10 Ide yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah di Masa Social Distancing

10 Ide yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah di Masa Social Distancing - di rumah aja dulu#dirumahajadulu

Pemerintah resmi memberlakukan social distancing untuk mencegah penyebaran virus Covid-19, Corona. Cara ini dianggap efektif, ketika semua orang sadar dan berkomitmen untuk melakukannya. Presiden Jokowi memberikan imbauan kepada masyarakat Indonesia untuk beraktifitas dari rumah, belajar dari rumah, bekerja dari rumah dan juga ibadah di rumah.

Nah, sebagai warga negara yang baik sudah selayaknya kita tertib dan berkomitmen untuk menjalani social distancing ini. Kita juga perlu menyadarkan lingkungan kita dan saling mengingatkan karena kesehatan masyarakat adalah hal utama.

Merasa bosan di rumah? Nahhhhh bagi generasi millenials yang kreatif, tentu kamu bisa mengisi waktu #DiRumahAjaDulu ini dengan berbagai kegiatan positif. Kira kira ngapain aja ya selama 14 hari ini?

Daftar Hal-hal yang Bisa Dilakukan di Rumah

Yuk simak 10 hal menarik yang bisa kamu lalukan saat #DiRumahAjaDulu ala GenPI.

1. Family time

Bagi kamu yang selama ini sibuk, kebijakan social distancing ini bisa dimanfaatkan untuk family time. Berdiam di rumah bisa menjadi sesuatu yang sangat berharga. Yang mungkin akan sulit kamu dapatkan kembali.

2. Me Time

Banyak yang selama ini sibuk dan kejar target sampai lupa ‘me time’ bukan? Yukkk manfaatkan waktu ini buat ‘me time’ dan ‘self-awards’ dengan berbagai hal yang kita mau dan bisa dilakukan di rumah.

3. Melakukan hobi

Kamu selama ini selalu bekerja dan tidak sempat menjalankan hobi tersembunyi? Selagi banyak waktu di rumah, tidak ada salahnya untuk mencoba bukan? Menulis di blog, fotografi, memasak. Semua bisa kamu lakukan.

4. Membaca Buku

Ada banyak dari kita yang tidak suka membaca buku. Saat-saat bosan berada di rumah, cobalah untuk membuka 1 buku. Saat sudah asyik membaca, kamu bisa ketagihan untuk selelu membaca. Baik itu buku novel, buku pelajaran, majalah memasak, koran lama, dan sebagainya.

Inilah saatnya membaca. Selain bisa untuk mengingat kembali, bisa juga untuk menambah ilmu baru. Atau bahkan memberikan ide ide segar yang siap diaplikasikan setelah masa social distancing berakhir.

5. Nonton Film

Selain membaca buku, menonton film juga asyik lho. Kalau kamu tidak suka film, cobalah paling tidak untuk menemani pasangan dan anak-anak menonton film kesukaan mereka.

Banyak hal yang bisa kita ambil hikmah dari sebuah film. Setelah menonton, bisa berdiskusi bersama keluarga. Apa maksud dan hikmah yang bisa diambil dari film tersebut di kehidupan nyata.

6. Memasak

Selama ini mungkin yang memasak di rumah adalah istri. Bagi suami yang jarang di rumah, bisa mencoba memasak apa yang biasa istrinya masak.

Coba ajak juga anak-anak untuk mencoba resep-resep baru dari bahan-bahan yang tersedia di rumah. Walau itu dari makanan kemasan, siapa tahu bisa menjadi resep baru di rumah.

7. Makan bersama keluarga

Kebayang gak sih pada hari hari normal kita jarang ngumpul di meja makan. Entah sibuk atau saking banyaknya aktifitas di luar.

Momen ini adalah waktu yang tepat untuk kumpul di meja makan. Menikmati makanan dan saling bercerita pengalaman seru dan unik. Mungkin saja anggota keluargamu belum mengetahui cerita-cerita lucu yang kamu alami.

8. Bersih-bersih rumah

Selama sibuk bekerja diluar, berapa sering kamu bersih-bersih rumah? Banyak waktu untuk memulai bersih-bersih saat ini.

Cobalah bersih-bersih dan tata ulang perabotan rumah. Siapa tahu bisa timbul semangat baru dengan adanya suasana baru.

9. Menyelesaikan pekerjaan yang tertunda

Punya banyak pekerjaan yang menumpuk? Tugas kuliah atau skripsi belum kelar-kelar juga?

Yuhuuuuu. 14 hari bisa jadi solusi dan mempercepat pencapaian target kamu loh.

10. Membuat rencana setelah social distancing berakhir

Merencanakan hal-hal baru yang bisa dikerjakan setelah masa social diatancing juga penting gaes. Berdiam diri di rumah bukan berarti kita tidak bisatambah produktif.

Kita bisa membuat rencana untuk meningkatkan kualitas hidup kita. Membuar rencana kesehatan jangka panjang. Misal recanakan untuk rutin berolahraga.

Bisa juga rencana untuk menambah penghasilan. Seperti serius menggeluti salah satu hobi yang selama ini terpendam namun ada potensi menghasilkan uang. Misal, berjualan makanan dari rumah, dan sebagainya.

Tetap Semangat

Demikian beberapa ide yang mungkin bisa menjadi inspirasi bagi kamu selama berdiam diri di rumah.

Mungkin saja situasinya berbeda di setiap rumah di setiap daerah. Namun paling tidak, kami mencoba memberi ide awal. Selebihnya kawan-kawan sendiri yang lebih mengetahui situasi di rumah masing-masing.

Semua orang pasti akan dan pernah merasa bosan tinggal di rumah. Namun nanti ada waktunya untuk bisa berkumpul lagi dengan kawan-kawan kantor atau kawan-kawan seperjalanan.

Tetap semangat ya guys….

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here