Jamu, Alternatif Minuman saat Nongkrong di Tasikmalaya

Warung Jamu Tasikmalaya - @dbhobhoco
(Foto: IG @dbhobhoco)

Kedai Jamu di Tasikmalaya – Sahabat Genpi pasti sudah sering banget ngumpul-ngumpul bareng temen. Biasanya, acara ngumpul-ngumpul itu ditemani oleh beberapa cemilan dan pastinya kopi.

Hal ini sepertinya sudah menjadi tradisi, khususnya anak muda Indonesia, jika akan ngumpul, harus ada kopi. Namun, tidak semua orang bisa menikmati kopi. Ada beberapa hal yang membuat orang tidak bisa menikmati kopi, maag misalnya.

Tapi tenang saja, bagi kalian yang tidak menikmati kopi, entah itu karena tidak suka atau apapun, jangan khawatir. Karena aktivitas ngumpul atau nongkrong tidak perlu selalu dengan kopi.

Di Tasikmalaya misalnya, ada satu kedai yang alih-alih menyediakan kopi, tapi menyediakan jamu. Ya, jamu! Salah satu minuman khas Indonesia, yang tentunya tidak diragukan lagi khasiatnya.

Baca juga:
* Kalyan, Kedai Kopi Lokal Yang Berhasil Membuka Cabang di Jepang

Kedai itu bernama Dbhobhoco, yang diambil dari kata boboko, yang berarti bakul dalam Bahasa Sunda. Kedai tersebut terdapat di dua tempat, yaitu di Jalan Perintis Kemerdekaan No. 234, dan di Jalan Tarumanegara No. 12 Kota Tasikmalaya.

Sebagaimana kedai-kedai pada umumnya, kedai jamu ini juga menyediakan tempat yang tentunya nyaman untuk sekadar ngumpul dan nongkrong.

Tentu saja, yang membedakan adalah sajiannya itu sendiri. Kedai Dbhobhoco menyajikan berbagai jamu yang bahan bakunya merupakan berbagai rempah-rempah segar. Seperti cengkih, kapulaga, jahe, madu, jeruk nipis, kunyit, dan masih banyak rempah-rempah lainnya.

Berbagai jenis rempah tersebut kemudian akan diolah langsung ketika ada pelanggan yang memesan.

Harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau. Sahabat Genpi sudah bisa menikmati minuman jamu dengan harga mulai Rp10,000.

Berbagai jenis jamu hasil olahan dan paduan dari rempah-rempah ini sangat cocok sekali untuk dinikmati pada saat malam hari. Karena tentu saja memberi efek hangat bagi tubuh. Juga membuat kegiatan ngumpul dan nongkrong bareng teman menjadi lebih hangat lagi.

Bukan hanya menghangatkan tubuh, tentu saja jamu juga memiliki berbagai khasiat lain bagi kesehatan, seperti meningkatkan imunitas, menyembuhkan batuk, pilek, dan berbagai manfaat kesehatan lainnya.

Di sisi lain juga, Kedai Dbhobhoco ini juga tentunya berperan serta dalam menggerakan kembali perekonomian di Indonesia. Berbagai rempah didapatkan dari pasar tradisional. Yang tentu saja menjadi salah satu sumber pendapatan pedagang atau petani rempah itu sendiri.

Keberadaan Kedai Dbhobhoco bisa dibilang melestarikan budaya minum jamu. Salah satu warisan budaya Indonesia yang harus kita lestarikan.

Jadi, buat sahabat Genpi yang setiap nongkrong nggak ngopi karena takut lambung sakit, tenang aja. Alternatif jamu ini tentu harus menjadi salah satu pilihan buat sahabat Genpi yang tidak suka meminum kopi.

Baca juga:
* Menikmati Ragam Kopi Khas Sumbar di Kafe Kawa Daun Medan

Kalau Sahabat Genpi sedang berada di Kota Tasikmalaya langsung saja mampir. Minum Jamu Tasikmalaya di Jalan Perintis Kemerdekaan No. 234, dan di Jalan Tarumanegara No. 12. Selalu jaga protokol kesehatannya ya!

Oleh: Mohammad Aqshal Fazrullah. Program Internship Genpinas 2021

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here