5 Manfaat Olahraga Plank Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat plank bagi kesehatan tubuh - youtube childrens hospital colorado
Ada banyak manfaat plank bagi kesehatan tubuh, selama dilakukan secara benar. (Gambar: Youtube Children’s Hospital Colorado)

Sudah beberapa minggu ini kita banyak menghabiskan waktu di rumah. Mengakibatkan banyak aktivitas berkurang dan gerakan fisik menurun. Disituasi dengan pola aktivitas yang menurun ini sebenarnya kalian bisa loh menjaga tubuh tetap bergerak.

Kamu tetap bisa berolahraga di rumah agar tubuh tetap fit dan bersemangat. Salah satu olahraga yang bisa dilakukan adalah Plank. Bisa dilakukan oleh pria dan wanita. Bisa setiap hari. Bisa di ruangan seadanya atau ruangan terbatas.

Baca juga:
* 10 Ide yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah di Masa Social Distancing

Apa itu Plank?

Plank adalah gerakan olahraga yang memosisikan posisi tangan termasuk bagian siku di lantai. Dengan posisi kaki lurus kebelakang seperti posisi push-up. Saat sudah terbentuk posisi plank maka orang tersebut harus menahan posisi tersebut dengan waktu yang telah ditentukan. Biasanya minimal 30 detik.

Manfaat Plank

Apa ya manfaat olahraga plank bagi tubuh kita?

Latihan ini memiliki manfaat antara lain:

1. Mengencangkan otot perut

Plank dapat memunculkan bentuk otot pada bagian perut. Karena latihan ini menitikberatkan pada bagian otot perut dalam transverus abdominis. Bisa membuat otot rectus abdominis menjadi lebih kuat.

Ditambah dengan pola diet tertentu, latihan ini akan membentuk perut yang rata.

2. Memperbaiki postur tubuh

Plank ternyata ampuh dalam membentuk postur tubuh. Hal ini dikarenakan posisi tubuh saat melakukan plank dapat menarik bagian-bagian otot inti. Termasuk otot bagian lengan, punggung dan dada. Juga dapat meregangkan bagian tulang belakang serta saraf.

Hal tersebut dapat membantu kinerja organ kita menjadi lebih baik. Tapi dengan catatan, lakukan posisi plank secara benar yah.

3. Memperbaiki imun

Dengan kinerja saraf dan organ yang baik tersebut, organ-organ penghasil imun didalam tubuh juga akan baik kinerjanya. Sehingga dapat memperkuat sistem imun.

Imun yang baik dapat membantu kita lebih kebal terhadap bakteri dan serangan virus yang menyerang tubuh kita loh.

4. Menjadikan tubuh lebih fleksibel

Kamu pernah merasakan kram? Pasti sakit dan berasana tidak enak bukan? Dengan melakukan plank kita sudah melatih tubuh untuk meregangkan otot-otot. Dengan begitu menjadikan tubuh kita lebih fleksibel dan dapat mengurangi kemungkinan kram otot.

Namun tetap melakukan planknya dengan benar jangan asal-asalan. Agar terhindar dari kram dan cidera otot.

5. Kinerja otot menjadi lebih baik

Kita tahu bahwa latihan plank ini merupakan latihan meregangkan otot-otot tubuh sekaligus membentuk kekuatan pada otot.

Plank, yang juga dikenal dengan jembatan perut ini, memosisikan titik berat pada latihan otot perut. Memperkuat otot perut dapat meningkatkan kerjasama otot pada tubuh. Kalau kerjasama otot tubuh bagus, tubuh akan terasa lebih fit. Kamu bisa lebih bersamangat melakukan aktivitas sehari-hari.

Ditengah wabah virus corona yang memaksa kita harus mengurangi aktivitas diluar rumah, latihan dan berolahraga di dalam rumah sangat dianjurkan. Untuk menjaga stamina, metabolisme tubuh, maupun berat badan.

Tips

Jika ingin berolahraga plank dapat menggunakan lantai dan matras yoga.

Olahraga dengan latihan plank maupun variasinya memang banyak manfaatnya. Namun sebelum melakukan latihan ini, dianjurkan untuk mengetahui posisi tubuh yang baik dan benar saat melakukan plank.

Selain itu, lakukan pemanasan sebelumm emulai olahraga ini. Hal ini dianjurkan untuk mengurangi efek kaget pada otot kita.

Satu lagi. Stuart McGill, profesor emeritus biometrik tulang belakang di University of Waterloo di Kanada, menyarankan. Menahan posisi plank berlama-lama, bahkan lebih dari 10 detik itu tidak ada gunanya.

Baca juga:
* Harus Keluar Rumah Saat Wabah? Baca 5 Tips Ekstra Aman Ini

Lakukan plank cukup selama 10 detik dan ulangi 3 kali. Ini tips ideal bagi yang ingin mendapatkan manfaat olahraga plank bagi tubuh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here