Indahnya Panorama Telaga Saat, Destinasi Alam Yang Memanjakan Mata

Telaga Saat Bogor Jawa Barat
(Sumber foto : http://instagram.com/iyanoh_

Telaga Saat – Destinasi di Puncak Bogor Jawa Barat memang tidak ada habisnya. Selalu ada tempat-tempat baru yang menyajikan pemandangan alam yang memikat.

Selain udaranya yang sejuk, kawasan Puncak juga memiliki pemandangan dengan penghijauan yang memanjakan mata. Sehingga menjadi alasan para pengunjung untuk datang ke kawasan Puncak.

Destinasi kali ini yang akan dibahas adalah destinasi wisata alam yang membuat sobat Genpi ingin mengunjunginya, yaitu Telaga Saat. Memiliki luas sekitar 1.500 hektare dengan kedalaman air 1-1,5 meter.

Baca juga:
* Menikmati Indahnya Malam di Pelangi Cafe and Resto

Asal Mula Nama

Foto Gambar Telaga Saat Puncak Cisarua Bogor Jawa Barat - @rizkifisma
Asyik banget bisa santai dan foto-foto di sekitar telaga. Suasananya bakal ngangenin! (Foto: IG @rizkifisma)

Awal mula telaga ini bernama Telaga Warna kemudian berubah nama menjadi Telaga Saat. Kedua nama tersebut juga memiliki alasan berbeda.

Dahulu dinamakan Telaga Warna karena warna telaga tersebut kerap berubah-ubah. Dalam berbagai sumber dikatakan, secara ilmiah perubahan warna itu disebabkan oleh ganggang di telaga dan tumbuhan jenis algae yang bisa berubah warna. Sehingga air danau pun turut terlihat berubah warna.

Perubahan warnanya terkadang hijau seperti pepohonan yang mengelilinginya. Bisa menjadi cokelat bahkan kuning gelap hingga kuning terang.

Kemudian berubah nama menjadi Telaga Saat karena telaga tersebut pernah mengalami kekeringan ketika musim kemarau tiba. Akhirnya penduduk di sana menyebutnya dengan kata ‘saat’. Dalam bahasa Sunda artinya kering.

Hingga saat ini pun dikenal dengan Telaga Saat.

Lokasi dan Rute

Untuk mengunjungi lokasi telaga ini, sobat Genpi bisa datang ke Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor.

Berjarak sekitar 3,2 kilometer dari Masjid Atta’Awun Puncak. Dari Masjid ini sekitar 1,7 km, kamu akan menemui jalan masuk ke kiri. Setelah sebelumnya melewati Melrimba Garden.

Dari pertigaan tersebut, masih harus menempuh rute sejauh 1,5 kilometer menuju lokasi. Kamu akan terhibur oleh keindahan perkebunan teh di kiri kanan jalan.

Peta

Tiket Masuk

Untuk bisa masuk dan menikmati suasana yang asri dan sejuk di sini, kamu tidak perlu sampai merogoh kocek dalam-dalam. Tiket masuknya termasuk murah dan masih terjangkau.

Biaya tiket masuk yang harus kamu keluarkan adalah sebesar Rp 25.000/orang.

Pesona Telaga Saat

Telaga Saat ini baru dioperasikan menjadi tempat wisata pada tahun 2019. Karena sebenarnya telaga ini adalah danau alami. Kini destinasi wisata alam ini telah bertransformasi menjadi tempat wisata yang eksotis dengan keindahan alamnya.

Di sini Sobat Genpi bisa menikmati pemandangan yang asri dengan udara yang sejuk. Membuat sobat Genpi merasa nyaman selama berada di telaga yang indah ini.

Kamu bisa bekeliling di sekitar telaga. Duduk di beberapa tempat. Yang jelas semua sudutnya terlihat indah. Memandang ke segala arah yang kamu lihat keindahan semuanya.

Karena sudah berada di sini, kurang lengkap rasanya kalau tidak merekamnya ke dalam foto atau video bukan? Selagi di sini, ambil sebanyaknya momen istimewa bersama keluarga, pasangan atau sahabat karib.

Atau bagi yang ingin memiliki foto pra-nikah, bisa jadikan lokasi ini sebagai spot foto pre-wedding. Foto kalian akan terlihat lebih sempurna dan lebih romantis.

Baca juga:
* Pesona Desa Wisata Malasari di Nanggung Kabupaten Bogor

Ada rencana ke Telaga Saat di Puncak Bogor dalam waktu dekat ini?

Oleh: Sulistianingsih, Universitas AMIKOM Yogyakarta. Program Internship Generasi Pesona Indonesia 2021, Kelompok 13 Ekonomi Kreatif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here