Intip Kuliner Nyentrik Ala Resto Raminten

Sumber Foto: commons.wikimedia.org

Pernah dengar tempat makan atau restoran yang ada nama ‘Raminten’ nya? Bagi kalian warga Yogakarta atau mahasiswa yang menuntut ilmu di kota ini, mungkin sudah tak asing lagi dengan nama Raminten. Raminten sendiri merupakan karakter dalam panggung ketoprak di Yogyakarta yang diperankan oleh Pak Hamzah, sebagai founder resto. Karakter perempuan yang diperankan oleh laki-laki ini dikenal jenaka dan pandai dalah hal menari sekaligus menyanyi.

Terlepas dari cerita sang pemilik, resto Raminten pertama kali dibuka tahun 2008 dengan nama The House of Raminten. Terletak di Jalan Faridan M. Noto No7, Kota Baru, Yogyakarta, resto ini menawarkan makanan dan minuman unik dengan harga yang terjangkau. Banyaknya pengunjung yang datang ke The House of Raminten karena penasaran, Pak Hamzah akhirnya melebarkan bisnis restonya dengan mendirikan The Waroeng of Raminten yang berada di Kaliurang dan Raminten’s Kitchen yang bersebrangan dengan SMA Stella Duce Yogyakarta.

Penasaran dengan menu di resto raminten ini? Yuk, intip apa saja yang disediakan.

1. Ayam Koteka

Sobat Genpi tahu apa itu koteka? Koteka adalah pakaian tradisional yang digunakan oleh laki-laki di suku-suku adat Papua. Nah, di The House of Raminten ada menu yang dinamakan ayam koteka. Bahan utamanya terdiri dari ayam dan telur yang dimasak dengan cara ongseng dengan bumbu khas. Penyajiannya sendiri dimasukkan ke dalam bambu sehingga mengingatkan kita akan koteka. Harganya sendiri dipatok Rp 18.000,-

2. Nasi kucing

Jika Sobat Genpi bertanya-tanya mengapa nasi kucing masuk list ini, nah saya katakan alasannya. Pernah bukan membeli nasi kucing. Dengan harga berkisar Rp 2rb-4rb, nasi dengan berbagai jenis pilihan lauk ini dibungkus dalam daun pisang atau kertas minyak makanan. Di The House of Raminten, uniknya nasi kucing ini berasal dari penyajian. Nasi kucing langsung disajikan diatas piring tanpa adanya pembungkus. Dengan harga mulai Rp 1rb-5rb, Sobat Genpi bisa mendapatkan makanan ini.

3. Mowo Jaran

Menu makanan apa yaa ini? Mowo jaran adalah ikan barakuda. Di The Waroeng of Raminten ikan ini digoreng dan disajikan dengan sambal. Harganya sendiri tergantung seberapa berat ikan yang kalian pilih.

4. Jus Kembang Katresnan

Jus ini terdiri dari jus melon, jus jeruk, dan sirup rasa framboz yang disajikan dalam gelas tinggi. Minuman ini bisa kalian temui di The Waroeng of Raminten.

5. Gajah Ndekem

Ndekem yang diartikan sebagai jongkok atau duduk sendirian di pojokan. Di The House of Raminten, yang ndekem bukan gajah loh yaaa. Gajah ndekem itu teh yang sedang ndekem itu apel utuh yang telah dikupas kulitnya. Minuman ini bisa Sobat genpi pesan dalam sajian dingin atau panas. Namun disarankan pilih penyajian panas agar rasa apelnya lebih keluar.

Itu dia kuliner dengan nama nyentrik di resto Raminten. Sebenarnya Sobat Genpi bisa menemukan menu lain seperti Mendolo Polo Kromo, Wedang Gedhang Lanang, Sop Segoro Amarto, Jus Purworukmi, dan masih banyak lagi. Tertarik dengan menu resto Raminten ini?

(Sumber Artikel: kompasiana.com; merahputih.com; pesona.co.id; merdeka.com; ceritakulineryk.wordpress.com)

Oleh Diah Ramadhanti Safitri, Prodi Administrasi Bisnis, Universitas Diponegoro pada Program Internship Genpinas 2020

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here