Larangan Pemerintah Terkait Mudik Lebaran 2021, Wakil Gubernur Bali Angkat Bicara

Sumber foto: Detik.com (Antara foto Galih Pradipta)

Kebijakan Pemerintah Pusat terkait larangan mudik Lebaran 2021 menimbulkan pro dan kontra dari banyak pihak. Hari raya Idul Fitri tahun 1442 Hijriyah tahun ini tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya sebab keadaan kita masih dilanda pandemi Covis-19.

Pelarangan mudik pada libur Lebaran ini diperkuat oleh pernyataan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan serta beberapa perwakilan menteri pada Jumat 26 Maret 2021 lalu pada konferensi pers yang dilaksanakan secara virtual. Para pihak pemerintah pusat menghimbau segala tatanan masyarakat untuk tidak pulang ke kampung halaman mereka.

Cok Ace selaku Wakil Gubernur Bali menyatakan bahwa beliau cukup merasa kaget terhadap keputusan pemerintah pusat ini. Beliau tidak tahu menahu mengenai pelarangan ini sebelumnya, sebab tidak ada larangan terkait mudik Lebaran. Beliau juga menyatakan bahwa keputusan yang ditetapkan oleh pemerintah pusat adalah langkah terbaik dalam upaya mencegah penyebaran dan memutus rantai virus corona untuk bermutasi.

Pemerintah Daerah Bali menghimbau untuk para warganya untuk mendukung kebijakan yang ditetapkan pemerintah pusat terkait pelarangan mudik libur Lebaran. Wakil Gubernur Bali Cok Ace juga memberikan pernyataan bahwa pihak pemerintah daerah Bali tengah berupaya dalam mengkaji terkait penetapan surat edaran dalam pelarangan mudik.

Penulis: Ni Kadek Sinta Devi Setiawati, Universitas Jember, Kelompok 10 Event & News, Internship Generasi Pesona Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here