Kota Locarno yang Indah di Tepi Danau Maggiore, Swiss

Locarno tak kalah menakjubkannya dari destinasi wisata populer lain di Swiss. Mulai dari menikmati keindahan danau hingga keagungan panorama gunung.

Advertisement
Locarno porto danau Maggiore- Ozonski - wikipedia.jpg
Kota Locarno di Danau Maggiore, Swis. (Foto: Ozonski/wikipedia)

Kalau kamu penggemar film, sudah tentu sering mendengar acara tahunan “Locarno Film Festival”. Sebuah gelaran internasional yang diadakan di Kota Locarno yang sudah berlangsung puluhan tahun. Tahun 2021 merupakan tahun ke-74 penyelenggaraan.

Kota Locarno merupakan bagian dari kanton Ticino, sebuah kanton di selatan Swiss. Satu-satunya kanton di Swiss yang menggunakan bahasa Italia sebagai bahasa resmi.

Kanton itu semacam negara bagian atau provinsi.

Baca juga:
* Kota Dubrovnik di Kroasia, Lokasi Syuting Serial “Game of Throne”

Beberapa film Indonesia pernah meraih penghargaan di festival ini. Saah satunya adalah film “Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas”. Film asuhan sutradara Edwin tersebut berhasil mengharumkan nama Indonesia dengan meraih penghargaan utama, Golden Leopard.

Lalu apa saja daya tarik kota yang menyimpan sejuta pesona ini? Simak terus ya sampai selesai.

Video

Lihat dulu keindahan kota ini di video berikut.

Lokasi Locarno

madonna del sasso - tempat wisata di Locarno Swiss Switzerland - @enricoboggia_photography
Madonna del Sasso, salah satu tempat wisata di Locarno yang wajib kamu kunjungi.(Foto: @enricoboggia_photography)

Lokasi kota ini berbatasan dengan Italia. Sehingga kamu akan mudah menjumpai ragam hidangan pasta. Bahasa yang digunakan pun Bahasa Italia.

Kota seluas 19,27 kilometer persegi ini terletak di utara danau Maggiore.

Kota ini terdiri dari kota tua (pusat pemukiman bersejarah), kota baru (Nuovo quartiere) menuju danau dan distrik darat (quartiere Campagna) menuju Solduno.

Wilayah kota terbentang dari danau hingga pegunungan di atas kota. Titik tertinggi kota ada di ketinggian 1.474 m (4.836 kaki).

Peta

Cara Menuju Locarno

Menuju kota ini, kamu bisa terbang menuju Zurich di Swiss atau menuju Milan di Italia.

Bandar Udara Internasional Zürich berada di Zürich kode IATA “ZRH”. Sedangkan Bandar Udara Internasional di Milan adalah Malpensa Airport (MXP).

Dari Zurich dan MIlan menuju Locarno, bisa menggunakan moda transportasi bus atau kereta.

Rute kereta dari Zurich: Zürich Flughafen –> Zürich HB –> Lugano –> Locarno.

Waktu tempuh kereta dari Zürich ke Locarno sekitar 3-4 jam. Sepanjang perjalanan kamu akan terhibur dengan pemandangan yang indah sejauh mata memandang.

Selama perjalanan kamu pasti tidak akan bisa menolak untuk tidak menoleh ke jendela.

Perjalanan kereta dari Milan ke Locarno kurang lebih memakan waktu 2 jam. Rute perjalanan kereta:
Malpensa Aeroporto T2 –> Mendrisio –> Locarno.

Selain dari Zurich dan Milan, kamu bisa memulai perjalanan dari kota lain. Seperti Bologna dan Venice. Sekali jalan kamu bisa mengunjungi destinasi populer lainnya

Sedangkan dari Bologna memerlukan waktu sekitar 3 jam. Dengan rute kereta: Bologna Centrale Station –> Milano Centrale –> Locarno.

Sedangkan dari Venice waktu tempuhnya sekitar 4 – 4,5 jam. Dengan rute: Venezia Mestre – Milano Centrale – Locarno.

Berkunjung ke Tempat Wisata di Locarno

Sudah sampai di Locarno? Mari mulai eksplorasi!

Locarno tak kalah menakjubkannya dari destinasi wisata populer di Swiss. Mulai dari menikmati keindahan danau hingga keagungan panorama gunung.

Locarno mampu memanjakan mata wisatawan. Bersantai menikmati kopi di kafe sambil melihat orang berlalu-lalang juga punya kesan berbeda di sini.

Penasaran apa saja destinasi wisata yang bisa dikunjungi di Locarno? Berikut informasinya.

