Goa Boki Moruru, Permata Tersembunyi di Halmahera Tengah

Halmahera Tengah merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Maluku Utara yang mempunyai potensi wisata yang tidak kalah menawan dari daerah lain di Indonesia. Terdapat destinasi wisata Goa terkenal yaitu, goa tak berujung yang selalu diburu oleh para pelancong. Goa ini bernama Goa Boki Moruru.

Goa yang terletak di Desa Sagea, Kecamatan Weda Utara, Kabupaten Halmahera Tengah, Provinsi Maluku Utara ini, cukup membutuhkan perjuangan untuk bisa sampai ke lokasinya. Namun, semua itu akan terbayarkan dengan tuntas ketika sudah sampai dan melihat serta merasakan langsung keindahan tersembunyi yang berada di Goa Boki Moruru ini.

Dari Desa Sagea, kamu dapat menggunakan ketinting atau perahu kayu untuk menyusuri sungai Sageyen yang akan mengantar hingga tiba di gerbang masuk Goa ini. Dilansir dari idntimes.com, ketinting ini dapat kamu sewa kepada penduduk desa yang akan menjadi pemandu kamu menjelajahi keindahan permata yang tersembunyi di Goa Boki Moruru. Dilansir dari poskomalut.com, untuk tarif sewa perahu ketinting ini cukup terjangkau, kamu perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 350.000 per rombongan.

Sepanjang sungai kamu akan disuguhi pemandangan hutan yang masih sangat asri di sisi kanan dan kiri sepanjang aliran sungai yang jernih dan tenang ini. Serta, adanya kicauan suara burung yang akan membawamu terhanyut dalam suasana yang menciptakan sejuta keindahan ini. Jaraknya sekitar 5 kilometer dari Desa Sagea ke pintu masuk goa, sehingga perjalanan menggunakan ketinting ini membutuhkan waktu sekitar 30 menit.

Dilansir dari poskomalut.com, menurut Husain terdapat fasilitas-fasilitas yang disediakan oleh Pemkab Halteng maupun fasilitas yang disiapkan warga desa yang dikelola oleh kelompok pecinta alam Boki Moruru untuk para pengunjung. Seperti, padle board, pelampung, beberapa bangunan Gazebo, toilet, Ruang ganti dan perlengkapan lainnya.

Ketika sudah sampai masuk ke mulut Goa Boki Moruru ini, kamu akan disuguhkan pesona stalagmit dan stalakit yang menjadi pemandangan khas saat melakukan jelajah goa. Bentuknya bermacam-macam, yang paling menarik dan menjadi favorit wisatawan adalah di salah satu titik adanya stalagmit berbentuk manusia yang seolah sedang melakukan salah satu gerakan shalat di Goa Boki Moruru ini.

Jika memungkinkan sebelum sobat genpi kesini, sebaiknya memakai jenis alas kaki seperti boots atau sepatu waterproof saat menjelajahi Goa Boki Moruru. Karena permukaan goa didominasi oleh lumpur dan tanah liat.

Keberadaan mutiara tersembunyi di Halmahera Tengah, Maluku Utara ini. Menunjukan bahwa pesona wisata yang ada di Indonesia tidak ada habisnya. Nah, gimana nih tertarik untuk menjelajah Goa Boki Moruru ini? Yuk! masukkan ke daftar liburanmu.

Sumber:
https://www.idntimes.com/travel/destination/intan-deviana-safitri/5-pesona-goa-boki-moruru-c1c2/5
https://poskomalut.com/goa-boki-maruru-menawarkan-sejuta-keindahan/

Artikel ini ditulis oleh Nur Azizah, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, Prodi Ekonomi Syariah, pada program magang Genpinas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here