id/djpt/bbpi/artikel/13504-pekan-kreatif-nusantara-2017 https://kompaspedia.kompas.id/baca/paparan-topik/ekonomi-indonesia-pada-masa-pandemi-c ovid-19-potret-dan-strategi-pemulihan-2020-2021 https://mdppersadanusantara.com/pekan-kretaif-nusantara-2021/

Oleh : Seniyya Zahra, Universitas Indonesia. Kelompok 10 (Event & News)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here