Kisah Cinta Masa SMA, Film Mariposa

Sumber foto : https://www.pikiran-rakyat.com

Terkadang mempunyai kepribadian yang bucin alias budak cinta, dengan orang yang tidak tertarik dengan kita memang sulit. Dikarenakan nantinya bisa kena nyinyiran dari lingkungan sekitar, dan sikap penolakan dari sang pujaan hati pun bikin jengkel juga. Namun sebuah perjuangan dari seorang bucin, demi mendapatkan sang pujaan hati ternyata mendapatkan hasil yang membahagiakan dalam film Mariposa yang tayang mulai 12 Maret di bioskop.

Bercerita tentang sebuah film yang berjudul Mariposa, yang latar belakangnya kisah percintaan seorang siswi SMA cantik nan pintar bernama Acha. Dan dia jatuh cinta setengah mati pada seorang siswa tampan yang juga pintar bernama Iqbal. Berbicara mengenai karakter yang bernama Acha ini, dia enggak segan-segan untuk mendekati Iqbal secara frontal. Bahkan hal-hal seperti Acha meminta nomor ponselnya, pura-pura tenggelam, bahkan secara terang terangan mengakui bahwa dirinya jatuh cinta pada Iqbal pun dilakukan. Akan tetapi, sosok karakter dari Iqbal merupakan lelaki yang terkenal paling dingin satu sekolah. Dari sinilah perjuangan sosok Acha yang tidak mudah untuk merebut hati Iqbal. Sambutan yang baik untuk film ini sejak tanggal perilisannya karena dapat menghadirkan kisah cinta yang menggemaskan ala cinta remaja.

Dalam film ini tidak hanya menghadirkan masalah percintaan saja, ada juga masalah dari sekolah, hubungan dengan orang tua, yang ditampilkan sesuai dengan proporsinya. Berlanjut dengan cerita yang makin emosional ditambah dengan sinematografi dan tone gambar. Dan suasana yang menggambarkan ala drama Korea dirasa tepat dalam menyajikan konten film menjadi “muda” dan segar. Maka dari itu penyesuaian scoring dari film ini enggak terkesan berlebihan.

Dan kemungkinan film yang seperti ini jadi momen yang tepat untuk digarap oleh Fajar Bustomi. Analoginya seperti seorang fisikawan, Fajar Bustomi ini sudah hafal rumusnya bikin film cinta-cintaan remaja di Indonesia. Bahkan untuk menempati peran Acha dan Angga dalam film ini, memilih Adhisty Zara sebagai Acha dan Angga Yunanda sebagai Iqbal merupakan keputusan yang tepat. Apalagi dari momen dan penampilan keduanya bikin penonton beranggapan bahwa enggak ada yang lebih cocok jadi Acha dan Iqbal kalau bukan Zara dan Angga.

Karena mereka berdua sudah menjadi dua bintang remaja ini, punya chemistry yang lekat. Hubungan emosional mereka sudah terjalin ketika bermain di film Dua Garis Biru (2019) dan terbawa ke film ini. Meskipun dari karakter Dara dan Bima memang berbeda jauh sama karakter Acha dan Iqbal, dan mereka mampu menampilkan karakter baru dan berbeda dengan epic dan berhasil. Kemudian dalam film ini ada pencapaian terbaik untuk Zara, dalam karakter Acha ini setelah karakter Dara di Dua Garis Biru. Bahkan ketika acting genitnya Acha menggoda Iqbal, gemesinnya saat dia sengaja cari perhatian sampai berbalik untuk enggak lagi menaruh harapan pada Iqbal. Dan semua itu dilakukan dengan baik dan sekali lagi karakter Acha ini “Zara banget”.

Adapun peran selain Zara dan Angga juga tidak kalah pentingnya, ada beberapa karakter lain yang melakukan tugasnya sesuai porsi, seperti Aryo Wahab sebagai Boy (ayahnya Iqbal) dan Ersa Mayori sebagai Kirana (ibunya Acha). Kemudian ada juga teman-teman Acha yang diperankan Dannia Salsabila, Abun Sungkar, dan Junior Roberts. Selanjutnya untuk pengambilan Ide cerita Mariposa ini diambil dari sebuah novel karangan Luluk HF yang sempat viral.

Dan banyaknya pembaca tulisan Mariposa ini mencapai lebih dari 100 juta kali dibaca, tulisannya sudah dibukukan dalam sebuah novel dan kini difilmkan. Dan karya dari Luluk HF memang patut untuk diapresiasi dan Mariposa ini bukan film pertama yang lahir dari tulisannya.Jadi, buat kalian yang mencari film romantis dengan segala gimmick menggemaskan ala kisah cinta anak muda zaman sekarang, film Mariposa adalah jawabannya.

Ditulis Oleh Aunur Rahman. Mahasiswa Jurnalistik UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Program Magang Internship Genpinas 2020.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here