1. Menyaksikan Festival Film Locarno

Locarno Film Festival @maxfotopedrazzini
Suasana Locarno Film Festival yang meriah. (Foto: @maxfotopedrazzini)

Musim panas di Locarno merupakan waktu yang menyenangkan untuk berkunjung. Sebab beragam festival diselenggarakan di sana. Salah satunya adalah Festival Film Locarno yang sudah dikenal mancanegara.

Locarno telah menjadi saksi perkembangan perfilman dunia sejak tahun 1946. Banyak sineas dan aktor hebat dari seluruh dunia pernah berada di sini.

Jika kamu mengunjungi Locarno pada waktu ini, kamu mungkin berkesempatan bertemu idolamu.

Selama 10 hari di bulan Agustus, penikmat film akan memadati 8000 kursi yang disediakan. Mereka berkumpul di Piazza Grande untuk menyaksikan pemutaran beragam film.

Untuk pemesanan tiket sila kunjungi laman locarnofestival.ch atau melalui aplikasi resmi.

Satu tiket untuk umum dibanderol seharga 330 Franc. Pelajar (dibawah usia 30 tahun) dan senior (usia 64 tahun ke atas) diberikan harga diskon khusus.

2. Menikmati Alunan Musik di Moon and Stars Festival

Kalau sebelumnya pecinta film punya festival film Locarno. Penikmat musik juga punya tempatnya di Locarno. Ada festival musik terbesar di selatan Alpen, yaitu Moon and Stars Festival.

Pada bulan Juli setiap tahunnya ribuan penikmat musik berkumpul di Piazza Grande. Musisi-musisi internasional hadir menghibur para penggemarnya.

Beberapa nama terkenal yang pernah hadir antara lain; Rita Ora, James Arthur, The Script, dan banyak lagi.

Selain menikmati suasana festival yang seru, sempatkan juga untuk mencicipi ragam makanan yang ada.
Karena sekurang-kurangnya 20 food truck turut hadir. Mereka siap mengisi perut kamu yang lapar setelah asyik berdendang.

Moon and Stars Festival akan memberikanmu atmosfer yang menyenangkan. Ajak teman atau keluargamu menghadiri festival ini. Kamu akan mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan untuk dikenang.

3. Berjalan-jalan di Piazza Grande

foto gambar piazza grande locarno @cecile__le
(Foto: @cecile__le)

Selain menyaksikan festival, gunakan kesempatan berkunjung untuk eksplorasi Piazza Grande.

Piazza Grande merupakan tempat warga lokal bertemu, berbincang, dan menikmati hari. Menjadi jantungnya kota tua Locarno. Kegiatan komersil hingga kebudayaan dan seni, semua berlangsung di sini.

Kamu akan melihat alun-alun yang luas dengan jalan berbatu dan bangunan-bangunan bergaya arsitektur Lombardia.

Ditambah dengan warna-warni pastel pada muka bangunan tersebut. Kamu akan tergoda untuk berkeliling seolah tersihir keajaiban kota tua Locarno.

Di Piazza Grande kamu bisa menemukan jejeran kafe, restoran, bar, dan toko. Biasanya tempat-tempat tersebut menyediakan tempat duduk di teras.

Tempat mengasyikkan untuk menikmati makan siang sambil mengamati aktivitas sehari-hari kota.

Kamu juga bisa berkunjung ke beberapa gelateria. Ada ragam rasa yang ditawarkan, mulai dari karamel dan susu, buah-buahan, hingga cognac.

Bagi kamu yang vegetarian, ada menu dengan rasa khusus yang tidak kalah enak.

Kalau kamu bingung memilih rasa yang mana, kamu bisa menanyakan kepada penjual. Beberapa dari mereka akan mengizinkan pembeli untuk mencicipi sebelum membeli.

Untuk dapat menikmati gelato kamu perlu merogoh kocek sekitar 3,50 – 9 Franc.

Jika kamu berkunjung ke Piazza Grande di hari Kamis, kamu bisa menemukan pasar pertanian. Pasar pertanian ini digelar mingguan. Sayur-mayur, buah-buahan, daging, dan susu segar dijual di sana setiap minggunya.

Kalau kamu penggemar thrifting, biasanya pun ada vendor yang menjual barang-barang preloved. Mulai dari pakaian hingga ragam aksesori pendukung penampilan.

Sebelum berkunjung, pastikan kamu menyiapkan kamera dan baterai cadangan. Karena ada banyak spot fotogenik yang sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Cobalah menyusuri jalan-jalan sempit yang hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki. Pasti kamu akan sering berhenti saat melaluinya.

Ada banyak toko barang antik di jalan-jalan tersebut. Tidak ada salahnya kamu kunjungi. Kalau ada yang menarik hati, bisa langsung kamu beli dan bawa pulang.

Tidak begitu jauh dari alun-alun, kamu bisa mengunjungi Torre del Comune. Jam dan menara lonceng abad pertengahan yang dibangun oleh keluarga Visconti.

