Indahnya Hamparan Bukit dari Gunung Besek, Wonogiri

Genpi.id – Berbeda dengan gunung-gunung lain yang memiliki ketinggian mencapai 2.000 s.d. 3000 mdpl, Gunung Besek hanya menawarkan lintasan dengan ketinggian 850 mdpl. Namun, keelokan yang disuguhi begitu luar biasa. Sejauh mata memandang terbentang panorama alam indah yang siap membuat jiwa menjadi tenang. Jika kamu adalah pendaki pemula, tempat yang satu ini sangat direkomendasikan, hitung-hitung bisa sebagai latihan sebelum menanjak gunung yang lebih tinggi, bukan?

Gunung ini berlokasi di Dusun Setren, Desa Bugelan, Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Kira-kira 60 km dari pusat ibu kota Wonogiri. Kamu dapat menempuh perjalanan dari jalur utama Wonorigi-Ponorogo sejauh 44 kilometer untuk mencapai Kecamatan Purwontoro. Lanjutkan langkahmu ke Kecamatan Kismantoro dengan bergerak ke arah selatan melewati Jalan Purwantoro-Kismantoro. Memasuki Desan Bugelan berarti jalanmu menuju Gunung Besek tinggal sedikit lagi. Jalan setapak akan menjadi jalur perjalananmu dan papan tanda ‘Gunung Besek’ akan menjadi pemandumu menuju puncak gunung.

Pastikan kamu berhati-hati melewati jalan di area gunung ini karena umumnya track atau lintasannya berupa bebatuan licin dan jurang yang curam. Setelah sampai di puncak, kumpulan bebatuan akan menjadi tempat berpijakmu untuk mengamati pemandangan di sekitar. Decak kagum segera memenuhi sanubarimu ketika melihat hamparan bukit yang terbentang indah. Perpaduannya dengan langit biru dan gerombolan awan putih menambah pesona dan kemegahan kawasan ini.

Nama ‘besek’ sendiri muncul karena terdapat sebuah batu di puncak gunung yang menyerupai besek bambu. Sedikit aneh, bukan? Akan tetapi itulah kenyataannya. Gunung Besek menjadi bukti bahwa Kabupaten Wonogiri memang dikenal dengan pesona alam gunungnya. Hal tersebut tergambar dari nama ‘Wonogiri’ yang berasal dari bahasa Jawa yang berarti hutan gunung.

Berkunjung saat sore hari nampaknya menjadi pilihan yang tepat karena kamu akan menyaksikan cantiknya matahari terbenam. Pantulan cahaya matahari membuat pemandangan sekitar berubah menjadi kekuningan. Jangan lupa untuk mengabadikan momen-momenmu di sini dengan berfoto bersama latar belakang nan memukau. Namun, kamu tetap dituntut berhati-hati karena lokasi bebatuan yang berpapasan langsung dengan jurang.

Jangan lupa untuk membawa makanan dan minuman sendiri karena sering kali kedai-kedai yang menjual makanan tutup. Oh ya, satu lagi jangan membuang sampah sembarangan, ya. Mari kita jaga kebersihan dan keindahan tempat wisata ini bersama-sama.

Cheerio, Mate!!!!

Referensi

  1. Kompas.com. (2018). Menikmati Keindahan Hamparan Perbukitan di Gunung Besek, Wonogiri. Diakses pada 05 Oktober 2020 dalam laman https://travel.kompas.com/read/2018/11/08/191400327/menikmati-keindahan-hamparan-perbukitan-di-gunung-besek-wonogiri?page=all.

Artikel ini ditulis oleh Mardhatillah Ramadhan, Institut Pertanian Bogor jurusan Ilmu dan Teknologi Kelautan, pada program magang Genpinas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here