Lestarikan Pesona Budaya Negeri Lewat Lakon Wayang Orang

Sumber foto : Instagram Paguyuban Wayang Orang Bharata (@wobharata)

Siapa yang bangga dengan Indonesia? Kita disuguhi kekayaan pesona budaya Indonesia yang terbentang dari Sabang hingga Merauke. Keberagaman seni dan budaya ini tentu tak lepas dari sejarahnya, seperti wayang. Pertunjukkan seni wayang di Indonesia pun banyak ragamnya, salah satunya adalah wayang wong atau wayang orang. Wayang orang pertama kali muncul pada abad ke-18 di Solo oleh KGPAA Mangkunegoro I. Cerita yang dimainkan oleh wayang orang ini merupakan kisah Mahabrata dan Ramayana yang sudah menyatu dalam jiwa masyarakat lokal.

Di Ibukota sendiri ada paguyuban wayang orang, lho! Namanya Wayang Orang Bharata. Didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation, Wardah, dan Dinas Kebudayaan DKI Jakarta, WBO mempersembahkan “Anoman Duta.” Lakon ini akan ditayangkan secara langsung di kanal youtube WO Bharata Official pada Sabtu, 12 September 2020 pukul 19.30 WIB, dan di kanal youtube IndonesiaKaya pada Minggu, 13 September 2020 pukul 19.30 WIB.

Dilansir dari website-nya, Wayang Orang Bharata (WOB) telah berdiri semenjak tahun 1963 dengan nama Kesenian Wayang Orang Panca Murti dan berpusat di gedung Realto Theather, kawasan Senen, Jakarta Pusat, yang saat ini telah berubah nama menjadi gedung Wayang Orang Bharata. WOB tidak hanya menampilkan pertunjukan rutin, tetapi juga terbuka untuk kolaborasi dengan berbagai pihak dalam berbagai bentuk. Salah satunya adalah latihan tari klasik Jawa yang diperuntukan bagi semua usia.

Namun, semenjak pandemi global yang menghantam Indonesia sejak maret, WOB tidak bisa menggelar pertunjukkan rutinnya. Para seniman yang terkena dampak dari pandemi global ini, menginisiasi WOB untuk melakukan donasi setulusnya dengan cara menayangkan kembali pertunjukkan yang telah diselenggarakan sebelum pandemi di kanal Youtubenya. Untuk kalian yang sobat budaya yang kangen ke teater untuk nonton pertunjukkan seni, sekarang kalian bisa nonton dari rumah aja. Catet tanggal, dan waktunya yaa biar gak ketinggalan yaa! Salam Budaya!

Ditulis oleh Yulia Vaira, Ilmu Komunikasi, Universitas Al-Azhar Indonesia. Program Internship Genpinas 2020.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here