Sumber: belanga.id

Makanan berbahan dasar singkong atau ubi yang disebut gethuk umumnya berasal dari daerah Jawa Tengah atau Jawa Timur. Tetapi, teman-teman pecinta kuliner khususnya yang suka dengan kuliner tradisional nusantara harus tau gethuk jenis ini. Makanan tradisional khas daerah Menes, Pandeglang, Banten ini namanya adalah kue balok Menes. Arti nama kue balok Menes berasal dari kue yang berbentuk seperti bantalan rel (balok) dan kecamatan di Kabupaten Pandeglang, Banten (Menes). Berbeda dengan kue balok daerah sunda lainnya yang berbentuk segi empat, kue balok Menes berbentuk risoles. Selain bentuk, dari bahan dasarnya juga berbeda. Di Bandung, kue balok memiliki bahan dasar berupa tepung terigu. Sedangkan, kue balok Menes ini berbahan dasar singkong.

Bentuk dan rasa kue ini mirip dengan gethuk Jawa. Maka dari itu, kue ini dapat dikatakan sebagai gethuk versi sunda Banten. Hal yang membedakan diantara gethuk Jawa dan kue balok ini terletak pada topping-nya. Jika gethuk Jawa identik dengan topping berupa parutan kelapa manis, kue balok Menes identik dengan topping serundeng dan bawang gorengnya yang gurih. Selain itu, singkong untuk kue ini dibungkus dengan daun pisang yang meningkatkan kelezatan kue balok Menes. Lebih lengkapnya yuk belajar membuat kue balok Menes ini.

Caranya simpel banget. Pertama, siapkan satu kilo singkong, serundeng, bawang merah, minyak, daun pisang, dan garam. Kedua, tentunya bersihkan singkong, rebus singkong memakai daun pisang sampai masak dan tumbuk sampai halus. Ketiga, cetak singkong menjadi bulat dan isi dengan serundeng. Keempat, lipat adonan yang sudah terisi seperti risoles. Terakhir, olesi minyak dan taburkan bawang goreng diatasnya. Selesai. Mudah bukan?

Orang sunda Banten umumnya menyantap jajanan tradisional ini ditemani jahe, bandrek atau teh hangat. Rasanya cocok untuk dikonsumsi kala melepaskan rasa penat setelah seharian beraktivitas. Namun, jika kalian cukup mager alias males gerak untuk memasak kue tradisional ini, kalian bisa datang langsung ke Pasar Menes. Pasar yang terletak di dekat alun-alun Menes ada banyak masyarakat sekitar menjual kue balok Menes. Setelah kenyang makan kue balok, temen-temen pecinta kuliner juga bisa berburu jajanan tradisional lainnya yang tidak kalah enak di sekitar alun-alun Menes.

Jika teman-teman ingin menikmati kue balok Menes sambal berwisata juga bisa. Pantai-pantai yang ada di Kabupaten Pandeglang pasti memiliki restoran tradisional yang menjual kue balok Menes. Sambil menyelam, minum air. Sambil menikmati kue lembut berbalut serundeng menikmati senja di pantai Tanjung Lesung pastinya akan lebih menyenangkan. Hal yang paling terpenting adalah tetap patuhi 5M (memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi). Berliburlah dengan tertib, pulang tidak membawa penyakit.

Ditulis oleh Sintya Nur Muftiana_Universitas Indonesia_Kelompok 13_Ekraf

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here