Lepas Penat, Mengunjungi Surganya Air Terjun Di Bogor

Sobat Genpi merasa bosan jika terus menerus mengunjungi mall? Sobat Genpi butuh tempat yang menyediakan udara segar? Atau Sobat Genpi butuh suasana baru? Bogor adalah jawabannya. Banyaknya aktivitas sehari-hari yang terkadang membuat kita penat dan kita butuh sesuatu yang menyegarkan pikiran. Berwisata alam bisa menjadi pilihan sobat Genpi, karena selain menyegarkan pikiran, berpergian ke alam juga bisa membuat tubuh sehat. Banyaknya pilihan wisata alam yang tersedia, Genpi akan berikan rekomendasi wisata alam bagi kamu yang ingin bersentuhan langsung dengan air. Yuk, simak ulasan berikut ini.

foto : instagram.com/rahmancosta92

Dilihat dari foto di atas, sobat Genpi sudah terbayang seperti apa rasanya bersentuhan langsung dengan air yang jernih, hawa yang sejuk, dan suasana yang sangat menenangkan. Air terjun atau Curug (dalam bahasa Sunda) ini memiliki daya tarik tersendiri bagi siapapun yang mengunjunginya. Bagaimana tidak, curug di Bogor memiliki air yang begitu jernih disertai pepohonan yang rimbun sehingga terlihat panorama yang memanjakan mata. Foto di atas yang berlokasi di Curug Cikuluwung. Curug Cikuluwung berada di Desa Cibitung Wetan, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. Fasilitas yang disediakan pun cukup memadai, adanya gazebo untuk beristirahat, toilet, area parkir, dan tersedianya penyewaan pelampung. Harga tiket masuk yang ditawarkan bertarif Rp 20.000/orang.

Sumber foto : instagram.com/hadjukemal

Yang kedua adalah Curug Balong Endah, aliran airnya langsung dari mata air Gunung Salak yang sudah pasti jernih. Curug Balong Endah atau Leuwi Balong Endah ini berada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun-Salak, yang sudah beroperasi sejak 2016. Kita akan melihat kolam yang berundak-undak dengan kedalaman air sekitar 1 sampai 3 meter. Untuk menuju Curug Balong Endah, sobat Genpi harus membayar tiket masuk kawasan Taman Nasional Halimun-Salak sebesar Rp 10.000 kemudian membayar tiket masuk Balong Endah sebesar Rp 7.500.

Sumber foto : instagram.com/chrismathbe

Curug Love ini merupakan curug yang unik dan berbeda dari yang lain. Dinamakan Curug Love karena bebatuan yang terbelah ditengah aliran air terjunnya menyerupai bentuk “love atau hati”. Curug ini memperlihatkan pemandangan bebatuan sepanjang aliran curug, bebatuan ini hasil dari seleksi alam yang terbentuk secara alami. Yang membedakan dari curug lainnya adalah kebanyakan curug berada di area lereng gunung sedangkan Curug Love berada di tengah pedesaan, saat sobat Genpi menuju lokasi akan di suguhkan dengan pemandangan persawahan dan perkebunan yang pastinya minim polusi. Curug Love ini berada di Desa Bantar Karet, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor. Harga tiket masuknya dikenakan tarif Rp 10.000/orang.

Jadi, sobat Genpi pilih Curug Cikuluwung, Curug Balong Endah, atau Curug Love?

Oleh : Sulistianingsih, Universitas AMIKOM Yogyakarta. Program Internship Generasi Pesona Indonesia 2021, Kelompok 13 Ekonomi Kreatif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here