Ini Dia 4 Wisata Belanja di Yogyakarta

Mampir di Yogyakarta, belum lengkap rasanya jika belum berwisata. Terkenal sebagai Kota Pelajar, Yogyakarta punya segudang tempat wisata didalamnya. Mulai dari wisata alam hingga budayanya. Namun, siapa sangka kalau Yogyakarta juga bisa menjadi tempat spesial buat kamu para penggila belanja. Mulai dari yang antik hingga yang unik, semua ada di Yogyakarta. Penasaran? Ini dia informasinya !

  1. Malioboro dan Pasar Beringharjo

Siapa yang tak kenal dengan jalan ini? Namanya sudah mendunia hingga kancah internasional. Menjadi pusat daya tarik dari Yogyakarta, Malioboro adalah surga untuk para penggila belanja. Bagaimana tidak, banyak sekali barang yang bisa kamu dapatkan disini. Mulai dari makanan hingga pernak-pernik lucu, semuanya dapat kamu temui di Jalan Malioboro.

Salah satu spot favourite wisatawan adalah Pasar Beringharjo. Terletak di selatan Jalan Malioboro, pasar ini akan memuaskan hasrat belanjamu dengan barang-barang didalamnya. Batik Beringharjo, batik andalan wisatawan yang berburu oleh-oleh disini. Harganya pun sangat murah dan variatif, mulai dari Rp 15.000 hingga Rp 200.000. Selain batik, kamu juga dapat berburu pernak-pernik khas Jogja juga lho, seperti kerajinan kayu, wayang kulit, hingga baju bertuliskan Yogyakarta siap dibeli untuk buah tangan keluarga tercinta.

  1. Sentra Industri Bakpia Pathok

Bertandangan ke Yogyakarta kurang lengkap rasanya jika belum belanja kudapan satu ini. Ya benar, Bakpia Pathok. Kudapan primadona andalan ini seakan menjadi tanda bahwa kamu sudah pernah datang ke Yogyakarta, lho. Dari sekian banyak merek bakpia yang ada, kamu bisa merasakan pengalaman baru berbelanja bakpia di Sentra industrinya langsung, tepatnya di Jalan Karel Sasuit Tubun, Ngampilan, Yogyakarta. Ditempat ini, selain berbelanja, kamu juga dapat menyaksikan dan mencicipi langsung bakpia yang baru saja diolah. Wah masih anget-anget nih ! Cita rasa yang asli dan harganya yang lebih murah dibanding sentra oleh-oleh lainnya membuat Sentra Industri Bakpia Pathok dapat menjadi pilihan untuk berbelanja oleh-oleh bakpia. Tunggu apa lagi? Yuk berburu bakpia hangat nan murahnya!

  1. Pasar Perak Kotagede

Batik sudah, bakpia sudah, Yogyakarta punya apalagi? Eits, jangan salah! Masih banyak surga belanja di kota gudeg ini. Contohnya di jantung kota Yogyakarta, Kotagede. Selain terkenal dengan wisata religinya, Kotagede memiliki destinasi wisata belanja yang sudah go internasional lho! Tepat sekali, Sentra Kerajinan Perak.

Kotagede sangat terkenal dengan kerajinan peraknya karena sebagian besar warganya telah turun temurun menguasai keahlian menempa dan membentuk logam mulia ini. Untuk harga jangan khawatir, belanja di Sentra Kerajinan Perak Kotagede tidak akan membuatmu kanker alias kantong kering. Kerajiinan perak disini dipatok mulai dari Rp 10.000 hingga jutaan rupiah saja. Terjangkau bukan? Tak heran, banyak sekali wisatawan mancanegara yang berdatangan. Selain kerajinan perak, kamu juga dapat mendapatkan batu akik, emas putih hingga kerajinan kulit. Sering dijuluki Jewellery of Jogja membuat Sentra Kerajinan Perak Kotagede saying untuk dilewatkan!

  1. Pasar Senthir

Penggemar barang unik nan lucu? Cocok sekali mampir ke tempat belanja satu ini. Terkenal karena keunikkannya, jam operasional pasar ini pun sama uniknya. Baru dibuka pukul 18.00, Pasar Senthir dapat menjadi pilihan untuk kamu yang suka berbelanja di malam hari. Walaupun hanya pasar barang bekas, barang-barang yang dijual di pasar ini tidak kalah dengan toko-toko kebanyakan. Berbagai barang unik dapat kamu jumpai disini seperti buku, majalah, komik, kaset, perangko hingga uang koin kuno. Terletak tidak jauh dari Pasar Beringharjo, di pasar ini terdapat ratusan penjual yang menjajakan barang-barang unik didalamnya. Cocok sekali dengan julukannya, apapun ada di Pasar Senthir ini ! Untuk kamu yang suka berburu barang unik dan jadul, yuk sempatkan mampir ke Pasar Senthir !

Itu dia 4 tempat wisata belanja yang dapat kamu jelajahi selagi di Yogyakarta.

Jadi kapan mau jalan-jalan ke Jogja? Jangan lupa jajan kesana ya!

Ditulis oleh Galuh Haris Septyana, Universitas Gadjah Mada, Prodi Pariwisata, Program Magang GENPINAS Tahun 2020

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here