Melihat Germelap Jogja Dari Taman Pelangi


Foto: Gita Fitria Halim

Indah, dan istimewa kota Jogja tidak perlu di ragukan lagi.  Apalagi saat suasana malam Jogja, yang selalu mengukir kenangan indah disetiap hati para pengunjung dan warga setempat. Semakin malam di kota Jogja, makin terlihat istimewanya kota ini. Suara lantunan musik dan lampu-lampu yang menerangi tiap sudut jalan, menemani malamnya kota Jogja. Begitupun dengan tempat yang satu ini, tempat yang membuat kota Jogja terlihat gemelap, terletak di Taman Pelangi, depan halaman Monumen Jogja Kembali, berlokasi di jalan Ring Road Utara, Jongkang, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman, membuat kota Jogja makin terlihat gemerlap.

Di desain dengan beragam lampion, berbagai macam bentuk unik, dan warna warni lampu lampion.  Setiap malam Monumen Jogja Kembali ditutup dan berubah menjadi Taman Pelangi atau disebut Taman Lampion. Terlihat kreativitas ditempat ini mulai dari bentuk lampion, berbentuk pohon, gerbang, tokoh kartun, bunga, hewan, tokoh masyarakat, dan warna warni lampu yang sangat cantik.

Foto: Gita Fitria Halim

Lampion dari berukuran kecil hingga besar ada di taman ini. Setiap sudut Taman Pelangi dihiasi oleh pohon hias handmade yang dikelilingi lampu hias, siap memanjakan mata wisatawan. Setiap beberapa bulan sekali lampion ini selalu di upgrade bentuknya, sehingga wisatawan yang kembali lagi, jangan heran jika melihat bentuk lampion yang baru. Hal ini membuat wisatawan tidak bosan melihat desain dari lampion di Taman Pelangi. Cocok sekali tempat ini untuk kalian yang ingin hunting foto. Tidak heran wisatawan rela bergantian foto di tempat ini dan mengabadikan momen bersama.

Selain lampion tempat ini juga menyediakan wahana bermain, dan penyewaan sepeda, untuk berkeliling melihat keindahan lampion. Selain itu, kreativitas Taman Pelangi tidak hanya ada pada desain lampion. Namun Taman Pelangi menyediakan panggung, live music untuk menghibur para pengunjung. Menikmati gemerlap Jogja dari Taman Pelangi, wisatawan hanya perlu menegluarkan uang sebesar Rp. 15.000 weekday, Rp. 20.000 weekend.

 Dengan memanfaatkan luas lahan halaman Monjali (Monumen Jogja Kembali) untuk mendirikan Taman Pelangi, menjadi sebuah inovasi yang sangat bagus untuk meningkatkan perekonomi warga setempat dan memperlihatkan indahnya kota Jogja dimata para wisatawan.

Gita Fitria Halim Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, Program Internship Generasi Pesona Indonesia. Kelompok 11 Ekonomi Kreatif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here