Kenikmatan Kuliner Legendaris Soto Krandegan

Advertisement
Soto Krandegan (Foto: https://visit.banjarnegarakab.go.id/)

Sto Krandegan – Jika membicarakan soto, sudah pasti masyarakat Indonesia sudah tidak asing lagi dengan makanan berkuah ini.

Banyak sekali jenis soto yang tersebar di Indonesia dengan ciri khas masing-masing. Misalnya saja soto Madura, soto Lamongan, soto Betawi, soto Padang, soto Sokaraja, dan masih banyak lainnya.

Daerah lain yang juga memiliki soto khas adalah Kabupaten Banjarnegara, dengan nama Soto Krandegan, atau biasa disebut ‘Soping’.

Baca juga:
* Gurihnya Kuah Soto Mie Bogor, Sajian Kuliner Khas Kota Hujan

Mengapa disebut ‘Soping’?

Rupa-rupanya ‘Soping’merupakan singkatan dari Soto Pak Aping, atau soto dengan daging sapi dan kuah santan yang kental.

Pak Aping sendiri merupakan nama salah satu pedagang soto Krandegan yang paling legendaris. Bukan tanpa sebab, julukan legendaris ini diperoleh karena Soping ini sudah ada sejak tahun 1930. Saat ini, warung  soto dikelola oleh Abid, yang merupakan generasi ketiga dari Pak Aping.

Soping ini terasa lebih lezat karena daging sapi yang digunakan hanya bagian iga dan daging bagian dalam saja. Apalagi daging ini dimasak lebih dari 3 jam sebelum disajikan, sehingga pastinya terasa empuk dan minim lemak.

Aroma kuah santan kuat karena ada tambahan rempah-rempah dan warnanya yang sedikit kuning berasal dari bahan alami, yaitu kunyit.

Dengan menambahkan tauge, kecap, sambal, serta taburan bawang goreng dan daun bawang maka rasa soto akan semakin lengkap.

Biasanya soto Krandegan disajikan dengan ketupat, namun bisa juga digantikan dengan lontong ataupun nasi, bisa juga dilengkapi dengan kerupuk bangjo, atau kerupuk warna-warni.

Satu porsi soto Krandegan berkisar sekitar Rp. 12.000-RP. 13.000 saja. Harga ini bisa dibilang terjangkau, karena dalam satu piring Soping terdapat kelezatan yang tidak dapat ditemukan di soto-soto lainnya.

Soto Krandegan Pak Aping berlokasi di Jl. Mayjend Soetojo No.35, Krandegan, Kec. Banjarnegara, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah.

Lokasinya bisa dibilang strategis karena dekat dengan Pasar Kota Banjarnegara, Alun-Alun Kabupaten Banjarnegara, serta jalur lintasan menuju Wonosobo, Semarang, Yogyakarta, dan Purwokerto.

Baca juga:
* Soto RM Sinar Pagi, Kuliner Legendaris di Kota Medan

Kedai Soping ini buka dari pagi hingga sore hari. Bagi yang sedang atau akan pergi ke Banjarnegara, pastikan kalian mampir ke Soto Krandegan Pak Aping ini.

Penulis: Tiara Rosivanengtyas, Universitas Jenderal Soedirman, Peserta Magang GenPInas 2021

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here