Wisata Hutan Mangrove Pandansari di Brebes

Advertisement
Desa Wisata Dewi Mangrove Sari - Mangrove Pandansari Brebes - @lorolima.id @dewimangrovesari
Wisata Hutan Mangrove Pandansari di Brebes, Jawa Tengah. (Foto: IG @lorolima.id via @dewimangrovesari)

Mangrove Pandansari – Sekitar pada tahun 1990, wilayah pesisir utara Brebes Jawa Tengah dihantam musibah abrasi. Namun dari musibah tersebut warga sekitar mulai berbenah dengan melakukan gerakan menanam pohon atau reboisasi mangrove. Kini wilayah tersebut melahirkan potensi wisata baru.

Upaya reboisasi pohon mangrove di wilayah pesisir Brebes ini melahirkan sebuah destinasi wisata hutan bakau bernama Desa Wisata Mangrove Pandasari. Disingkat Dewi Mangrove Sari.

Pada tahun 2016, Dewi Mangrove Sari resmi dibuka berkat gotong royong dan inovasi dari warga sekitar.

Dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Wisata Mangrove Pandansari (Dewi Mangrove Sari).

Baca juga:
* Pesona Hutan Mangrove Pangkal Babu di Tanjung Jabung Barat

Lokasi Mangrove Pandansari

Dewi Mangrove Sari berada di wilayah pesisir utara Kabupaten Brebes.

Tepatnya berlokasi di Dukuh Pandan Sari, Desa Kaliwlingi, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes, Provinsi Jawa Tengah.

Jarak lokasi hutan mangrove ini sekitar 15 kilometer arah Utara pusat Kota Brebes. Waktu tempuhnya sekitar 45 menit berkendara.

Rute

Jika rute awal dari Kota Brebes arahkan kendaraan ke Barat menuju keluar Kota Brebes. Ikuti sepanjang Jalan Pantura sampai melewati Rumah Sakit Bhakti Asih.

Lalu kamu dapat melewati pertigaan ke arah utara sampai bertemu pasar dan terlihat papan petunjuk jalan menuju Dewi Mangrove Sari. Selanjutnya kamu melewati area pertambakan udang, bandeng dan garam untuk bisa sampai di area parkiran.

Jika titik awal kamu dari arah Kecamatan Losari, Kabupaten Cirebon, kamu dapat langsung menuju pertigaan di kiri jalan sampai melewati Rumah Sakit Bhakti Asih.

Selanjutnya kamu akan diarahkan ke pertigaan sampai bertemu pasar. Ikuti jalan hingga terlihat papan petunjuk menuju Dewi Mangrove Sari. Tidak jauh dari papan petunjuk kamu akan sampai di area parkiran.

Peta

Harga Tiket Masuk Hutan Mangrove Pandansari

Untuk dapat menjelajah ke kawasan Dewi Mangrove Sari pengunjung harus membeli tiket yang dibanderol seharga Rp 20.000 perorang di hari biasa atau weekdays.

Sedangkan di hari libur atau weekend dikenakan biaya Rp 25.000,- per orang.

Jika kamu mengajak anak-anak, tersedia harga tiket khusus bagi anak-anak dengan harga yang lebih murah.

Jam Operasional

Mangrove Pandansari Brebes- @ftraaa18
(Foto: IG @ftraaa18)

Sebenarnya pengelola tidak memberikan batasan waktu kunjungan. Jadi kamu bisa saja berkunjung kapan saja.

Hanya saja disarankan sampai matahari terbenam atau pada sore hari. Hal ini karena tidak ada sarana listrik yang tersedia.

Jadi jika kamu ingin berkunjung, sebaiknya dimulai pukul 08.00 WIB di pagi hari saat mulai buka sampai pukul 18.00 WIB saat matahari hendak terbenam.

Saat redaksi genpi.id cek lokasinya di Google Map. Tertera jam bukanya pukul 07:00 – 17:00.

Berawal Dari Upaya Reboisasi

Wilayah pesisir utara Brebes sempat mengalami kerusakan cukup parah akibat adanya abrasi dari tahun 1985 hingga 2005.

Sepanjang tahun itu juga sempat terjadi pembabatan mangrove di wilayah tersebut. Oleh karena itu warga sekitar mulai berinisiatif untuk melakukan perubahan.

Upaya reboisasi atau penanaman pohon mangrove mulai dilaksanakan.

Gerakan ini tejadi secara swadaya oleh warga sekitar. Butuh sampai hingga 10 tahun untuk membangun kembali wilayah ini.

