Kebun Teh Nlinggo: Kesejukan di Tengah Panasnya Jogja

Sumber :Dok Pribadi


Wah panas-panas di Jogja kayak gini enaknya ngapain ya? Masak cuma ngadem di rumah terus? Pasti kalian pengen menikmati suasana dingin-dingin kan? Nah tenang Jogja masih menyimpan berbagai jenis objek wisata lho. Kali ini objek wisata yang akan dikenalkan adalah Kebun The Nglinggo yang ada di Kulon Progo.
Desa Nglinggo merupakan desa wisata dengan daya tarik wisata alamnya yang berupa kebun teh. Perkebunan ini terletak di Pedukuhan Nglinggo, Kelurahan Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kulon Progo. Dinas Perkebunan setempat mulai melakukan penanaman teh pada tahun 1991 di Pedukuhan Nglinggo. Lokasi ini dipilih oleh dinas setempat karena berada pada ketinggian 900-1000 mdpl sehingga cocok untuk ditanami teh.


Pada tahun 2004, Dinas Pariwisata dan Bupati Kulon Progo meresmikan sebagai Desa Wisata Nglinggo dengan daya tarik kebun teh. Potensi atraksi wisata di Nglinggo ini tidak hanya berupa perkebunan teh saja, tetapi juga ada atraksi budaya dan buatan. Atraksi alamnya pun masih ada beberapa potensi lagi seperti Gunung Jaran, Bukit Ngikis, dan Grojogan Watu Jonggol. Untuk atraksi budayanya berupa Tari Lengger Tapeng, Tari Jathilan, Tradisi Saparan, pembuatan gula aren, pembuatan teh sangrai, pembuatan kopi hitam, pelatihan batik tulis. Selain kedua jenis atraksi tersebut masih ada atraksi buatan, seperti offroad dengan menggunakan mobil jeep.


Akses menuju Desa Nglinggo bisa dikatakan tidak terlalu mudah dan tidak terlalu sulit. Jika dilihat dari kondisi jalan hampir semua akses menuju ke desa ini sudah teraspal semua. Namun, jarak dari Kota Jogja juga lumayan jauh yang hampir bisa ditempuh selama satu setengah jam. Selain itu, akses pada saat mendekati objek wisata berupa tanjakan ekstrim semua. Jadi pengunjung harus mengecek kondisi kendaraannya apakah kuat untuk melintas di jalan tanjakan tersebut. Pengunjung juga harus berhati-hati pada saat pulang dari Nglinggo karena setelah melewati tanjakan yang curam, pengunjung akan melintasi jalan turunan yang ekstrim. Akan tetapi, kesulitan-kesulitan tersebut dapat diobati dengan pesona keindahan dan ketenangan kebun teh Nglinggo.


Sesampainya di sana, pengunjung akan melihat hamparan kebun teh yang indah. Daya tarik tersebut seakan membentuk pola unik yang menjadi ciri khas dari kebun teh. Awalnya kebun the tersebut memang tidak difungsikan sebagai tempat wisata, tetapi seiring berjalannya waktu mulai banyak orang yang mengunjunginya. Selain di kebun teh, pengunjung juga dapat pergi ke Bukit Ngisis yang bersebelahan dengan kebun teh. Ketika masuk ke bukit ini, pengunjung akan dikenakan biaya Rp5.000,00 dan akan mendapatkan produk teh hasil olahan masyarakat sekitar. Bukit Ngisis merupakan tempat yang dapat digunakan untuk beristirahat sembari menikmati pemandangan kota dari atas bukit bagi pengunjung. Terdapat beberapa gardu pandang dan objek yang dapat digunakan untuk berswafoto oleh para pengunjung.

Kontributor Herlambang Eka Persada, Universitas Gadjah Mada, Program internship Genpinas tahun 2020, Kelompok 11 Ekonomi Kreatif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here