Kalyan, Kedai Kopi Lokal Yang Berhasil Membuka Cabang di Jepang

Advertisement
Kopi kalyan resmi membuka cabang di Tokyo Jepang - @kopikalyanjapan
Kopi kalyan resmi membuka cabang di Tokyo Jepang. (Foto: IG @kopikalyanjapan)

Kopi merupakan sebuah minuman berkafein yang memiliki penggemar cukup banyak yang tersebar di seluruh belahan dunia. Kopi juga memiliki beraneka ragam jenis dengan cita ras yang berbeda–beda. Dengan banyaknya jumlah penggemar kopi menjadi salah satu hal yang melatarbelakangi menjamurnya kemunculan kedai kopi di daerah perkotaan.

Selain mengedepankan kualitas kopi yang disajikan, desain ruangan yang terlihat aestetik menjadi hal yang cukup vital ketika ingin mendirikan sebuah kedai kopi.

Baca juga:
* Segmentasi Pasar Health dan Wellness Tourism

Dulu kopi hanya di dominasi oleh brand–brand besar seperti starbucks, excelso dan coffee toffee. Kini mulai bermunculan kedai kopi indi yang mulai menjamur di kalangan anak muda Indonesia.

Janji Jiwa, Kopi Kenangan, Kopi Lain Hati, menjadi brand–brand baru yang mulai mendominasi setiap sudut kota metropolitan.

Namun tahu kah kamu, selain ketiga jenis brand tersebut ada satu kedai kopi yang sukses membuka cabang di negara sakura.

Kopi Kalyan adalah sebuah kedai kopi yang berdiri di daerah ibu kota. Dan telah berhasil membuka salah satu cabangnya di Jepang, tepatnya di Tokyo Garden Square Harajuku, Shibuya.

Gerainya buka setiap hari mulai pukul 09.00 – 20.00 waktu Tokyo. Tempat ini bisa menjadi sebuah alternatif bagi para WNI yang sedang menetap ataupun berlibur di negara tersebut. Terutama bagi ingin mengobati rasa rindu dengan cita rasa kopi asli Indonesia.

Resmi dibuka pada 24 desember 2020, kedai kopi ini memiliki visi untuk menyebarkan dan mengenalkan kopi asli Indonesia kepada masyarakat Jepang.

Tidak hanya minuman, kedai kopi ini juga menjual aneka macam cemilan pendamping khas Indonesia.

Bangunan yang di desain dengan konsep ala Jepang membuat kedai kopi yang satu ini mampu membuat pengunjung betah untuk singgah berlama – lama.

Kenny Erawan Tjahyadi dibantu oleh lima rekan pengusaha lainnya mendirikan Kopi Kalyan dengan menu yang sama persis seperti yang ada di tanah air.

Harga yang dipatok paling murah datang dari varian espresso yang dibanderol dengan harga 400 yen, cafee mocha 650 yen , piccolo 500 yen dan lain sebagainya.

Kenny yang merupakan salah satu anggota forum BBB (Forum Ekonomi Bisnis Baru Bersama). Sebuah kolompok bisnis yang berusaha meraih jaringan di 47 perfektur di Jepang. Akan menjadi kelompok bisnis terbesar WNI yang ada di jepang.

Forum BBB mengumumkan bahwa WNI yang berada di Jepang bisa masuk dalam forum tersebut secara gratis. Caranya hanya dengan mengirimkan foto Zairyu Card beserta nomor telepon.

Dengan adanya gerakan ini diharapkan mampu untuk meningkatkan kualitas SDM Indonesia yang berada di Jepang. Sekaligus mengangkat derajat bangsa kita di mata negara lain.

Baca juga:
* Kontribusi Industri Kreatif dalam Pemberdayaan Difabel

Bagaimana menurutmu Kopi Kalyan? Ada cita-cita ingin membuat hal yang sama, membuka cabang di luar negeri? Semoga sukses ya.

Ditulis oleh Fanny Nur Aprilia. Kelompok 10. Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Dr. Soetomo Surabaya. Program Magang Genpinas 2021.

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here