Lokasi:

Piazza Grande, 6600 Locarno, Switzerland

Baca juga:
* Puerta del Sol, Alun-alunnya Kota Madrid

4. Membayangkan Locarno di Masa Lampau di Castello Viscanteo

Visconteo Castle - Winu Kappa - Google Map
(Foto: Winu Kappa – Google Map)

Castello Viscanteo atau dalam bahasa Indonesia Kastil Viscanteo dibangun pada abad ke-12. Letaknya tidak begitu jauh dari Piazza Grande, sekitar 6 menit berjalan kaki.

Kalau kamu ingin lebih merasakan suasana kota tua Locarno maka kamu wajib mengunjungi Castello Viscanteo.

Nama Viscanteo sendiri diambil dari nama keluarga bangsawan Milan yang berpengaruh di utara Italia. Mereka merebut Kastil Viscanteo dari rival mereka, Ghibellines pada 1342. Kemudian menjadi milik sekutu pada tahun 1503.

Saat ini Kastil Viscanteo dioperasikan sebagai museum kota dan arkeologi. Seperlima bagian bangunan merupakan struktur asli yang tersisa dari abad ke-15 dan ke-16. Bagian pondasinyalah yang masih bertahan hingga saat ini.

Sejumlah barang yang terbuat dari keramik dan kaca serta berbagai artefak dipamerkan di dalam. Barang-barang tersebut merupakan peninggalan Romawi kuno yang ditemukan di Ticino.

Meskipun renovasi sudah banyak dilakukan, namun kamu masih bisa membayangkan betapa megahnya kastil itu.

Dulunya, kastil ini berfungsi sebagai tempat jamuan makan penting. Melalui detail arsitektur dan lukisan dinding yang masih bertahan hingga sekarang.

Kebanyakan dari label dan penjelasan di kastil ini dituliskan dalam bahasa Italia. Jadi sebelum berkunjung, ada baiknya kamu cari dulu informasinya melalui internet.

Kemegahan dan keindahan kastil ini masih bisa dirasakan meski dari luar saja. Kamu bisa berjalan mengitari kastil atau rehat sejenak sambil menikmati kudapan di hari yang cerah.

Lokasi:
Via Al Castello, 6600 Locarno, Switzerland

Jam Operasional:
Selasa – Minggu (Senin Tutup)
Pukul: 10.00 – 12.00 & 14.00 – 17.00 waktu setempat.

5. Wisata Rohani di Gunung Suci Madonna del Sasso

madonna del sasso @newlyswissed
(Foto: @newlyswissed)

Madonna del Sasso di Orselina adalah salah satu situs keagamaan dan sejarah terpenting di Ticino.
Legenda mengatakan bahwa seorang biarawan Fransiskan ingin membangun tempat pemujaan pada sebuah “batu” di Locarno. Hal itu dikarenakan ia telah melihat penampakan Perawan Maria.

Kompleks ini sekarang terdiri dari sebuah biara, gereja, kapel, dan halaman yang besar. Dari halaman tersebut kamu dapat melihat pemandangan paling indah Locarno, Lago Maggiore, dan Maggia Delta.

Untuk sampai ke Madonna del Sasso dari pusat kota Locarno kamu perlu mendaki. Tetapi, kalau kamu ingin pengalaman yang lebih seru cobalah menumpangi kereta kabel.

Tanpa perlu merasa lelah kamu bisa puas menikmati pemandangan di atas deh!

Lokasi:
Via Santuario 2, 6644 Orselina, Switzerland

Jam Operasional:
Senin – Minggu: 07.30 – 18.00 waktu setempat.

6. Pemandangan Menakjubkan dari Cardada Cimetta

Cardada Cimetta @instamaecki
(Foto: @instamaecki)

Satu dari sekian banyak hal terbaik yang bisa dilakukan di Locarno adalah mendaki gunung Cardada.
Begitu cantiknya gunung ini hingga warga lokal menyebutnya sebagai Mutiara dari Danau Maggiore.

Cara terbaik sampai di puncak gunung Cardada adalah dengan menumpangi kereta kabel. Stasiun kereta kabel rute Locarno-Orselina juga mudah dijangkau.

Dari Puncak Cardada kamu bisa melihat titik terendah dan tertinggi Swiss. Kamu bisa melihat danau Maggiore, titik terendah di Swiss. Serta Monte Rosa, titik tertinggi di Swiss!

Dan asyiknya, kamu bisa menikmati panorama menakjubkan sambil nikmati sambil menyantap santapan lezat. Cardada Cimetta juga terkenal akan kenikmatan gastronominya.

Ada banyak restoran yang akan memanjakan tamunya bisa mendapatkan pengalaman mewah tersebut. Duduk di teras menikmati kuliner lezat sambil menikmati suasana.

