Kuliner Legend di Bandung, Raos Pisan Euy!

Haloo sobat, kumaha damang? Bandung menjadi salah satu destinasi yang paling sering dikunjungi di Jawa Barat. Tatanan kota nan apik dan suasana sejuk khas nya, membuat kota metropolitan ini cocok dijuluki sebagai kota Paris Van Java. Tidak hanya tempat wisata nya yang hits dan kece, ragam cita rasa kuliner Bandung juga tak boleh kamu lewatkan loh. Di tengah gempuran menu kekinian dan inovatif, kuliner nusantara legendaris kota Bandung ini tak kalah eksis dan semakin menggugah selera. Berikut kuliner legendaris di Bandung dengan cita rasa nostalgianya.

  1. Lotek Kalipah Apo 42

Bukan pecel, bukan gado-gado, lotek tetap memiliki cita rasa sendiri yang juga dapat memanjakan lidah. Siraman bumbu khas diatas rebusan sayur segar seperti tauge, kol, kangkung dan nangka menjadi santapan pilihan bagi siapa saja yang berkunjung ke Bandung, tepatnya di Jalan Kalipah Apo no. 42. Tempat kuliner ini sudah ada sejak tahun 1953 loh. Awalnya masih berbentuk jajanan pinggiran, namun setelah semakin berkembang, terbentuklah bangunan sederhana sebagai tempat makan yang nyaman bagi pengunjung. Tidak hanya lotek, menu yang disajikan pun beragam seperti gado-gado, laksa ayam, lontong kari, bihun, aneka rujak hingga tahu goreng serta ragam minuman pelengkap. Harga yang ditawarkan kan pun cukup terjangkau. Cukup membawa sekitar Rp 50.000, satu orang bisa merasakan beberapa menu sajian yang tersedia di warung Lotek Kalipah Apo 42 ini. Lotek Kalipah Apo di buka setiap senin – sabtu pukul 08.30 – 17.00 WIB.

  1. Roti Sidodadi

Nah, setelah menyantap lotek, kamu bisa langsung cicipi beragam sajian olahan roti dan kue yang tak jauh dari lokasi Lotek Kalipah Apo 42 tadi sobat. Toko roti yang sudah ada sejak tahun 1960-an ini, tak pernah sepi pengunjung loh. Jadi kamu harus rela mengantri ya untuk dapat menikmati sajian roti khas nya. Roti Sidodadi, memiliki lebih dari 30 varian rasa roti dengan kisaran harga Rp 3.000 – 21.000. Varian yang paling banyak diminati diantaranya roti krenten (kismis), coklat, mocha, keju, kornet keju, smoked beef dan masih banyak lagi. Toko yang berlokasi di Jalan Oto Iskandardinata No. 255 Bandung ini, di buka setiap hari pada pukul 10.00 – 20.00 WIB. Khusus di hari minggu, Roti Sidodadi tutup lebih cepat yaitu pukul 15.00 WIB.

  1. Sate DJ

Pindah ke kawasan Jalan Jenderal Sudirman, kamu wajib coba nih Sate DJ yang sudah ada sejak tahun 1984. Sate yang memiliki bumbu rahasia andalan ini, memiliki varian bumbu yaitu asin, asin pedas sedang, dan asin pedas banget.  Inilah yang membuat kuliner sate ini berbeda dengan sate pada umumnya, yaitu disajikan tanpa bumbu kacang. Penasaran kan sobat? Kamu bisa mengunjungi Sate DJ ini tepatnya di Jalan Jend. Sudirman nomor 276, Kebon Jeruk, Andir, Kota Bandung. Kedai ini dibuka setiap hari pukul 15.00-21.00 WIB.

  1. Warung Nasi Ibu Imas 81

Kali ini kita ke kawasan Pungkur, tepatnya di Jl. Pungkur No.81, Pungkur, Kec. Regol, Kota Bandung, Jawa Barat. Ada Warung Nasi Ibu Imas 81, yang sangat tersohor dan terkenal dengan cita rasa khas sunda nya yang raos pisan euy! Warung makan legendaris yang sudah memiliki banyak pelanggan ini, pertama kali dirintis di tahun 1980-an. Kamu dapat menikmati nasi hangat, aneka sambal dan lalapan, serta santapan menu khas sunda seperti pepes ikan, karedok leunca, sop kikil dan masih banyak lagi menu lainnya. Dan tak perlu khawatir ya sobat, karena Warung Nasi Ibu Imas 81 ini, buka setiap hari 24 jam.

  1. Bakso Cuankie dan Batagor Serayu Bandung

Terletak di Jalan Serayu no. 2, Cihapit, Bandung Wetan, ada tempat makan kuliner yang banyak dinikmati loh sobat. Namanya Cuanki dan Batagor Serayu yang sudah ada sejak tahun 1990-an. Seperti namanya, tempat makan ini menyajikan menu bakso dan batagor yang untuk daapat menikmatinya kamu harus rela antri panjang. Konon, pada awalnya sang penjual mengawali bisnis kuliner ini dengan berjualan cuanki di gerobak pikul. Kini di lokasi tempat makan, kamu dapat memilih suasana indoor atau outdoor untuk bisa merasakan sensasi lezatnya santapan serayu ini. Wah kebayang kan, kalo kamu menyantapnya di tengah siang bolong dan dipadukan dengan pedasnya sambal? Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau sobat, yaitu kisaran Rp 20.000 – Rp 38.000. Bakso Cuankie dan Batagor Serayu ini dibuka setiap hari pukul 11.00 – 19.00 WIB. Khusus di hari Jumat, dibuka pukul 13.00 WIB.

Bagaimana sobat, ngga kalah kan dengan menu kekinian lainnya? So, wajib dicoba ya!

Source: https://www.nativeindonesia.com/kuliner-bandung/
https://travelingyuk.com/lotek-kalipah-apo-42/119124

(Kontributor Najmah Oktama Wulandari, Sastra Indonesia, Universitas Negeri Jakarta, Program Internship Genpinas 2020)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here