Kohu Kohu Makanan Khas Maluku yang Nikmat dan Segar

Kohu Kohu - @glennstenn
Kohu Kohu, makanan khas Maluku. (Gambar: Instagram @glennstenn)

Genpi.id – Sudah pernah mencicip Kohu Kohu, kuliner khas Maluku? Selain papeda, kamu harus mencoba makanan ini kalau sedang berlibur di Maluku. Makanan ini enak dan patut kamu coba.

Kohu Kohu adalah makanan yang berbahan sayur-sayuran rebus dengan tambahan kelapa parut yang diberi bumbu. Bahan-bahan biasanya terdiri dari kacang panjang dan buncis. Masyarakat Maluku terkadang menambahkan kangkung dan bayam. Juga ditambahkan daun kemangi untuk menambah aroma.

Kalau kita lihat-lihat tampilannya, Kohu kohu ini sangat mirip sekali dengan urap sayur di Jawa. Atau Anyang di Sumatera. Hanya berbeda sedikit bahan-bahan untuk campurannya saja.

Apa yang membedakan KohuKohu dengan urap pada umumnya? Bedanya adalah, ada suwiran ikan asar. Yaitu ikan asap yang menjadi campuran. Bisa juga menggunakan tongkol kukus, teri basah, atau pindang.

Dengan menambahkan ikan ke Kohu-Kohu, sudah tentu akan memberikan rasa gurih dan nikmat. Apalagi kalau makannya dengan kasbi, yaitu singkong rebus atau kukus.

Kalau kita penasaran dan ingin mencoba membuat di rumah, tidak susah caranya. Sangat simpel dan mudah.

Tinggal cari saja beragam sayuran yang cocok untuk dibuat. Lalu beli juga ikan teri atau ikan tongkol. Semuanya biasanya tersedia di pasar tradisional terdekat dari rumah.

Cara membuatnya sama seperti membuat urap. Bahan sayuran bisa direbus atau dikukus. Saat sudah selesai, sebelum disajikan bisa kita tambahkan perasan jeruk lemon cui. Agar ada sedikit rasa asam yang menyegarkan.

Untuk teman makannya, bisa kita tambahkan singkong atau ubi rebus.

Kebayang kan bagaimana rasa segar dan nikmatnya makanan khas Maluku ini. Selain enak, tentu saja memiliki banyak nutrisi dari beragam sayuran yang menjadi bahannya.

Baca juga:
* Pantai Ora yang Menggetarkan Hati, Cocok Buat Honeymoon

Kalau berlibur ke Ambon, coba tanyakan kepada temanmu disana. Bagaimana kita bisa mencicipi Kohu Kohu, makanan sehari-hari mereka.

Mudah menemukannya. Bisa di rumah, di acara adat, perayaan hari besar, pesta pernikahan atau syukuran, dan lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here