Gurihnya Kuah Soto Mie Bogor, Sajian Kuliner Khas Kota Hujan

foto : instagram.com/lilyminarosa

Hai, sobat Genpi! Bogor tidak hanya dikenal dengan Asinan aja, lho. Terdapat banyak makanan khas Bogor lainnya, salah satunya adalah Soto Mie Bogor. Soto memang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia, hampir di setiap daerah memiliki hidangan soto yang menjadi andalan daerah tersebut seperti Soto Lamongan berasal dari daerah Lamongan, Soto Betawi berasal dari Jakarta, Soto Banjar berasal dari daerah Banjarmasin, dan termasuk Soto Mie Bogor yang merupakan hidangan khas daerah kota hujan.

Makanan ini merupakan hidangan yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Bogor. Tidak sulit untuk menemukan hidangan satu ini karena soto mie bisa kita jumpai hampir disetiap sudut Kota Bogor. Kita mengenal soto dengan sajian yang berisi kuah bening atau santan, bihun, dan dilengkapi potongan ayam/bebek, sedangkan soto mie khas Bogor ini disajikan dengan kuah merah dengan isian mie kuning. Itulah yang membedakan soto mie dengan soto lainnya. Untuk satu mangkok soto mie disajikan dengan isian mie kuning, daging sapi, kikil, risol, irisan tomat, irisan kol, bawang goreng, emping, kemudian diguyur kuah merah. Kuah merah ini merupakan kuah kaldu yang terbuat dari cabai merah, bawang merah, bawang putih, merica, kemiri, gula, dan garam. Soto mie bisa di santap kapanpun baik pagi, sore, atau malam. Lebih nikmat jika disantap saat hujan dan udara dingin , soto mie dapat menghangatkan sekaligus membuat perut kenyang dengan tambahan nasi sebagai pelengkap.

Soto mie yang dikenal enak oleh masyarakat Bogor adalah Soto Mie Mang Ohim yang berada di Jalan Raya Taman Cimanggu No.22, RT.02/RW.02, Kedung Waringin, Kec. Tanah Sereal, Kota Bogor. Kedua, Soto Mie Kesatuan yang berada di Jalan Rangga Gading No.25, Gudang, Bogor. Ketiga, Soto Mie Taman Yasmin yang berada di Ruko Taman Yasin Sektor VI, Jalan Kh. Abdullah Bin Muhammad Nuh, Curugmekar, Bogor. Untuk harganya berkisar Rp 15.000 – 20.000/porsi. Saat sobat Genpi berkunjung ke Bogor, jangan lupa untuk mencoba kuliner Soto Mie ya.

Oleh : Sulistianingsih, Universitas AMIKOM Yogykarta. Program Internship Generasi Pesona Indonesia 2021, Kelompok 13 Ekonomi Kreatif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here