Jendela Alam, Tempat Wisata Edukasi Anak di Lembang

Advertisement
Jendela Alam Lembang Bandung Barat - Hendi-Suhendi
Jendela Alam di Lembang, Bandung Barat. Tempat berwisata sekaligus edukasi yang asyik untuk anak-anak. (Foto: Hendi Suhendi)

Lembang Bandung Barat sudah lama menjadi daerah incaran para wisatawan dari berbagai kota di Indonesia. Pemandangan yang indah serta udaranya yang sejuk membuat wisatawan ingin balik lagi kemari.

Banyak wisatawan yang mengunjungi Lembang untuk berlibur bersama keluarga di akhir pekan. Namun, tak banyak yang tahu bahwa Lembang mempunyai tempat wisata edukasi untuk anak. Tempat tersebut bernama Jendela Alam.

Baca juga:
* Sanghyang Kenit Spot Foto Keren di Kabupaten Bandung Barat

Jendela Alam Lembang Bandung Barat - @jendelaalambandung 2
(Foto: IG @jendelaalambandung)

Sesuai dengan namanya, yaitu Jendela Alam, tempat wisata ini menyuguhkan pemandangan alam yang indah. Selain alam yang indah, daya tarik lainnya adalah adanya peternakan berbagai macam hewan.

Juga mempunyai perkarangan kebun yang bisa digunakan sebagai tempat bermain sekaligus belajar anak-anak.

Tempat yang memiliki konsep bermain sambil belajar ini beralamat di Jalan Sersan Bajuri Km. 4,5 Cihideung, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat.

Melihat konsepnya, tak heran kalau tempat wisata ini sering dikunjungi oleh murid-murid usia Sekolah Dasar ataupun Taman Kanak-kanak.

Jendela Alam beroperasi di hari Senin hingga Jumat pukul 09:00 hingga 15:30 WIB. Dan di hari Sabtu dan Minggu serta libur nasional buka pukul 09:00 hingga 16:00 WIB.

Harga tiket masuk Jendela Alam terbilang murah. Bagi wisatawan yang berkunjung di hari Senin hingga jumat dikenakan biaya Rp 20.000,-. Dan bagi wisatawan yang berkunjung di hari libur (Sabtu, Minggu, dan libur nasional) dikenakan biaya Rp 25.000,-.

Untuk wisatawan yang memulai perjalanan dari Bandung, bisa melalui rute utama jalan Setiabudi – Ledeng – belok ke kiri dari pertigaan Terminal Ledeng – ikuti terus sampai tujuan.

Sedangkan wisatawan yang mulai perjalanan dari arah Lembang, bisa melalui rute arah Parongpong. Wisatawan sangat disarankan menggunakan kendaraan pribadi mengingat masih sedikit angkutan umum yang beroperasi.

Jendela Alam Lembang Bandung Barat - @jendelaalambandung
(Foto: IG @jendelaalambandung)

Jendela Alam memiliki kakak pemandu yang akan memandu anak-anak selama berkegiatan di sini. Kegiatan yang dilakukan oleh kakak pemandu yaitu memetik tanaman. Selain memetik, anak-anak juga diberikan ilmu oleh kakak pemandu mengenai cara menanam dan memupuk.

Hasil tanaman yang telah dicabut akan dibersihkan oleh kakak pemandu. Setelah itu, anak-anak akan dipandu untuk beri makanan kepada hewan yang ada di tempat ini.

Tak hanya memetik hasil tanaman dan memberi makanan ke hewan, di sini anak-anak juga dapat mengasah kreativitas. Kegiatan diantaranya yaitu menggambar dan mewarnai, membentuk dan menghias tanah liat, dan lain sebagainya.

Selain itu, di tempat ini memiliki wahana asyik dan seru untuk anak-anak. Beberapa wahana tersebut diantaranya yaitu flying fox, trampolin, kereta mini, dan lain-lain. Beberapa wahana tersebut memiliki tarif yang berbeda-beda dan harganya bisa berubah sewaktu-waktu.

Baca juga:
* Rempug Tarung Adu Tomat

Bagaimana? Terarik untuk mengunjungi tempat ini? Yuk ajak anak-anak ke sini! Bermain sambil belajar di Jendela Alam Lembang Bandung Barat. Anak-anak akan senang sekaligus mendapatkan ilmu langsung di alam.

(Penulis: Evo Nella Siregar, Universitas Pendidikan Indonesia, Peserta Magang GenPInas 2021)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here