10 Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan, Bisa Bikin Bahagia Juga Lho!

manfaat bersepeda bagi kesehatan tubuh - Photo by Robert Thiemann on Unsplash
Ada banyak manfaat bersepeda bagi kesehatan tubuh kita. Selian kuat dan sehat, bisa membuat bahagia juga lho. (Foto: Photo by Robert Thiemann on Unsplash)

Kegiatan bersepeda sudah menjadi trend sejak lama. Namun belakangan ini, terutama selama pandemi, olahraga bersepeda justru seakan booming. Menjadi alternatif olahraga yang bisa tidak bersentuhan dengan banyak orang.

Ada banyak manfaat bersepeda bagi kesehatan tubuh karena kita terus bergerak secara konstan. Bermanfaat pula untuk kesehatan mental karena aktivitasnya yang menyenangkan.

Asyiknya, olahraga ini bisa dilakukan berbagai kalangan. Anak-anak, remaja, dan orang tua. Bisa menjadi olah raga murah dan juga mahal.

Baca juga:
* Asiknya Olahraga Air di Pulau Beralas Pasir, Pulau Bintan

Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan

manfaat bersepeda bagi kesehatan tubuh - Photo by Chris Henry on Unsplash
(Foto: Chris Henry on Unsplash)

Banyak lho keuntungan yang bisa didapat karena berolahraga. Selain menjadi gaya hidup, sekaligus menjadikan tubuh kita sehat dan imun kuat.

Kalau menjadi pengganti moda transportasi sehari-hari, sudah termasuk menolong lingkungan juga lho. Hemat energi dan tidak menghasilkan polusi.

Kamu pasti sudah mendengar ada gerakan “Bike to Work”. Bersepada saat pergi bekerja.

Lalu apa saja manfaat olahraga sepeda bagi kesehatan tubuh manusia? Simak ulasannya di bawah ini ya.

1. Menguatkan Otot Kaki

Kalau kamu rutin naik sepeda, akan merasakan otot mana yang banyak bekerja. Akan merasakan adanya gerakan pada otot betis, paha depan, paha belakang, dan bokong.

Olahraga ini bisa meningkatkan fungsi seluruh tubuh tanpa terlalu membebani otot-otot kaki.

Level berikutnya dalam bersepeda adalah dengan meningkatkan performa. Caranya bisa dengan latihan squat, leg press, dan lunges. Bisa rutin dilakukan beberapa kali dalam seminggu.

2. Memperkuat Otot Inti dan Memperbaiki Postur Tubuh

Otot inti seperti otot punggung dan perut akan terlatih dengan kita bersepeda. Menjaga posisi tubuh tetap tegak saat bersepeda itu membutuhkan kekuatan otot-otot tersebut.

Selain itu tulang belakang kita juga terbantu tertopang

Otot perut dan punggung yang kuat menopang tulang belakang kamu. Stabilitas dan postur tubuh juga meningkat.

3. Meningkatkan Keseimbangan dan Mengurangi Risiko Penyakit Artritis

Dalam kegiatan sehari-hari kita membutuhkan adanya kesimbangan dan koordinasi fungsi-fungsi tubuh. Dengan bersepeda tubuh menjadi lebih kuat dan terlatih menjaga keseimbangan.

Kalau kamu memiliki risiko osteoartritis, maka bersepeda menjadi salah satu olahraga yang ideal. Karena dampaknya rendah pada persendian dengan tidak banyaknya tekanan.

4. Mengurangi Berat Badan

Salah satu cara mengontrol dan mengurangi berat badan bisa dengan bersepeda. Laju metabolisme meningkat, otot terbentuk, lemak tubuh terbakar.

Tergantung intensitas dan berat badan, olahraga bersepeda bisa membakar 400 1.000 kkal/jam.

5. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Salah satu cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah dengan meningkatkan produksi protein esensial dan sitokin (produksi sel imunitas tubuh). Ini bisa kita capai dengan cara melakukan olahraga ringan.

Dalam situasi saat ini kita semua butuh menjaga imunitas tubuh bukan? Agar terhindar dari pengaruh jahat berbagai macam virus.

6. Menurunkan Risiko Penyakit Parkinson

Pernah mendengar atau melihat bagaimana seseorang yang memiliki penyakit Parkinson? Salah satu cara mencegah penyakit ini pada pria dalah dengan melakukan olahraga berat.

Dalam sebuah studi diungkapkan bahwa, 3 jam bersepeda pada kecepatan 10-12 mil/jam setiap minggu bisa membantu mengurangi risiko penyakit ini.

7. Mengurangi Risiko Penyakit Kardiovaskular

Manfaat bersepeda untuk kesehatan tubuh berikutnya adalah bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Seperti tekanan darah tinggi, stroke, dan serangan jantung.

Saat bersepeda kerja paru-paru, sirkulasi darah, dan jantung akan meningkat. Hasilnya adalah otot jantung menjadi kuat, denyut nadi saat istirahat bisa menurun, kadar lemak darah berkurang.

8. Membantu Pemulihan Penderita Kanker

Jika kamu menderita kanker atau sedang dalam masa pemulihan, bersepeda menjadi kegiatan yang bagus. Karena membuat kamu tetap bugar dan tetap ramping.

Dalam sebuah studi mengungkapkan, berolahraga bisa membantu mengurangi efek samping saat pengobatan kanker.

9. Meningkatkan Kekuatan Otak

Manfaat olahraga sepeda untuk kesehatan otak adalah bisa membantu mencegah Alzheimer pada orang lanjut usia (lansia). Bahkan ada manfaat untuk otak anak-anak.

Gangguan defisit perhatian pada anak bisa teratasi dengan berolahraga.

10. Meningkatkan Kesehatan Mental dan Kebahagiaan

Ada unsur rekreasi saat melakukan kegiatan olahraga dengan sepeda. Stres, depresi, atau masalah kecemasan bisa berkurang saat bersepeda.

Kamu bisa fokus dan mengembangkan konsentrasi saat berolahraga. Selain itu karena kita fokus bersepeda, kita terhindar dari beragam obrolan-obrolan yang tidak bagus bagi kesehatan mental bukan?

Dan saat tubuh kita capek setelah berolahraga selama 1 menit, hormon endorfin terlepas. saat itu kamu akan merasa lebih baik dan tingkat stres menurun.

Baca juga:
* Tren Hobi Selama Pandemi COVID-19

Nah sekarang kamu sudah mengetahui banyak efek positif dari berolahraga sepeda. Namun ada baiknya tetap berkonsultasi dengan dokter kepercayaanmu ya. Untuk hasil maksimal dan menghindari berbagai risiko.

Semoga artikel tentang manfaat bersepeda bagi kesehatan tubuh ini bisa bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here