Punya waktu 3 Jam, Memang Bisa ke Mandalika Lombok? Baca ini!

Mandalika Lombok – Datang ke Lombok cuma buat transit terbang? Kamu bisa banget tetap berlibur di Lombok, walau hanya selama 3 jam. Kamu bisa datangi pantai Mandalika Lombok yang indah.

Pantai Mandalika berada di kabupaten Lombok Tengah, hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit bermobil dari Lombok International Airport (LIA). Jadi, kalaupun hanya memiliki waktu sekitar 3 jam saat transit di bandara ini, kamu bisa banget datangi pantai cantik ini.

Baca juga:
* Pesona Wisata Berkuda di Lombok NTB

Wajah Baru Mandalika, Jejak Pantai Kuta Lombok

Tanjung Aan dari arah laut - Mandalika Lombok - Muslifa Aseani
Biru laut yang menawan di Tanjung Aan, Mandalika Lombok. (Foto: Muslifa Aseani)

Nama Mandalika yang disematkan ke pantai Kuta Lombok, kini semakin eksis. Terutama karena pantai ini dijadikan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Menjadi salah satu dari lima Destinasi ‘Bali baru’ prioritas.

Lalu, apa sih keunikan Mandalika?

Yang utama, Pantai Mandalika memiliki pantai dengan ari laut biru yang memukau. Kamu mungkin sudah tahu karena banyak sekali yang merekomendasikan kamu untuk merasakan langsung tekstur pasir di pantai-pantai di kawasan Mandalika.

Iyap. Ada pantai dengan pasir sehalus tepung di sekitar letter board Mandalika. Plus pasir kasar seperti butiran merica di spot pantai Tanjung Aan. Dua pantai ini bisa kamu datangi dengan lama perjalanan tak lebih dari 1 jam.

Berikutnya, update feed media sosial kamu dengan foto-foto di kompleks Masjid Raya Nurul Bilad. Digadang-gadang sebagai kompleks Islamic Center terbesar di NTB selain Islamic Center di ibukota propinsi NTB – kota Mataram.

Selagi di Mandalika, masjid ini wajib kamu sambangi. Minimal, nge-vlog atau foto berlatar belakang gerbang masjidnya yang instagrammable.

Spot selanjutnya tentunya adalah destinasi wisata desa adat. Ada 2 desa yang bisa kamu datangi; ada Desa Sade dan Desa Ende.

Dua destinasi ini berada di jalur utama, penghubung bandara dan KEK Mandalika. Desa manapun yang kamu datangi, keduanya lengkap menyediakan wisata sejarah suku Sasak Lombok.

Kamu bisa berkeliling desa belajar sejarah dan budaya Suku Sasak Lombok. Selain itu tentunya kamu bisa menambah koleksi foto trip liburan kamu. Foto cantik, berlatar rumah tradisional Lombok yang unik.

Masjid Nurul Bilad - Kuta Mandalika Resort Lombok - Muslifa Aseani
Masjid Nurul Bilad – Kuta Mandalika Resort Lombok. (Foto: Muslifa Aseani)

Kuliner Khas Lombok

Empat destinasi sudah berhasil kamu datangi nih. Terus, apa bisa kulineran dan shopping oleh-oleh khas Lombok? Yay! Bisa banget dong.

Meski pilihan kuliner khas Lombok tidak selengkap jika eksplor kuliner di kota Mataram, Kamu tetap bisa mencoba beberapa kuliner yang ada di sekitar Pantai Mandalika.

Yang paling mudah dicari adalah kuliner nasi balap. Nasi balap termasuk kuliner sejuta umat yang paling sering kamu temui di banyak tempat wisata di Lombok.

Harganya pun sangat murah, dikisaran 5 ribu sampai 10 ribu rupiah. Bagi sebagian orang memang berpendapat tidak selezat Nasi Puyung atau nasi campur di warung kuliner khas Lombok. Tapi minimal kamu sudah sempat mencicipi rasa pedas khas dari sambal Lombok.

Tenun Khas Lombok

Desa Adat Sade - Muslifa Aseani
Selaian menyaksikan pertunjukan budaya di Desa Adat Sade, kamu bisa membeli oleh-oleh berupa kain tenun khas Lombok disini. (Foto: Muslifa Aseani)

Destinasi dan kuliner sudah. Sekarang waktunya berburu oleh-oleh. Nah, di 2 desa adat tersebut juga tersedia oleh-oleh khas Lombok.

Walau pilihan kualitas dan jenis perhiasan mutiaranya tidak lengkap, kamu masih bisa dapatkkan beberapa kerajinan khas Lombok juga disini.

Kamu bisa memenuhi tasmu dengan berbagai belanjaan oleh-oleh. Bisa membeli koleksi tenun khas Lombok, syal sederhana, set sarung dan selendang untuk calon ibu mertua, atau selimut adem dengan warna favorit gebetan kamu.

Daripada menyesal setelah sampai di rumah, belilah beberapa oleh-oleh dengan hiasan tenun khas Lombok disini.

Nah, dalam tiga jam, kamu bisa kembali ke bandara dan terbang dengan tenang. Tidak penasaran lagi dengan pesona yang ada di Mandalika Lombok.

Pun sudah kunjungi Mandalika Lombok, komplit dengan foto-foto pantai cantiknya plus wisata kuliner serta oleh-oleh kain tenun Lombok.

Trip singkat tapi seru. Keseumuanya hanya mengeluarkan biaya mulai dari 150 ribu sampai maksimal 300 ribu rupiah untuk sewa mobil. Dan di bandara, banyak sekali privat rental yang harganya bisa kamu nego.

Baca juga:
* Wagub NTB: ‘Hospitality’ Terlahir dari Dalam Hati

Pikir ulang deh kalau masih ragu berwisata ke Mandalika Lombok. Karena ini masih sebagian pesona yang bisa kamu dapatkan. Kalau kamu punya waktu lebih lama, tentu saja lebih banyak keindahan yang dapat kamu nikmati.

Selamat berlibur!

Kontributor: Muslifa Aseani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here