Jokowi Kenakan Pakaian Adat Sasak, Netizen Ramai Berkomentar

Ada yang unik dari Sidang Tahunan MPR 2019, Jumat (16/8/2019), dimana Presiden Joko Widodo mengenakan pakaian adat Sasak Nusa Tenggara Barat (NTB).

Pakaian adat Sasak adalah daya tarik saat kamu berkunjung ke Lombok. Pakaian ini mencerminkan tradisi unik dari Suku Sasak yang hingga saat ini masih memptertahankan budayanya. Semakin menarik kala orang nomor satu di Indonesia mengenakannya.

Baca juga
* Pesona Wisata Berkuda di Lombok NTB

“Ini pakaian adat dari bumi Sasak,” Jelas Jokowi sebelum dirinya menyampaikan pidato kenegaraan.

Jokowi mengatakan, dirinya mengajak untuk kembali kepada semangat pendiri bangsa. Bahwa Indonesia ini bukan hanya Jakarta saja dan bukan Jawa saja. “Indonesia adalah seluruh pelosok Tanah Air,” katanya.

“Pembangunan yang dilakukan harus Indonesia-sentris, dinikmati oleh seluruh pelosok di Nusantara,” Tegas Jokowi.

Jokowi juga mengunggah fotonya mengenakan busana Sasak ke akun instagam pribadinya, @jokowi. Bukan hanya sekali, Presiden RI ini 2 kali mengunggah fotonya mengenakan busana yang sama.

Melihat Presidennya mengenanak pakaian adat Sasak yang memberikan kesan megah dan unik, netizen pun beramai-ramai memberikan tanggapan.

Jokowi mengenakan pakaian adat sasak lombok
Jokowi mengenakan pakaian adat Sasak Lombok. (Foto: IG @jokowi)

Apa saja tanggapan netizen?

Tanggapan netizen begitu beragam. Berikut ini kita bahas sebagiannya.

Melihat 2 foto tersebut banyak netizen yang apresiasi Jokowi. Salah satunya adalah akun @komandanirham yang merupakan putra asli Lombok.

“Saya putra daerah asli Lombok suku sasak, yang juga memilih bapak pada pilpres 2019, mengucapkan terimakasih atas segala bentuk perhatian dan termasuk memilih pakaian adat suku sasak sebagai pakaian yang bapak presiden kenakan tadi saat rapat sidang bersama DPR RI & DPD RI tahun 2019. SDM unggul, Indonesia maju. Dirgahayu RI ke-74. Merdeka!” Ujar @komandanirham.

Lalu akun @upik_andtheband juga menanggapi foto tersebut. “Semoga bapak menjadi positif infuencer bagi anak2 muda untuk belajar dan bangga tentang adat daerahnya masing ..serta bangga memakai baju adat mereka”

“Salam hormat untuk Bapak @jokowi terima kasih untuk kinerja bapak dan sy pribadi sebagai anak sasak berbangga bapak menggunakan baju adat daerah kami…sekali lagi terima kasih,” @queendava yang juga keturunan Sasak tak mau ketinggalan menanggapi.

Saat tulisan ini diturunkan, Foto Jokowi mengenakan pakaian Adat Sasak sudah mendapatkan 1,27juta like dan 13,5ribu komentar.

Sama seperti di foto pertama, di foto kedua Presiden Joko Widodo masih menggunakan busana yang sama. Hanya saja dengan posisi sedikit membelakangi kamera dan ada sang cucu, Jan Ethes yang terlihat melihat kearah belakang Jokowi.

Lucunya adalah, caption di foto ini Jokowi lebih memilih kata-kata santai dan becanda yang ditujukan kepada cucu kesayangannya itu.

“Cilukbaaa …” tulis Jokowi singkat.

Foto dan caption difoto kedua ini juga membuat banyak netizen berkomentar. Bukan busana yang dikenakan yang jadi bahasan, namun caption Pak Presiden yang membuat kolom komentar ramai.

Seperti akun @avifahve yang mengatakan, “akhirnya caption pak jokowi nggak rasa balai pustaka 😂😂😂”

Lalu akun @rudyarmlywn berkomentar, “ig presiden captionnya gini wkwkwk”

“Lucu bangetttt caption sama fotonya, pas sekali,” kata @alvinadetia.

“Presiden juga seorang Kakek buat cucunya, sama seperti rakyat Indonesia yang dilengketi sang cucu.” @mbahmijan membela.

“Caption tersingkat dan terkocak RI 1 nih,” @pudingpu.

Bukan di Instagram saja, Pak Jokowi pun mengunggah fotonya di twitter. Di kedua foto tersebut Jokowi ditemani oleh 2 cucunya.Makna Baju Adat Sasak.

Makna Pakaian Adat Sasak

Seperti sudah dijelaskan di bagian awal, pakaian yang dikenakan oleh Jokowi disebut Pegon, yang menjadi lambang keagungan dan kesopanan.

Pegon biasanya berwarna hitam polos, dan bagian belakangnya dimodifikasi di sebagai tempat menyelipkan keris.

Kain songket berbenang emas digunakan di bagian pinggangnya, yang berfungsi sebagai penghias.

Menambah bagus Pegon,digunakanlah kain songket berbenang emas di bagian pinggang. Tidak berfungsi sebagai ikat pinggang, namun sebagai penghias atau aksen saja.

Di bagian kepala ada Sapuk, semacam mahkota yang melambangkan kejantanan. Memiliki fungsi dan makna untuk menjaga pikiran yang memakainya dari hal-hal yang tidak baik.

Bisa dibuat dari bahan kain batik, pelung, ataupun songket; Sapuk yang dikenakan Jokowi juga melambangkan penghormatan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Untuk bawahannya, Jokowi menggunakan songket berwarna hitam dominan dan emas sebagai padanan baju sasak.

Kalau para pemangku adat dan pengayom masyarakat, selalu disertakan pula selendang umbak. Selendang yang melambangkan kebijakan dan kasih sayang ini dibuat dengan ritual tertentu dalam adat Sasak.

Baca juga:
* Punya waktu 3 Jam, Memang Bisa ke Mandalika Lombok? Baca ini!

Di acara Sidang Tahunan MPR 2019 dan di instagramnya, Jokowi tidak mengenakan selendang umbak.

Jokowi juga menyelipkan keris kecil di dada dan juga gantungan rantai di kantungnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here