Bagi yang ingin mencoba aktivitas yang lebih menantang, Cardada lokasi sempurna untuk memacuadrenalin. Kamu bisa terbang tandem paralayang, hiking, dan bersepeda.

Lokasi:
6648 Locarno, Switzerland

7. Menyusuri Danau Maggiore

Sudah puas memandangi danau Maggiore dari Cardada Cimetta? Belum lengkap kalau belum menyusuri tepiandanaunya.

Pemandangan yang kamu dapatkan saat menyusuri danau Maggiore sangat berbeda. Kamu bisa melihat rumah-rumah penduduk dikelilingi oleh pegunungan.

Cobalah menumpangi salah satu perahu yang berangkat ke pulau di seberang. Perahu itu biasanya mengantar-jemput orang-orang yang akan bekerja maupun bersekolah di Locarno.

Kamu bisa melakukan perjalanan pulang-pergi menggunakan perahu hanya dalam waktu 30 menit.

8. Berenang di Lido Locarno

Lido Locarno - bruno vandevelde.jpg
(Foto: bruno vandevelde/Google Map)

Usai menyusuri danau Maggiore kamu merasa ingin berenang? Tentu bukan perkara sulit! Kamu bisa mengunjungi Lido Locarno, sebuah kolam renang indoor dan outdoor.

Lido merupakan kata dari bahasa Italia yang berarti kolam renang luar ruangan. Lido Locarno merupakan tempat terbaik untuk bersenang-senang jika kamu lebih senang berada di air.

Di sini kamu bisa menikmati kolam renang di segala musim.

Fasilitas yang disediakan cukup beragam. Seperti rekreasi air, olahraga, dan pemandian modern untuk relaksasi.

9. Bungee Jumping di Val Verzasca

Ticino Ponte dei salti Valle Verzasca @swiss.instant_photography
(Foto: @swiss.instant_photography)

Kalau kamu adalah seorang penantang adrenalin. Kamu tidak boleh melewatkan Val Verzarca.

Val Verzasca atau lembah Verzasca hanya berjarak kurang dari setengah jam dari pusat kota.

Untuk bisa merasakan pengalaman bungee jumping kamu harus pergi menanjak ke bendungan Verzasca. Di sana kamu bisa melakukan bungee jumping dengan ketinggian 220 meter.

Kamu bisa melihat Bendungan Verzasca dalam pembukaan film James Bond: Golden Eye.

Selain bungee jumping, kamu pun bisa berenang di sini. Dengan air sungai seindah zamrud dan sebening kristal kamu akan tertarik untuk berenang. Namun, tetap harus berhati hati dan perhatikan peringatan yang terpasang ya.

Berhentilah di Lavertezzo untuk melihat penduduk setempat melompat dari jembatan Ponte dei Salti.
Dalam bahasa Indonesia berarti jembatan untuk melompat, Ponte dei Salti merupakan konstruksi khas abad pertengahan. Jembatan bermaterial batu tersebut telah direkonstruksi kembali pada tahun 1960.

Dari Lavertezzo lanjutkan perjalanan ke Sonogno. Kamu dapat mendaki, mengagumi air terjun, dan menikmati hidangan berbahan dasar polenta yang lezat. Tidak ketinggalan segelas anggur merah lokal.

10. Mengamati Burung Pemangsa dari Dekat di Falconeria Locarno

Falconeria Locarno @eleonora__cancelliere
(Foto: @eleonora__cancelliere)

Rasakan pengalaman mengamati dari dekat burung-burung pemangsa di Falconeria Locarno! Kamu pun bisa memotret elang, burung hantu, burung nasar, burung marabou, serta burung ibis.

Falconeria menyediakan tempat duduk beratap. Tempat kamu akan duduk dengan burung-burung yang terbang bebas di atas kepalamu.

Paket wisata ini ditawarkan dalam bahasa Italia dan Jerman. Jika kamu berniat memoles kemampuanmu dalam dua bahasa asing di atas maka ini kesempatan sempurna.

Walaupun tidak begitu memahami, paket wisata ini tetap menyuguhkan aktivitas yang mengasyikkan.

Recommended

Nah, sekarang sudah ada gambaran untuk berlibur ke Locarno?

Masih banyak lagi lho kegiatan menarik yang bisa kamu lakukan di sana! Kamu bisa ajak serta keluarga untuk liburan beberapa hari ke salah satu kota indah di Benua Eropa ini.

Baca juga:
* Golden Skybridge, Jembatan Gantung Tertinggi di Kanada

Jadi, kapan berangkat ke Locarno di Swiss?

(Penulis: Shahnaz Azzahra, Universitas Diponegoro, Program Magang Genpinas)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here