Sampai resmi dibukanya Dewi Mangrove Sari sebagai destinasi wisata, kini wilayah tersebut membawa dampak positif bagi perekonomian masyarakat sekitar. Bisa menghasilkan kegiatan ekonomi sirkular.

Hingga saat ini warga sekitar bersama pemerintah menekankan pentingnya mencapai pengelolaan ekosistem mangrove secara berkelanjutan.

Hal ini untuk membangun Hutan Mangrove Pandansari sebagai destinasi wisata yang akan mendatangkan manfaat. Bukan hanya pada bidang ekonomi dan sosial, tetapi juga pada manfaat ekologis.

Pesona Dewi Wisata Mangrove Pandansari

Desa Wisata Dewi Mangrove Sari - Mangrove Pandansari - @tiaagnesia
(Foto: IG @tiaagnesia)

Sebelum memasuki kawasan utama Dewi Mangrove Sari, kamu akan terlebih dahulu diajak menyusuri hamparan air payau yang mengelilingi hutan mangrove ini.

Untuk menyusuri ini kamu dapat menaiki perahu yang sudah disediakan dengan waktu tempuh sekitar 5 – 10 menit.

Pemandangan yang disajikan saat kamu menjelajah air payau tentunya berbeda dengan hamparan pantai lain dengan lautnya yang bewarna biru.

Jangan berharap bisa melihat pantai dengan pasir putih dan laut dengan gradasi warnanya yang memukau.

Daya tarik utama di sini, tidak lain tidak bukan, adalah hijaunya pohon mangrove yang berjejer. Hasil dari jerih payah warga sekitar menjaga alamnya.

Setelah selesai menempuh hamparan air payau, kamu akan tiba di shelter perahu dan disambut dengan Ikan Gelotak.

Ikan Gelotak adalah hewan yang menjadi ikon wisata wilayah ini. Ikan ini hidup di sekitar tanaman bakau dan sering muncul ke daratan.

Tidak hanya akan bertemu Ikan Gelotak, kamu juga akan menemukan jembatan merah muda yang menjadi salah satu spot foto favorit pengunjung jika berkunjung ke Dewi Mangrove Sari.

Kamu juga dapat menaiki gardu pandang setinggi 7 meter. Dari sini kamu dapat menikmati pemandangan keseluruhan wisata Dewi Mangrove Sari dan sekitarnya.

Yang Bisa Dilakukan Di Dewi Mangrove Sari

Desa Wisata Dewi Mangrove Sari - Mangrove Pandansari - @assianuril03
(Foto: IG @assianuril03)

Kamu dapat melakukan berbagai hal disini dari berbagai fasilitas yang telah disediakan.

Salah satunya adalah dengan berjalan menyusuri trek yang terbuat dari kayu. Menyusurinya, kamu bisa melewati tepian dan rimbunnya pepohonan mangrove.

Di pinggiran, kamu dapat melihat banyak slogan dan papan-papan edukasi yang berisi informasi tentang tanaman bakau. Jadi selain kamu dapat berolahraga kamu juga mendapatkan edukasi di dalamnya.

Bahan edukasi tidak hanya datang dari itu, di sini kamu dapat mengunjungi taman kupu-kupu dan taman burung.

Tempat ini masih berada dalam tahap pengembangan untuk selanjutnya dapat menjadi tempat hidup bagi berbagai makhluk hidup dan wisata edukasi bagi pengunjung.

Selain itu Dewi Mangrove Sari juga dikembangkan menjadi tempat konservasi Kepiting Soka. Selain dapat bertemu kepiting ketika menyusuri mengelilingi hutan bakau, kamu juga bisa mendapatkan edukasi mengenai hewan yang satu ini.

Recommended

Kamu dapat berkunjung ke sini setelah menjalani aktivitas kegiatan dari rutinitas yang panjang.

Karena selain dapat menikmati pemandangan alam, kamu juga mendapatkan bahan edukasi dari pengembangan destinasi wisata yang satu ini.

Tidak lupa untuk mengajak teman-teman, saudara, sanak keluarga, ataupun orang terkasih kamu. Menikmati alam berupa hutan bakau dan mendapat pengalaman yang berbeda dari wisata lain.

Baca juga:
* Pesona Curug Panglebur Gongso di Kendal

Jadi, siapkah kamu menjelajah Desa Wisata Mangrove Pandasari (Dewi Mangrove Sari) di Brebes Jawa Tengah ini?

(Artikel ini ditulis oleh: Amelia Dwinda Gusanti, Universitas Telkom, Program Magang Genpinas)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here